Jadwal Acara Islamic Book Fair 2013

Klik untuk Memperbesar
Islamic Book Fair (IBF) kembali hadir untuk kedua belas kalinya sejak 2002. Kini IBF 2013 hadir dengan berbagai acara yang menarik dengan menghadirkan juga bintang tamu spesial dari level internasional maupun tokoh-tokoh nasional. Seperti apa konsep acaranya di 2013? Apa keunggulannya di banding IBF di tahun-tahun sebelumnya? Temukan jawabannya dalam wawancara dengan salah satu panitia yang membawahi bidang acara, Cecep Abdul Fatah. Berikut petikannya.

1. 12th Islamic Book Fair 1434/2013 (IBF 2013) ini apakah akan sama dengan IBF 2012, mengingat temanya yang hampir mirip?

Jadi memang untuk IBF 2013 ini, tentunya kami dari panitia acara akan mengemas sesuatu yang berbeda dari tahun kemarin. Kami akan lebih menitik-beratkan kepada kualitas acara, dimana akan kami hadirkan para pembicara yang memiliki kapasitas di bidangnya, serta tokoh-tokoh nasional maupun internasional.

2. Bisa dijelaskan gambaran konsep acaranya?

Konsep yang akan dibuat berupa Edutaiment. Jadi edukasi yang dikemas dengan entertaiment, sehingga ini akan menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Selain dari acara itu, kami juga melakukan acara pada pra kondisi, tujuannya adalah untuk mensosialisasikanIslamic Book Fair 2013 ke khalayak secara lebih luas lagi. Diantara acara pra kondisi yaitu, festival nasyid, seminar nasional di berbagai kampus, serta kita akan mengadakan acara lomba debat antar kampus.



3. Selain itu, apa saja acara yang baru di IBF 2013?

Selain acara pra kondisi, diantaranya seminar dan debat kampus yang di tahun-tahun sebelumnya belum kita adakan, kita juga akan mengadakan Olimpiade Sains dan Matematika, dan acara untuk anak dengan menggandeng beberapa lembaga termasuk menghadirkan Kak Seto. Selain itu, panitia juga mengundang tokoh-tokoh yang tergabung dalam Majelis Ulama dan Intelektual Muda Indonesia (MIUMI) untuk mendeklarasikan IBF 2013 dengan tema “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani”.

4. Apa yang melatarbelakanginya?

Latar belakang tema besar kita, berangkat dari keprihatinan kita terhadap moral masyarakat bangsa Indonesia, yang mana saat ini marak bahwa tingkat korupsi di Indonesia semakin tinggi, dan itu diawali dari moral masyarakat Indonesia itu sendiri. Berangkat dari situ maka kami dari panitia mencoba mengusung sebuah tema bagaimana membentuk umat berkarakter Qur’ani, yang harapannya ini menjadi sebuah wacana baru bagi masyarakat secara umum. Bagaimana kita bersama-sama, bahu membahu untuk mensosialisasikan pentingnya membangun moral bangsa ini.

5. Apakah ada pihak lain yang digandeng IKAPI DKI Jakarta dalam menyukseskan IBF 2013?

Tentunya kesuksesan acara ini dibantu oleh beberapa pihak, terutama sponsor utama. Insya Allah sponsor utama IBF tahun ini adalah BNI Syariah. Kami juga menggandeng beberapa lembaga pendidikan, lembaga-lembaga pesantren, dan lembaga lainnya yang terkait dengan konsep pendidikan untuk sama-sama berpartisipasi memberikan kontribusi terhadap keprihatinan bangsa ataupun umat saat ini. Selain itu, kita juga disupport oleh beberapa media.

6. Bagaimana konsep sosialisasinya?

Sosialisasinya memang sudah dari jauh hari kita lakukan. Pertama kita melalui beberapa media, diantaranya media cetak, media elektronik, dan media-media sosial lainnya. Dan untuk mendekatkan lagi, maka kita menggunakan media-media outdoor agar informasi IBF ini sampai ke masyarakat secara luas.

7. Apa yang menjadi keunggulan IBF 2013 dibanding yang sebelum-sebelumnya?

Keunggulan dari IBF tahun ini, dari jumlah peserta pameran tahun ini tentunya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dari konsep dan kualitas acara, kita coba tonjolkan dengan menghadirkan tokoh-tokoh yang berkompeten dibidangnya, baik tokoh nasional maupun internasional. Juga banyaknya lembaga pendidikan yang akan mensupport acara IBF 2013. Dan yang membedakan IBF tahun ini dengan tahun sebelumnya, insyaAllah kita akan mengadakan seminar tentang referensi film yang sebelumnya belum pernah diadakan, kecuali sebatas launching film. Karena media dakwah sekarang bukan hanya buku, tapi juga yang bersifat audio visual seperti film. Dan Alhamdulillah respon dari masyarakat sangat bagus, ini terbukti dari beberapa film seperti Ayat-ayat Cinta, Laskar Pelangi, dan lainnya. Kami akan mencoba membedah, bagaimana sih cara mengangkat sebuah film dari judul buku yang best seller.

8. Bentuk perhatian dan pelayanan terhadap pengunjung?

Tentunya dari mulai layout stand, kami lebih mengutamakan akses pengunjung untuk lebih mudah mengakses semua stand yang ada. Jadi layout tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Kami juga berencana memperluas lagi area stand. Kemudian, karena pengunjungnya setiap tahun membludak, maka pada tahun ini kami menargetkan pengunjung sebanyak 400.000 orang, yang mana mereka bisa dengan nyaman berkunjung ke Islamic Book Fair untuk mendapatkan buku-buku yang berkualitas, bagus, serta acara-acara yang menarik.

9. Terakhir, apa harapan dari panitia acara dengan konsep tahun ini?

Harapan kami adalah, dengan Islamic Book Fair bisa membangun sebuah wacana, membuka cakrawala terhadap umat saat ini, khususnya kaitannya dengan persoalan saat ini dari sisi karakter dan moral bangsa. Dengan IBF 2013 ini, kami menjadikan sebuah tema, “Membentuk Umat berkarakter Qur’ani” dengan harapan membangun karakter dan moral bangsa kedepannya lebih baik lagi berdasarkan Alqur’an. Berikutnya, kami dari para penerbit juga berkomitmen menerbitkan buku-buku yang benar-benar bermutu, sebagai bahan bacaan yang bermanfaat untuk menjadi bekal bagi umat. Dan akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk insan perbukuan dan masyarakat luas. Sampai jumpa di IBF 2013, 1 - 10 Maret 2013, di Istora Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Destinasi Wisata Buku Islam Terbesar dan Terlengkap.

Related

Islam 7539342739140963868

Follow Us

Alhamdulillah

Peluang

Sahabat Pena

item