Menjadi Generasi Fana, Autis, dan Pikun

SHARE:

Angkot adalah keseharian saya. Bermacam-macam orang saya temui di angkot. Namun kejadian yang satu ini paling menarik untuk dikoreksi d...


Angkot adalah keseharian saya. Bermacam-macam orang saya temui di angkot. Namun kejadian yang satu ini paling menarik untuk dikoreksi dan menjadi bahan introspeksi untuk diri kita masing-masing…

Suatu hari sehabis pulang bimbel, seperti biasa kendaraan saya adalah angkot. Hari itu saya lemas sekali, jadi sangat malas untuk memerhatikan apapun di sekeliling dan asyik dengan pikiran saya sendiri. 

Satu-satu penumpang naik. Mulai dari orang tua hingga anak sekolah. Penumpang terakhir adalah seorang ibu-ibu paruh baya. Saya taksir usianya sekitar 32 atau 33 tahun. Karena sudah sangat lemas, saya tidak memerhatikan wajah para penumpang angkot lainnya.

Penumpang mulai berkurang. Kini tinggal saya, seorang ibu yang habis pulang kerja, bapak tua dan cucunya, dan ibu yang tadi menjadi penumpang terakhir. Kebetulan jalan raya dua arah yang dilalui sedang mengalami perbaikan dan menyebabkan macet panjang. Akhirnya supir angkot tersebut bertanya “Emh, ini ada yang mau ke Angris nggak? Soalnya saya mau muter lewat jalan belakang. Macetnya parah,” kami para penumpang menjawab tidak, kecuali ibu paruh baya tersebut. “Bener ya nggak ada?” Tanya supir angkot lagi. Tak ada jawaban.

Sekarang saya baru perhatikan, bahwa dari tadi ibu tersebut asyik dengan BB-nya. BBM-an mungkin, pikir saya. Angkot pun melaju lewat jalan alternatif. Tiba-tiba ibu paruh baya tersebut tertawa disertai gumaman agak keras manggunakan bahasa Inggris dengan mata masih terpaku pada handphone-nya. Entah apa yang diucapnya. Berselang beberapa menit kemudian ibu paruh baya tersebut tertawa lagi, juga disertai dengan gumaman bahasa Inggris. Penumpang lain agak heran melihatnya. Beberapa menit kemudian terjadi hal yang sama. Malah terkadang cekikikan dengan mata masih terpaku pada handphone-nya. 

Sudah dua puluh menit angkot melaju di jalur alternatif dan akhirnya masuk lewat jalan biasa kembali. Ibu paruh baya itu masih terus asyik dengan kegiatannya tadi. Kemudian salah satu penumpang turun dan membayar. Ibu paruh baya itu seperti tersadar sesuatu dan melihat sekeliling, “Ini kan Medang pak? Lho kok nggak lewat Angris?” tanyanya penuh heran. Rasanya ingin tertawa keras mendengar pertanyaan itu. Ibu yang baru pulang kerja pun tertawa licik dan berkata “Yaah bu, kemane aje?”.

Akhirnya ibu paruh baya tersebut turun dengan muka sedikit malu. Kemudian ibu yang baru pulang kerja bergumam “Kemane aje emang? Capek deh gue,” . Lucu rasanya. Saya hanya tertawa kecil. Meski rasanya ingin terbahak-bahak mengingat kegiatan ibu paruh baya tersebut selama angkot melaju di jalan alternatif. 

Pikiran saya teringat lagi pada teman-teman atau orang yang saya temui di angkot setiap harinya. Mereka sering menunduk, terus menunduk sambil sesekali tertawa atau  bergumam dengan mata masih terpaku pada handphone. Entah chatting, main game, BBM, atau membuka situs social network. 

Waktu saya pernah mengunjungi Singapura, saya juga terheran-heran. Semua penumpang MRT-nya hanya menatap handphone mereka masing-masing. Menonton film, video, apapun terpaku pada gadget masing-masing.

Seperti amfibi, hidup di dua dunia. Malah yang fana jauh terlihat lebih “nyata” dibanding yang sudah jelas nyata. Yang nyata terlihat maya, tak menyenangkan, masalah dimana-mana. Sedangkan di “dunia maya”, beragam kesenangan tersedia. 

Yang fana terlihat nyata. Yang nyata terlihat fana. Akhirnya tanpa disadari semuanya fana. Karna mempernyata yang fana, yang nyata dianggap fana dan menyusahkan.
Lebih terpaku pada layar gadget, hingga rasanya sana-sini tak ada. Asik dengan “dunia maya”-nya. Kita tahu anak yang mengalami autisme tidak bisa diajak berpikir bersama atau bicara serius.

Asik dengan dunianya. Tak mengerti dunia luar, dunia luar pun sulit masuk dan berinteraksi – sama dengan Autisme

Tak lagi ingat sekeliling. Lupa ibadah, lupa baca Qur’an, lupa ingat yang memberi napas. Pokonya lupa deh, kan ada yang lebih nyata dan menyenangkan -- walau sebenarnya fana.
Kejadian ini sangat sering dan mudah terbaca di keseharian kita saat ini. Dari anak muda hingga orang dewasa. Dampak dari teknologi dan komunikasi. 

Nggak salah sih, pake BB atau gadget keren yang bisa social media, chatting, nonton Youtube. Tapi jangan jadi follower aja ya. Nggak ada bedanya sama kebanyakan orang yang megang gadget keren hari ini, jalannya nunduk, di angkot nunduk, naik ojek nunduk. Padahal kan sebelum ada gadget-gadget keren ini, cuma binatang babi yang jalannya nunduk. Kita kan manusia yang dimuliakan, diberi akal, sempurna lagi.

Be different! Pakailah gadget-gadget keren tersebut dengan bijak, tidak menjadi autis terhadap sekeliling, tidak merusak ukhuwah, tidak merusak ibadah, juga tidak membuat lupa bahwa masih ada kehidupan yang jauh lebih menyenangkan daripada “dunia maya” penuh nikmat itu.

Be different! Karena Rasulullah sudah ingatkan:

“Sesungguhnya Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali pula dalam keadaan asing, maka berbahagialah orang-orang dikatakan asing.” (HR. Muslim dari hadits Abu Hurairah dan Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma)”
Tapi jangan pula mengasingkan diri. Be Wise!

oleh : Khairunnisa Rahadatul 'Aisy Sodikin (Universitas Jenderal Soedirman)

Artikel yang sedang Anda baca saat ini merupakan salah satu kontribusi karya tulis yang dikirimkan ke redaksi Pena Aksi. Ingin berpartisipasi? Ikuti petunjuknya di sini.
Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,149,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,2,Branding,1,Buku,8,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,7,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,7,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,33,Kampus,4,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,16,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,25,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,8,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,19,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Menjadi Generasi Fana, Autis, dan Pikun
Menjadi Generasi Fana, Autis, dan Pikun
http://1.bp.blogspot.com/-BkawSCmE9WU/UbzvuRlxdaI/AAAAAAAAD04/uix7Cs2nA10/s400/C+Poster+Karya+Tulis-170513-resized.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-BkawSCmE9WU/UbzvuRlxdaI/AAAAAAAAD04/uix7Cs2nA10/s72-c/C+Poster+Karya+Tulis-170513-resized.JPG
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2013/06/menjadi-generasi-fana-autis-dan-pikun.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2013/06/menjadi-generasi-fana-autis-dan-pikun.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy