Menuju Bangku Kuliah (Bag.1)

SHARE:

Percakapan tentang Pendidikan tinggi ini terjadi antara Bang Fatih (Mahasiswa UNJ) , Hasan ( Calon Mahasiswa) Hasan (H): Bang, Pergu...

Percakapan tentang Pendidikan tinggi ini terjadi antara Bang Fatih (Mahasiswa UNJ) , Hasan ( Calon Mahasiswa)

Hasan (H): Bang, Perguruan tinggi, dan jurusan yang bagus apaan y?

Bang Fatih (BF): banyak, hampir semua perguruan tinggi itu bagus.tinggal lw nya aj mau belajar apa kagak.

H : kalo yang berlabel internasional ada g bang, kayak RSBI gitu?

BF : setahu gw kagak ada, pendidikan itu universal san, kagak dibatasi oleh tempat ?

H : maksudnya bang ? gw kagak ngerti.

BF : coba lw cari tahu, ada g pendidikan Lokal, Pendidikan Provinsi , Pendidikan Nasional , Pendidikan Internasional ?

H : g ada bang , tapi kalo RSBI itu apaan bang ? kan ada taraf internasionalnya.

BF : itu mah bikin – bikinan pemerintah aja, nih gw ksh tw y san, pendidikan international yang di bikin pemerintah itu kagak jelas acuanya kemana. Coba lw cari tahu di dunia ini, kampus – kampus berkualitas  kayak harvard , MIT , Tokyo University , dll ada label bertaraf internasionalnya g ?. Gw juga pernah baca di koran, ada delegasi indonesia yang mau studi banding ke jepang buat mempelajari tentang sekolah internasional, orang jepangnya malah nanya balik ke delegasi indonesia itu, “ emang ada y sekolah bertaraf internasional, saya pengen tahu ?“.nah loh! aneh kan. Emang Cuma di indonesia doang.hehe. gw tegaskan sekali lagi y, pendidikan itu bersifat universal. Setiap satuan pendidikan harus maksimal dalam mendidik para peserta didik, kagak ada diskriminasi Kualitas antara sekolah satu dengan yang lainya.

H: lah terus kalo di indonesia itu gimana bang ? ada RSBI dan SBI, terus gw denger – denger Harvard mau buka cabang y di indonesia.

BF : nah kalo di indonesia itu lain lagi ceritanya, pemerintah indonesia itu kebelet pengen jadi negara maju dengan mengharuskan setiap daerah memiliki minimal satu sekolah bertaraf internasional (UU Sisdiknas). Tapi coba lw liat sekarang di tv – tv, rsbi itu Cuma bikin makin tebel buku sekolah lw (karena dl satu buku memakai dua bahasa ) tapi gurunya tetep aj ngajar pake bahasa indonesia , sekolah yang harusnya gratis jadi tetep bayar, udah gitu mahal banget lagi. Kalo harvard masuk indonesia baru wacana san, nanti kalo RUU PT di sah kan baru deh Harvard bisa buka cabang di indonesia.

H : kok bisa buka cabang bang, mang apaan yang jadi acuan ?

BF : dalam RUU PT ada pasal yang memboleh kan perguruan tinggi negara lain dapat menyelenggarakan pendidikan di Indonesia.  yakni prosesnya dilakukan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia dan mengangkat dosen serta tenaga kependidikan dari warga negara Indonesia.

H : wah keren dong y bang, kita kuliah di harvard g usah jauh – jauh ke amerika.cukup kuliah di harvard cabang kota masing – masing.

BF : keren dimananya ? kalo semua orang kuliah di harvard bagaimana kampus – kampus indonesia ?  yang ada indonesia itu malah di jajah lagi melalui pendidikan.mang lw mau jadi bangsa terjajah lagi. Lw jangan terlalu nganggep semua yang impor itu keren san. Menurut gw indonesia itu jauh lebih keren. Buktinya budaya negara kita rajin bgt tuh di klaim sama orang , kekayaan alam di rebutin orang , dll. Itu bukti kalo indonesia jadi magnet internasional. Semua orang pada berebut untuk ngedapetin apa yang indonesia milikin. Nah sekarang tinggal bagaimana lw bisa ngolahnya apa kagak. Kalo kata Guru Besar di kampus gw "Indonesia justru harus bisa menemukan kekuatan sendiri, dengan berlandaskan pada kebudayaannya, termasuk dalam pelaksanaan pendidikan, " (Prof HAR Tilaar).

H : oh………….., bener juga y bang. Negara kita emang paling sering jadi rebutan orang. Berarti emang harus jadi diri sendiri dan menjaga semua yang kita miliki y, udah dulu deh bang gw mau bimbel dulu. O iy bang, besok – besok jelasin gw tentang RUU PT y, sebagai calon mahasiswa gw pengen tahu banyak tentang Perguruan tinggi

BF : betul bgt, jadilah diri sendiri. Kalimat ini juga mewakili jawaban gw untuk pertanyaan lw di awal. G perlu ikut – ikutan orang, kalo sekarang orang – orang pada rame pengen jadi dokter, lw bisa jadi diri lw sendiri. Untuk sukses itu g mesti jadi dokter. Semua orang bisa sukses di bidangnya masing – masing. Oke besok – besok gw jelasin lagi lebih banyak. G capek lw abis sekolah langsung bimbel lagi ?

H : kagak bang, soalnya belajar di sekolah itu g cukup, dan gw lebih masuk kalo belajar di bimbel.berangkat dulu y. Wassalamu’alaykum

BF : Wa’alaykumussalam. Ckckck.masalah baru lagi nih, masa lebih asik belajar di bimbel dari pada di sekolah.

Bersambung…………………..


follow me on twitter @ihsanamuslim

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,149,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,2,Branding,1,Buku,8,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,7,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,7,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,33,Kampus,3,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,15,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,25,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,6,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,18,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Menuju Bangku Kuliah (Bag.1)
Menuju Bangku Kuliah (Bag.1)
http://2.bp.blogspot.com/-cdOGNSIRiI0/T4qecwKGHqI/AAAAAAAAAis/0LCdBOZaY40/s320/93+RUU+PT.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-cdOGNSIRiI0/T4qecwKGHqI/AAAAAAAAAis/0LCdBOZaY40/s72-c/93+RUU+PT.jpg
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2012/07/menuju-bangku-kuliah-bag1.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2012/07/menuju-bangku-kuliah-bag1.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy