Tetaplah Bego

SHARE:

Oleh:  Muhammad Maula Nurudin Alhaq* Mau bagi-bagi kisah dan tips nih biar aktivitas di facebook lebih bermanfaat.  Jadi gini...

Oleh: Muhammad Maula Nurudin Alhaq*

Mau bagi-bagi kisah dan tips nih biar aktivitas di facebook lebih bermanfaat. 

Jadi gini, facebook itu punya yang namanya edgerank, jadi edgerank ini yang akan membuat news feed kamu berisi 'apapun'. Misal: coba kamu liat newsfeed/home/beranda kamu, nah yang muncul/berseliweran di situ hasil dari edgerank. Mudahnya gini, edgerank itu ditentukan oleh like, share, komen, mention, message, dan hal lain. Ketika kamu sering melakukan like atau komen ke postingan/status temen kamu, pasti kamu bakal sering ngeliat akun temen kamu berseliweran kan di facebook kamu? nah, tandanya edgerank bekerja. Apa yang kamu sering like, komenin, mention, share, dll itulah yang akan sering kamu temuin berseliweran di fb kamu.

Ini sebenernya nyambung dengan konsep attention/perhatian. Konsepnya adalah: attention/perhatian kamulah yang akan membentuk dirimu. Inilah yang akan membentuk pola hidup kita: kebiasaan, jadi apa kita, atau pola takdir kita. Attention/perhatian bermain di alam bawah sadar, ia menggerakkan 80% dari diri kita, alam sadar hanya 20% yang menguasai diri kita... mau bukti? coba kamu sadar gak daritadi nafas? nggak kan? nah nafas itu yang bekerja alam bawah sadar kita, malah ketika kita sadar untuk bernafas jadi agak susah nafasnya... 

Daaannn... menurut saya facebook dan sosmed itu adalah alat attention/perhatian paling soft untuk membentuk alam bawah sadar kita yang 80% itu, karena kita gak terasa sedang digurui, gak terasa tertekan, dll. Karena di sosmed kita adalah pemegang setir utama, ini suka ya gue ikut, gak suka tinggal gue close. Ini bahasannya sih kalau kamu senang/gak merasa tertekan, ada bagian otak kamu yang terbuka dan ada kelenjar yang aktif juga dan ngeluarin enzim positif lupa namanya, dan facebook atau sosmed pasti pada seneng kan mainnya? bahkan sampe keranjingan haha... sehingga kalau kamu sering banget make facebook atau socmed lainnya, tandanya kamu lagi dalam proses membentuk alam bawah sadar kamu karena kamu sedang attention/perhatian kepada sesuatu/informasi di sosmed. 

Kamu pasti di sosmed atau khususnya facebook suka ngelike status, ngikutin group yang kamu suka, ngelike fan page yang kamu suka, dll. Nah aktivitas kamu itulah kerja attention yang bakal mempengaruhi alam bawah sadar kamu; tanpa tertekan, efektif!

Makanya sosmed ini kayak pedang; dia bagus kalau digunakan dengan tepat. Karena sosmed juga bisa membuang banyak waktu karena kontennya yang banjiiiirr, banyak banget informasi sehingga attention kita kemana-mana, sini ikut, sono ikut, ada ini komen, ada itu ngelike, gosip, dll.

Nah, saya belajar teknis tentang edgerank di facebook dan juga mengikuti kajian tentang attention dan alam bawah sadar. Saya mencoba untuk mengkombinasikan hal ini menjadi hal yang bermanfaat.

Akhirnya saya ngetes untuk memixkan konsep-konsep ini. Sebelum masuk ke tips, kita cerita dulu dari awal biar bisa keliatan works gak sih tipsnya nanti. 

Berawal dari minat saya di dunia internet marketing dari 2008 karena dulu blogger, saya terus memendam keinginan untuk bisa dapet duit dari online atau bisnis offline saya dibantu dengan online. Cuma attention saya di dunia nyata kacau balau, fokusnya terlalu banyak. Istilahnya kalau di dunia nyata tuh ya kalau dianalogikan dengan aktivitas di facebook saya malahan: ngelike karate, ikutan group memanah, like nge-band, nge-message jagoan futsal, dll... intinya di dunia nyata attention saya gak jelas, apapun yang saya minati ikuuuttt, attention saya terpecah-pecah bahkan pecah berantakan hahaa. Sehingga minat mau nyari duit di atau lewat internet dari tahun 2008 itu jadinya gak berkembang atau stag di situ aja, cuma angan-angan. Pas sadar di akhir 2012, saya ternyata sama sekali gak berkembang.

Akhirnya saya sadar kalau gini terus gak bakal maju-maju, cuma angan-angan, harus mendobrak kebiasaan... harus mendobrak attention... akhirnya saya memberanikan diri untuk ikut training 3 hari yang harganya waktu itu 3,5 juta daaan di luar kota, akhirnya ngitung2 sama beli tiket transportasi dll ya harus siapin duit 5 jutaan... itu angka yang besar bagi saya yang masih merintis bisnis. Tapi saya udah paham waktu itu, ikan paus ngumpulnya sama ikan paus, jadi ya harus bayar mahal ke pertemuan ikan paus, dan sayanya ngutang (saya lebih suka bilang utang ini adalah alat pendobrak, sebagai asset bukan liabilitas, karena utang yang bermanfaat -pembenarn- hahaa). Saya sebelum di bisnis yang sekarang ini, dulu juga punya bisnis dan gagal, bisnis itu menghabiskan uang gaji saya di perusahaan saya sebelumnya yang saya kumpulin, hahaa nyesek sih tapi yaudah sih udah lewat wkwk... nah, karena saat itu bisnis saya yang baru dirintis ini lagi gak bagus keuangannya dan uang harus diputer untuk mengembangkan bisnis, akhirnya saya minjem uang orang tua dulu untuk ikutan tuh seminar 3 hari, dengan berat hati saya utang sama ortu, malu banget waktu itu karena saya udah berprinsip untuk mandiri, tapi saya yakini ini utang bukan minta... dengan meyakinkan akan mengembalikan paling lambat 3 bulan sehabis seminar (padahal saya juga asal ngomong gak tau caranya tapi ya saya yakin aja), saya pun dikasih pinjem 3 juta dari ortu dan 2 juta lagi saya dengan terpaksa ngambil tabungan saya 2 juta yang padahal lagi disiapin untuk tabungan masa depan hahaa (calon istri harus menunggu lebih lama :p)... 

Akhirnya saya berangkat deh tuh ke training 3 hari, dan singkat cerita ya daripada panjang kalam, alhamdulillah seminar itu memberikan saya gambaran tentang digital dan online lebih luas dan saya jadi pede. Sebenernya saya agak takut juga trainingnya bagus gak ya, soale saya juga pernah ikut berbagai pelatihan dan seminar tentang onlen-onlen gitu tapi gak ada rasanya. Alhamdulillah bersyukur, ternyata harga dan kualitas gak boong. Yang paling penting selain ilmu ditraining itu adalah ambience dan attention, saya di seminar itu akhirnya menjadi lebih pede dan berpikri rasional bahwa saya bisa menghasilkan dari online dengan tahapan-tahapan yang sudah teruji. Akhirnya attention saya sudah mulai mengerucut. 

Sehabis training, saya mulai praktek, yaiyalah praktek, kalao kaga ngapain lo ikut training??? dengan 'tuntutan' pengembalian utang ke ortu yang bates janjinya 3 bulan, saya pun praktek dan belajar pagi malem sampe pernah untuk belajar fb ads saya 3 hari di depan laptop, tidur cuma sekitar 3 jam sehari. Intinya mau praktek aja. 

Dan... karena dari training itu saya dapet banyak temen yang attentionnya sama, akhirnya kita add-add-an di fb. Dan saya aktif di groupnya sebagai silent rider hehehe.

Sehabis praktek dan attention mulai mengerucut, ternyata saya tahu bahwa ilmu saya ini masih sedikit walau udah ikut training... akhirnya saya stag lagi, saya bisa sih ngoperasiin, tapi kayak newbie gitu... yang misal saya di awal itu praktek fb ads... saya bisa ngoperasiinya, tapi hasilnya buruk; misal 100rb biaya iklan bisa abis tanpa sales... bahkan biaya iklan fbads 500rb waktu itu cuma menghasilkan sales di bawah satu juta doang, belom dipotong operasional... setelah dapet ilmu dari training awal dan tau banyak hal baru tapi saya gak tau cara teknisnya... saya stag lagi... akhirnya di training 6 bulan berikutnya saya ikutan lagi... setelah itu saya mulai kenalan sama yang lain, orang-orang baru daaan alhamdulillahnya lagi, di training selanjutnya yang alumni bisa ikutan cuma bayar hotel doang, dan ternyata senior-senior di internet marketing pada dateng semua... ngumpul... akhirnya di training alumni itu saya hampir tiap malem nongkrong sambil dengerin cerita2 master-master itu... newbie kayak saya cuma bisa cengo: "Gila, gue selama ini kemana aja....".

Akhirnya setelah dari training yang saya udah jadi alumni itu, saya gelisah... saya haus banget mau tau ini itu. Itulah attention saya... saya bukan lagi ingin, tapi sudah berpindah menjadi butuh. Akhirnya karena saya sudah paham dari tarining tentang edge rank facebook dan juga ikut kajian tentang attention, saya pun secara 'bar-bar' mulai add orang-orang baru yang saya kenal.. terus setiap dia bikin status saya like, komen, share, dll biar apapun info dari dia muncul di newsfedd saya... terus saya kepo ngebukain foto-foto mereka... nah, muncul deh foto2 mereka lagi ngumpul sama master yang lain, saya addlah master-master yang lain. Newbie membabi buta deh. Jadi maaf ya master2 kalau saya add-addin hihihi...

Dan begitu terus, saya add orang-orang yang berhubungan dengan master dan berhubungan dengan Internet Marketing (IM). Lalu saya kepoin mereka, saya like, saya komen, dll. Biar edgeranknya tinggi... biar newsfedd saya isinya penuh dengan internet marketing doang, biar attention saya ke sana aja, agar mempengaruhi alam bawah sadar saya.

Sehingga waktua add-add itu temen saya udah penuh dan gak bisa add master lain... saya pun melakukan unfriend ke temen2 fb saya yang gak jelas, hajaaar... saya unfriend-unfriend... hahaa.. maaf yang keunfriend... hingga akhirnya newsfedd saya yang dulu dan sekarang udah berubah... sekarang penuh dengan seliweran info dari master-master itu..

Sehingga newsfeed saya dulu yang kadang malah banyak muncul dari group-group gosip dan debat gak jelas, akhirnya sudah dieliminasi oleh info2 dari master.

Alhamdulillah, kerasa banget perubahannya dengan memixkan konsep edgerank di fb dan attention. Saya jadi lebih mudah memberikan perhatian karena timeline saya munculnya ya tentang itu-itu aja dan saya gak merasa tertekan ada info itu, malah saya yang butuh.

Dan, dari sanalah 'keajaiban-keajaiban muncul'... trik add-add-tin master IM dan like, komen, share, postingan mereka menjadi berkah tersendiri, dapat menyambungkan dengan orang-orang hebat lainnya yang punya ilmu banyak dan sudah proven di bisnis online ini. Dan dari sanalah saya baru mulai mencicipi ilmu-ilmu daging, bukan kulit yang selama 2008 itu saya cuma dapet kulitnya.

Dengan trik dan tips sederhana yaitu:
  1. Ikut pelatihan mahal biar ketemu yang mahal juga
  2. Add-addin mereka di facebook, follow mereka di twitter
  3. Like, komen, mention, share postingan mereka
  4. Maka akan muncul di newsfeed kita info dari mereka (status mereka, mereka ngupload kegiatan apa, group yang mereka ikutin apa, dll)
  5. Nah ikutin dah semuanya, add-addin orang yang attentionnya sama dari akun-akun mastah itu
  6. Tunggu beberapa bulan, viola! kamu akan tau perubahan sudah lumayan banyak dari diri kita.
Kalau perubahan dari teknik yang gue rasa adalah... (ini cuma untuk ngasih tau aja, bukan buat nyombong2 yaaak)... contoh kasunya fb ads aja ya.. 

Gue waktu itu awal-awal belajar ngeluarin 500rb untuk ngiklan di fb cuma dapet revenue sales 900rban... nah, dengan teknik yan dikasih daging sama mastah sekarang udah bisa hemat uyeaay, kemaren ngiklan 500rb udah bisa mendatangkan revenue 65jtan cash... ROInya berapa ratus atau ribu persen itu? jadi emang, harga dan ilmu daging gak pernah boong, kerasa banget jauhnyaaa...~ ini dibandingin master kecil banget, saya sebenernya malu, tapi semoga bisa jadi semangat buat yang masih awal-awal juga biar membuktikan kalau triktips sederhana dan konsep attention itu works.. nah, nasihat untuk diri sendiri nihL makanya jangan sok tau dan merasa bisa dan ngerti kalau kita masih dasar, apalagi cuma tau istilah2 doang karena baca artikel ajah, bisajadi kita gak ngerti apa-apa... tetep lapar dan yakinkan diri kita 'bego', di atas langit masih ada langit... dan tentunya prakteeeeekkkk....

Nah... itulah tips sederhana untuk memanfaatkan edgerank di facebook biar lebih bermanfaat facebook kita... dan konsep attention yang sejalan dengan aktivitas kita di facebook. Oke, nah bagi yang minat di dunia internet marketing, ini saya kasih rekomendasi untuk attentionnya... daaan, silahkan dari attention-attention ini tinggal kepoin mereka aja dan addaddin, like-like, pokoke biar edgerank bermanfaat, yak sesimple itu! silahkan berbar-bar ria hehehe:

  1. Training yang saya ikutin saat di awal-awal ngutang itu: Nasional Bootcamp 
  2. Master-master: Riyeke Ustadiyanto, Bramantya Farid, Ilham Taufiq M, Rizal Bigjoy, Fahmi Rizwansyah, Untung Wibowo, Adryan Fitra, Latief Pakpahan, Shembah Bravo Brokerpreneur, Agan Khalid, Rully Kustandar, Heri Rosyadi, Agung Arifin, Jamie Lin, Cosa Aranda, Mbah Katob, Bob Maulana Singadikrama, Berto Saksono Jati, Eka Bagus Nurdiansyah Pamungkas, Nofi Bayu Darmawan, Primo Prima, Nia Souvenia, Adi K Putra, Arief Theo, Andi Ikhrom Abi-ny Imam, Cesar Rohedi, Frans Pekasa, Muhammad Nur Wachid, Pengusaha Kudus, Tatang Suryana, Seo Yunus, Bang Zenk, Rakean Id, Yasirli Amri, Teddy Irawan, Ahmad Zakyi, dll (maaf yang gak kesebut T__T, blank..) (urutan penyebutan bukan karena tingkat kemasteran hihihi...)
  3. Mulai deh kepo dan aktifkan edgerank kamu.. 

Oiya, terus utang di awal yang 3 juta minjem ke ortu itu gimana? alhamdulillah udah dibayar sebelum 3 bulan hehehe...

Semoga catatan singkat ini bermanfaat ya... newbie cuma mau berbagi... kali aja bisa memberikan 1% kebaikan di hari ini... aamiin...

Wassalamm...
Depok, 25 Desember 2013

*Creativepreneur
Juara 2 Nasional “Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge” 2012 kategori Industri Kreatif
Mahasiswa D4 Kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB | t: @maulaozier

Buat Kamu yang ingin konsultasi, kirim pertanyaan ke penaaksi@mail.com , dengan subjek ‎ #KonsultasiBisni‬s
Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,147,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,1,Branding,1,Buku,7,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,6,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,6,IRF,1,Islam,99,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,32,Kampus,3,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,15,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,24,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,5,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,3,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,18,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Tetaplah Bego
Tetaplah Bego
http://3.bp.blogspot.com/-wteLv137hj4/UrrHHIs13OI/AAAAAAAAFLA/fakr90KzI44/s200/metode-belajar-anak.jpeg
http://3.bp.blogspot.com/-wteLv137hj4/UrrHHIs13OI/AAAAAAAAFLA/fakr90KzI44/s72-c/metode-belajar-anak.jpeg
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2013/12/tetaplah-bego.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2013/12/tetaplah-bego.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy