Membangun Citra Perpustakaan Kampus

Perpustakaan Kampus adalah pusat dari segala kegiataan mahasiswa. Proses belajar tentu saja sangat identik dengan membaca, dan membaca sangatlah identik dengan perpustakaan. Namun sangat disayangkan dewasa ini perpustakaan lebih menjadi tumpukkan buku lama yang tidak pernah habis di baca oleh mahasiswa. 

Kondisi perpustakaan saat ini telah memperlihatkan gagalnya peran perpustakaan dalam memfasilitasi dan menumbuhkan budaya baca di lingkungan kampus khususnya mahasiswa.hal ini di tentukkan oleh berbagai macam faktor.kurangnya buku – buku terbaru,dan suasana membaca yang tidak kondusif telah menjadikan mahasiswa enggan untuk datang keperpustakaan kampus .mahasiswa tentunya sangat membutuhkan ilmu – ilmu terkini dan suasana baca yang nyaman untuk menunjang perkuliahan mereka.maka dari itu perlu di kembangkan perpustakaan yang benar – benar memenuhi semua kebutuhan mahasiswa. 

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan peran perpustakaan kampus. Perpustakaan haruslah memperbarui koleksinya setiap bulan agar mahasiswa tidak jenuh dengan buku - buku yang sudah kadaluarsa. Penertiban para pengunjung dan petugas yang menggangu suasana baca sangat di perlukan untuk membangun lingkungan baca yang nyaman sehingga mahasiswa pun antusias untuk datang keperpustakaan.Suasana yang kondusif ini dapat terbentuk jika petugas perpustakaan benar – benar mensosialisasikan kepada pengunjung perpustakaan akan petingnya ketertiban. 

Selama tidak ada tindakan tegas dari pengurus perpustakaan janganlah berharap akan terbangun budaya membaca di kampus.selama tidak ada budaya baca tidak akan ada budaya diskusi.selama tidak ada budaya diskusi tidak akan ada budaya menulis.tanpa menulis sejarah akan mati.


follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1
Banner
Banner