Ramadhan Makin Sibuk!

SHARE:

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan y. Ada yang gak gembira menyambut ramadhan? insya Allah gak ada y. ;) apa lagi...


Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan y. Ada yang gak gembira menyambut ramadhan? insya Allah gak ada y. ;) apa lagi Rasulullah bersabda "Barang siapa yang bergembira atas datangnya Ramadhan, Allah telah mengharamkan jasadnya dari api neraka". (HR. An-Nasa'i). Sudah ga ada lagi alasan kita untuk tidak gembira.

Salah satu kegembiraan ramadhan untuk para pekerja adalah waktu kerja yang berkurang. betul gak? Hayooo ngaku.. PNS DKI sendiri untuk ramadhan tahun ini masuk jam 7 pulang jam 2 siang loh. Mayoritas PNS & para pekerja di berbagai daerah pulangnya variatif ada yang jam 3 dan ada juga yang jam 4. Bahagia? pasti, kita jadi lebih banyak kesempatan untuk berbuka puasa dengan keluarga dirumah.

Perjalanan pulang untuk bukber bersama keluarga
Namun dibalik itu semua ternyata ada beberapa profesi yang ketika ramadhan tiba ia justru akan semakin sibuk. Yang benar sob? benaran ada kok, salah satunya adalah menjadi Amil di sebuah Lembaga Amil Zakat (LAZ) baik tingkat Nasional ataupun daerah. Saya sendiripun tahun ini kedua kalinya merasakan atmosfer Ramadhan sebagai Amil Dompet Dhuafa.

Amil? apaan tuh? berikut penjelasan versi wikipedia "Amil dalam zakat adalah semua pihak yang bertindak mengerjakan yang berkaitan dengan pengumpulan, penyimpanan, penjagaan, pencatatan, dan penyaluran atau distribusi harta zakat". paham kan y? Di Indonesia sendiri kini tumbuh beberapa LAZ yang cukup besar seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid, Lazizmu, Laziznu, PKPU, Baitul Mal Hidayatullah, dan masih banyak lagi,

Menurut data dari BAZNAS perolehan zakat nasional yang diperolah seluruh LAZ pada tahun 2014 sebesar Rp 3,2 triliun. Tahu kota jogja kan y? nah kalo di jadiin APBD kota jogja, perolehan zakat nasional tahun 2014 senilai 2X kota jogja yang APBD 2016 nya sekitar 1,8Triliun. Gak sedikit kan? tahun 2016? lebih banyak lagi sob potensi zakat sendiri per tahunya lebih dari Rp200Triliun.

Terus kenapa dibanding-bandingin sama jogja sih? coba deh sobat bayangin kita buat lagi 2 kota Jogja untuk Fakir (orang yang tidak memiliki harta), Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), Riqab (hamba sahaya atau budak), Gharim (orang yang memiliki banyak hutang), Mualaf (orang yang baru masuk Islam), Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan), dan Pemdanya adalah Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat). Keren abis kan.

Kembali kesoal ramadhan makin sibuk :), Pada bulan ramadhan seluruh LAZ & BAZ (Badan Amil Zakat) yang ada di Indonesia rata-rata menghimpun 40% - 50% porsi penghimpunan nasional. Sedangkan 60% porsi penghimpunan di raih dalam watu 11 bulan atau sekitar 5-6%/bulan. Berarti jika kita anggap bulan ramadhan itu 40% penghimpunan, maka setiap bulan ramadhan para amil zakat bekerja dengan porsi 6-7X lipat dibandingkan dengan bulan-bulan lainya. Kebayangkan betapa sibuknya jadi Amil di bulan ramadhan. :)

Ramadhan Makin Sibuk
Saya sendiri harus mengurangi beberapa beban tanggung jawab antara lain di UNJkita.com.  Gak cuma UNJkita aja, menulis blog ini pun juga harus mengambil waktu-waktu istirahat. Terpaksa untuk tutorial blog kita lanjutkan di bulan syawal yaaaaa. mohon maaf untuk ketidak nyamananya. :)

Saya tutup tulisan ini dengan mengucapakan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada para pembaca setia penaaksi.com, perbanyak amalan-amalan kebaikan, jangan lupa juga tunaikan zakat y.
“Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang. Jika engkau tak tahan lelahnya belajar, engkau akan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,148,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,1,Branding,1,Buku,7,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,6,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,6,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,32,Kampus,3,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,15,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,24,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,6,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,18,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Ramadhan Makin Sibuk!
Ramadhan Makin Sibuk!
https://3.bp.blogspot.com/-fGNkkIksBNw/V1egU8bjT_I/AAAAAAAAJi0/V1HJf7OebocAF2mf4iJvfBLbRwNxa7lRACLcB/s320/Ramadhan%2Bsibuk.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-fGNkkIksBNw/V1egU8bjT_I/AAAAAAAAJi0/V1HJf7OebocAF2mf4iJvfBLbRwNxa7lRACLcB/s72-c/Ramadhan%2Bsibuk.jpg
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2016/06/ramadhan-makin-sibuk.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2016/06/ramadhan-makin-sibuk.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy