Politik Kampus

SHARE:

politik adalah keseharian tweeps. termasuk di kampus..#PolitikKampus tak ada yang netral, bahkan yang netral sekalipun. semuanya berpoli...

  1. politik adalah keseharian tweeps. termasuk di kampus..#PolitikKampus
  2. tak ada yang netral, bahkan yang netral sekalipun. semuanya berpolitik, termasuk tak berpolitik (golput) #PolitikKampus
  3. minimal, tweeps harus tau, agar tak dipolitisasi..#PolitikKampus
  4. banyak banget manfaat belajar dan berpraktik #PolitikKampus walau ngeri-ngeri sedap
  5. aktif di organisasi hingga bekerja di kantor sekalipun…mesti akan mengalami dinamika politik..#PolitikKampus
  6. jadi, hati-hati tweeps, bila ngga mau tau atau pura-pura sok tau. Minimal tau yaa:) #PolitikKampus
  7. sudah menjadi rahasia umum, #PolitikKampus di sebagian besar universitas negeri di negeri ini pasca reformasi ‘dikuasai’ oleh ‘santri kota’..
  8. emang, ‘santri desa’ ada? yup, kekuatan santri desa tersebar merata di Univ. Islam Negeri..#PolitikKampus
  9. ..intinya, kekuatan hijau (Islam), masih mendominasi #PolitikKampus di Univ. Negeri. Bagaimana kampus swasta? relatif lebih cair dan terbuka..
  10. di tingkatan nasional, fatsun warna ini semakin cair, malah cenderung ke tengah. Istilahnya, religius nasionalis atau nasionalis religius..#PolitikKampus
  11. yang ekstrem? Kanan banget atau kiri mentok, cenderung ditinggalkan..tak terlalu menarik buat para politisi utk menggaet pemilih..#PolitikKampus
  12. di kampus, khususnya di UGM selain lewat partai, dibuka calon independen..jadi demokratis banget. Beda ama Indonesia:)… #PolitikKampus
  13. ..saya membayangkan presidential threshold cukup 3,5% sesuai parliamentary threshold bahkan 0 %. Biar terbuka kesempatan semua #PolitikKampus
Jadi, tunggu apalagi tweeps..yuk ber- #PolitikKampus. Sederhana koq, track record kuncinya..
  1. masuk organisasi ekstra kampus silahkan, ngga juga ngga apa..yang penting aktif organisasi..#PolitikKampus
  2. kembali track record, kl tweeps mau aktif di #PolitikKampus bahkan #PolitikNasional, integritas menjadi kunci..
  3. korupsi, selingkuh, apalagi nikah cuman 4 hari..ini t.e.r.l.a.l.u:) #PolitikKampus
  4. setelah integritas, ada kapasitas…ini meliputi banyak dimensi salah satunya kapabilitas. Bukan hanya aspek intelektualitas aja tweeps.
  5. kemampuan memimpin, berkomunikasi dengan elit/publik, visioner, …ada di dalamnya #PolitikKampus
  6. logistik? Yup, politik identik dengan kapital. Padahal kl kreatif dan inovatif, ngga juga..#PolitikKampus
  7. selama di kampus, coba asah, asuh, dan asih integritas dan kapasitas..#PolitikKampus
  8. karena kampus, masih menjadi salah satu sarana kaderisasi kepemimpinan nasional..dan terbukti sejak negeri ini belum merdeka..#PolitikKampus
  9. jadi, #PolitikKampus itu apa tweeps?
  10. yup, krn politik itu maknanya ‘berkuasa’ utk mensejahterakan smua. bila dikampus ada yg brkuasa & tak sjahtera smua, gmn? #PolitikKampus
  11. ..yup, ‘diturunkan’ dengan cara-cara elegan nan konstitusional. Ingat, #AnakMuda berpolitik itu dengan gagasan dan ia mencerdaskan
  12. Yup, udah bentuk tim sukses belum? Partai didirikan aja..jangan nanggung2 kl mau buat perubahan.. #PolitikKampus
  13. jangan omong aja kl mau memperbaiki keadaan..politik kotor, hina, ..purba banget sih:) #PolitikKampus
nah, tim atau partai sukses yang sukses haruslah mewakili semua elemen fakultas/ukm/komunitas/..#PolitikKampus
  1. ..kalau hanya satu aliran? Bagus, jadi mudah bersatu..tapi siap2 aja, karena politik kita terkadang tak beraliran:)
  2. ..transparansi keuangan bisa jadi alat kampanye yang efektif dalam Pemira..#PolitikKampus
  3. Harus jelas dungs, uang dari mana, koq bs partai buat baliho banyak…spanduk di mana2 ..#PolitikKampus
  4. Patut dicurigai, kalau dananya tak pernah dilaporkan kepada publik…#PolitikKampus
  5. Tradisi antikorupsi harus dimulai hal terkecil, terdekat..jgn bilang partai korup, kalau kampus tak membuktikan diri #PolitikKampus
  6. ..zaman saya dulu, uang kampanye dari sumbang-menyumbang teman, ngamen, uang dari beasiswa/ngisi forum/..#PolitikKampus
  7. ..Btw Komisi Pemilu, harus buat batas pengeluaran untuk kampanye yaa..jgn lupa! #PolitikKampus
  8. ..Foto yang menarik & panggilan nama kandidat, yang unik bisa menjadi alat penuai simpati yang efektif..#PolitikKampus
  9. ..testimoni tokoh kampus, baik dari mahasiswa maupun dosen dapat memudahkan pemilih memahami kandidat calon presiden mahasiswa..#PolitikKampus
  10. jejaring sosial sangat efektif mempengaruhi persepsi publik kampus..#PolitikKampus
  11. ..apalagi pemilihnya nanti berasal dari kelas menengah ke atas terdidik. Wajib hukumnya punya account jejaring sosial..#PolitikKampus
  12. Calon pemimpin harus punya ym/skype, fb & twitter, aktif di youtube, kl ada website lebih baik J #PolitikKampus
  13. Btw Calon pemimpin koq IPK di bawah 3, piye? Aktif organisasi bukan alasan, apalagi sok sibuk…jangan dipilih yaa tweeps #PolitikKampus
  14. Calon pemimpin ngga ninggalin organisasi dg cara kuliah kerja nyata pula..hadeuh. klu mau eksis doang jangan berpolitik deh..#PolitikKampus
  15. Ngga bisa setengah2 bro/sis..ambil sks dikit aja, kl cuti lebih baik malah..#PolitikKampus
  16. diberi tanggung jawab, malah senangnya jalan-jalan mulu, lobi sana sini…mana kontribusi dan prestasinya? #PolitikKampus
  17. apapun itu, ada ‘keringatnya’..ngga ada yang modal hura2 atau huru hara doang..ke laut aja deh…#PolitikKampus
  18. Zaman bergerak..bahkan waktu sedang sprint skrg, koq #PolitikKampus gitu2 aja..masih aja mengeluh soal partisipasi
  19. Zaman saya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan kerjasama KPK. Tiap yg nyoblos, dpt gelang dan stiker antikorupsi…#PolitikKampus
  20. Selain itu, ada snack-nya juga walau terbatas..#PolitikKampus
  21. Debat antar presiden mahasiswa juga menarik, mereka disandingkan dengan calon presiden RI 2009..#PolitikKampus
  22. Harusnya, skrg mome ini dpt, coba buat debat calon presiden mahasiswa dengan calon presiden RI..#PolitikKampus
  23. ..jadi kelihatan siapa yg berkualitas. Dan siap jadi pemimpin..jangan setengah2 komisi pemilihan raya..#PolitikKampus
  24. Pemilihan jangan dibuat sehari aja…bahkan coba dibuat e-vote gitu, di manapun mereka berada bisa nyontreng..#PolitikKampus
  25. Perkuat juga sosialisasi dan tahapan eksekusinya…harus lebih baik dari KPU & Bawaslu. Jangan sampai DKPP turun tangan juga di Pemira:) #PolitikKampus
  26. Buat tweeps, yang hanya tertarik sebagai pemilih, coba buat survei aja…pantau proses sebelum, selama, dan sesudah pemira..#PolitikKampus
  27. Jangan mau atau diam Kartu Tanda Mahasiswa diambil..enak aja. hati2! #PolitikKampus
Ketika tweeps mulai berpolitik, maka ruang privat jadi publik. ruang publik ttp memainkan fungsi dan logikanya #PolitikKampus
  1. …Ada yang bisa dan terbiasa dengan logika publik, namun banyak juga yang ‘binasa’..#PolitikKampus
  2. Saran saya, untuk semester 1 dan 2 aktif di organisasi secara profesional. Pahami dinamika di sana dengan baik..#PolitikKampus
  3. Jangan tergoda rayuan sesaat bin sesat..karena cenderung emosional. Perhatikan track record organisasi, alumni,..#PolitikKampus
  4. #PolitikKampus secara spesifik tak jauh berbeda dengan #PolitikNasional. Bicara posisi, kursi, dan ‘menguasai’…
  5. ..Pemenang Pemilihan Raya Mahasiswa (tak selalu) menentukan, namun, saat ini relatif. Tergantung angka partisipasi..#PolitikKampus
  6. ..Semakin kecil angkanya, maka efeknya cenderung elitis alias tak berdampak ..#PolitikKampus
  7. …Banyak pengurus BEM/LEM/Eksekutif Mahasiswa akhirnya mengalami delegitimasi alias antara ada dan tiada, …
  8. ..karena hanya berhasil menyelenggarakan prosedur demokrasi, namun melupakan substansinya, dari, oleh, dan untuk semua mahasiswa, ..#PolitikKampus
  9. ..bukan hanya untuk ‘santri kota’, ‘santri desa’, dan ‘di antara keduanya’…#PolitikKampus
  10. Aktivitas #PolitikKampus pertama kali saya lakukan, ketika maju di tingkat himpunan/jurusan..
  11. Alhamdulillah kalahJ waktu itu masih mahasiswa baru. Langsung mencalonkan diri jadi wakil ketua himpunan/jurusan..#PolitikKampus
  12. penyebabnya, karena di jurusan menguat ‘merah’ dan ‘netral’..mahasiswa baru terseret harus mengikuti salah satu. kita buat kutub baru..#PolitikKampus
  13. banyak pembelajaran, salah satunya, melawan arus..beda gitu, agak gimana aja. tapi, kedewasaan berpolitik terlihat kuat #PolitikKampus
  14. dicoba aja tweeps, dari mulai level himpunan/jurusan..kalah dan menang biasa. Yang penting terus berkarya..#PolitikKampus
  15. setelah kalah di jurusan, Alhamdulillah..berhasil ‘memenangkan’ 2-3 calon ketua himpunan/jurusan pada periode2 berikutnya:) #PolitikKampus
  16. di level fakultas, waktu itu belum ada BEM, jadi pembelajaran #PolitikKampus berikutnya di level universitas..
  17. di universitas intens sejak 2008-2011, memahami bagaimana wajah asli #PolitikKampus…
  18. ..sebelumnya lebih banyak berperan secara profesional, mulai dari staf-deputi-menteri-menko (wapres)..#PolitikKampus
  19. karena sejak awal, hanya ingin mengabdi..namun, sering mengalami hambatan, tantangan…terkait realisasi visi, aksi, dan berbagai mimpi..#PolitikKampus
  20. akhirnya, perbedaan mengemuka…sebulan sebelum masa jabatan sebagai menko (wapres) resmi mengundurkan diri dari kabinet..#PolitikKampus
pertama, menolak dicalonkan partai penguasa, karena perbedaan visi dan aksi. Resminya calon tunggal, kalau tetap maju, kemungkinan terpilih sangat besar..#PolitikKampus
  1. kedua, jenuh dengan perpolitikan kampus yang statis..karena kurang memberi ruang terhadap perubahan sistem #PolitikKampus
  2. saat itu, lebih memilih fokus kembali ke kampus dan mendukung salah satu kandidat. Kembali membuat tim sukses ceritanya..#PolitikKampus
  3. Alhamdulillah kalah usaha pertama ini, walau ‘dikalahkan’ dengan cara-cara yang zhalim. No problemo,
  4. zhalim? Baliho satu-satunya hilang, spanduk di robek, pamflet banyak yang hilang, diintimidasi..
  5. tak jelek tweeps, finis di peringkat ke 3 dengan peroleh 3006 suara..selisih sekitar 900an suara dengan peringkat pertama..#PolitikKampus
  6. harus diakui, tim sukses amburadul, tapi, tetap ngga nyangka dpt suara sebanyak itu..#PolitikKampus
  7. penyebabnya, jejaring sosial via dunia maya dan nyata tweeps..beraliansi-lah, jangan sendirian walaupun independen #PolitikKampus
  8. ..walau kalah, kita tetap mengirimkan wakil di kabinet untuk 2 posisi, menko (wapres) dan menteri..#PolitikKampus
  9. Setelah 2008-2009 kalah, pada periode berikutnya, 2011-2012, kembali ‘turun’, untuk kali ini menang #PolitikKampus
  10. Perjuangan membantah dominasi selama 13 tahun..wow! seru..walau perlu banyak evaluasi baik dari sisi tim sukses maupun kinerja kabinet #PolitikKampus
  11. relatif lebih mudah..karena ‘semua sudah terkondisikan’. Kl strateginya, lihat kultwit #PolitikKampus part1 (1-66) tweeps..
  12. perlu diingat, tak ada yang instan, perjuangan merubah sistem, harus dengan sistem. Tak bisa hanya mengandalkan emosi..#PolitikKampus
  13. harus sabar..butuh persiapan dan pengorbanan. Ingat. Kalah dan menang soal biasa. yang penting terus berkarya..#PolitikKampus
  14. publik kampus lebih suka dan bahagia memilih calon pemimpin yang sesuai zaman..namun, standar harus dari rekan-rekan #PolitikKampus
  15. carilah pemimpin yang ‘ganteng/cantik’ luar dalam..walaupun tahun ini, tak ada calon presiden mahasiswa perempuan. Sedih..#PolitikKampus
  16. dicurangi, di kampanye hitami (black campaign), diintimidasi, hampir digebukin ramai-ramai, …resiko #PolitikKampus
  17. ..hadapi…jangan pernah lari! Kalau yakin itu benar dan bernalar..mati pun tak apa #PolitikKampus
  18. #PolitikKampus masih jauh dari perjuangan gagasan…lebih banyak ototnya terkadang. Ini sungguh memalukan!
  19. Kalau bukan kampus yang memulai tradisi intelektualitas dalam berpolitik, siapa lagi yang kita harapkan? #PolitikKampus
  20. Ketika para calon presiden mahasiswa berdebat, saya membayangkan kualitas debatnya seperti pemilihan presiden amerika..#PolitikKampus
  21. Data dan fakta bahan bicara..solusi hadir jadi niscaya. Bukan sekedar kata yang tak bernyawa karena tanpa …#PolitikKampus
  22. Tim sukses yang direkrut benar-benar berkompeten, bukan hanya mengandalkan hubungan kultural. Bahaya!.. #PolitikKampus
  23. Karena di tangannnya kemenangan dan kekalahan berawal. Bila perlu, dibuat seleksi..jangan setengah2! #PolitikKampus
  24. Jangan pilih pemimpin/presiden mahasiswa yang tak turun ke bawah..belagu bin songong dan elitis. Model gini di museumkan aja tweeps..#PolitikKampus
  25. Jadi pemimpin itu susah..tak ada yang mudah karena MELAYANI bukan DILAYANI! #PolitikKampus
  26. Karena politik penuh dengan kemungkinan, jadi jangan pernah memastikannya..krn bisa menderita #PolitikKampus
  27. yang hampir menang bisa kalah, yang hampir kalah bisa menang…seperti bermain bola, tak ada jawara sejati bila sudah di lapangan, begitulah politik #PolitikKampus
  28. dalam politik, tak ada lawan dan kawan yang abadi. Hanya kepentingan lah yang sejati..jadi, fleksibel-lah, namun ttp berprinsip..#PolitikKampus
  29. semuanya bisa dinegosiasikan…putih hitam cukup acara di tv:)
  30. tertarik dengan #PolitikKampus tweeps? Hehe…
  31. apa pelajaran dari #PolitikKampus buat saya tweeps?
  32. #PolitikKampus menginspirasi diri untuk terus berkarya dan berkarya..karena hanya ini yang bisa mengatakan kualitas kepemimpinan yang sebenarnya
Saya msh percaya, politik dapat secara efektif melakukan perubahan sekaligus kehancuran bila di tangan yang salah #PolitikKampus
  1. #PolitikKampus (bukan) cerminan #PolitikNasional..karena kekuatan hijau atau santri semakin melemah. Ingat, bandul pemilih semakin ke tengah..berbenahlah!
  2. Jangan mudah percaya…kalau pun percaya, jangan berikan semua. Yang terdekat, bisa jadi musuh yang hebat:) #PolitikKampus
  3. #PolitikKampus benar-benar cara tepat buat bersilaturahim…kenal sana-sini, rezeki terbuka, diri awet muda. Subhanallah..
  4. tak ada waktu galau, kalau pun galau karena diri lupa memenuhi cita, menikahi seorang hawa.. #PolitikKampus
  5. mikirin orang banyak..terkadang terselip pikiran hanya ingin memikirkan seseorang…#PolitikKampus

@agungbaskoro

COMMENTS

BLOGGER
Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,149,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,2,Branding,1,Buku,8,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,7,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,7,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,33,Kampus,3,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,15,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,25,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,6,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,18,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Politik Kampus
Politik Kampus
http://smartgeneration.files.wordpress.com/2012/12/229907_4183730867980_187282522_n.jpg?w=551&h=389
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2012/12/politik-kampus.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2012/12/politik-kampus.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy