Ide Bisnis adalah Sampah

SHARE:

Mungkin judul di atas agak mengesalkan ya? Apalagi bagi kamu yang punya banyak banget ide cemerlang. Saya juga kesel lho bacanya, padahal...

Mungkin judul di atas agak mengesalkan ya? Apalagi bagi kamu yang punya banyak banget ide cemerlang. Saya juga kesel lho bacanya, padahal saya yang menulis artikel ini. Yap, tapi kenyataannya memang begitu. Inilah penyakit dari kita yang baru mulai dalam berwirausaha: merasa ide kita adalah ide bisnis terbaik di dunia, padahal sampah.

Tunggu, kenapa dibilang sampah?

Dalam sebuah artikel HBR (Harvard Business Review) edisi Mei 2013 disebutkan kalau kegagalan startup secara umum pada semua bidang kegiatan di Amerika Serikat adalah sekitar 75%. Bayangkan 75%! Itu angka yang besar kan? Nah, dari sanalah kita seharusnya berkaca ternyata 75% Startup itu gagal, apakah termasuk kita yang ada di Indonesia?

Ide didapat dalam ruang ide yang berada dalam diri kita sendiri, dan kebanyakan pelaku startup menggunakan ruang ide itu dengan egonya saja, ia tidak melihat realita yang ada, nama kerennya: Naif (bukan band ya!). Realita yang ada sebenarnya bisa diartikan ‘kebutuhan konsumen’. Ya dong, kalau kamu bisnis harus tau dulu kebutuhan konsumen, jangan kamu bisnis karena keinginan/ego kamu saja, siapa yang mau beli kalau kamu nggak tau apakah ada kebutuhan di sana? itu sama aja bunuh diri.

Akhirnya ide bisnis itu harus divalidasi! Ya, ia harus diuji dulu dengan beberapa variable untuk mengetahui bisnis ini layak atau tidak sebelum dilempar ke pasar. Paling mudah sih dari bertanya “Apakah ada yang mau beli produk gue?”, pertanyaan ini kan untuk menjawab pertanyaan konsumen “Ada yang jual alat ini nggak ya?”, riset kecil-kecilan aja tentang kebutuhan konsumen. Tanyain aja ke orang-orang terdekat, kalau rata-rata mau beli produk kamu berarti ide bisnis kamu termasuk oke. Selanjutnya silahkan validasi kelayakan lainnya lewat aspek pemasaran, keuangan, dan lainnya.

Yap, ide bisnis itu sampah jika tidak divalidasi. Ingat harus divalidasi! jangan bisnis karena ego/keinginan kamu sendiri… sayang uang, tenaga, dan waktu kamu lho, bakal banyak keluar untuk hal yang sebenarnya bisa kamu tangani di awal kalau divalidasi. Oiya, ide bisnis yang tervalidasi itu ternyata juga sampah lho… kenapa? Yap, ide bisnis tervalidasi itu juga sampah jika tidak dijalankan. Hehe.

Selamat memvalidasi ide bisnisnya dan jika oke segera jalankan yak!
Muhammad Maula Nurudin Alhaq
| CreativePreneur | Digital Marketing Enthusiast | Little Muslim | Urban Qurban

Buat Kamu yang ingin konsultasi, kirim pertanyaan ke penaaksi@mail.com , dengan subjek ‎ #KonsultasiBisni‬s

Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,149,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,2,Branding,1,Buku,8,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,7,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,7,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,33,Kampus,3,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,15,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,25,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,6,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,18,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Ide Bisnis adalah Sampah
Ide Bisnis adalah Sampah
http://4.bp.blogspot.com/-HZUq5eJKTm0/UhnKfcJRZwI/AAAAAAAAEeM/dASQ9PGQpJg/s320/16.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-HZUq5eJKTm0/UhnKfcJRZwI/AAAAAAAAEeM/dASQ9PGQpJg/s72-c/16.jpg
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2013/08/ide-bisnis-adalah-sampah_25.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2013/08/ide-bisnis-adalah-sampah_25.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy