Tidak Sempurna Tapi Sangat Berharga

SHARE:

yang kita cari itu bukanlah kesempurnaan, tetapi sebanyak doa, sekeras ikhtiar, sepenuhnya tawakal


Perjalanan kelas sarjana 20-21 Agustus 2016 yang lalu sangatlah berharga untuk hidup saya. Mungkin gak cuma saya saja tetapi juga seluruh tim Kampung Sarjana apa lagi yang turut hadir seperti Solihun, Ilyas, Nanda, Diar, dan Tanti.

Gak terasa sudah 5 tahun jalan 6 tahun saya sudah berinteraksi & bersinergi sama anak-anak disana. Dahulu mereka masih kecil- kecil dan dengan bangganya menyambut kami membacakan pancasila dan Hymne Madrasah Ibtidaiyah.

Dahulu kampung ini tidak ada listrik, sekarang sudah ada. Dahulu bagunan sekolahnya dari kayu lapuk sekarang sudah berdiri gagah campuran semen dan batu bata. Dahulu akses ke kampung menanjak bebatuan bercampur tanah sekarang mulai ada pembangunan dan becek sedikit berkurang. Kampung Sarjana tuh yang bantu semua? kagak sob, beberapa memang kita ada yang jadi perantaranya tetapi keseluruhan bukan kita yang bangun. Alhamdulillah banyak orang yang bantu. hehe

Terus Kampung Sarjana ngapain? cek aja program di webnya. Kita hampir seratus persen tidak melakukan pembangunan fisik atau bangunan (atau lebih tepatnya belum.hehe). Buat gerakan yang masih bayi seperti kita ini pembangun fisik terlalu banyak membutuhkan uang, tenaga dan sumber daya.

Kami meyakini dalam pendidikan, fasilitas hanyalah salah satu aspek saja yang tidak mutlak untuk di penuhi apalagi dengan membangun sistem yang canggih. Di Kampung Sarjana kami juga tidak memberikan bimbel-bimbel gratis mengenai pelajaran sekolah untuk mendapatkan nilai setinggi-tingginya. Kita asumsikan saja sekolah-sekolah itu sudah memenuhi kebutuhan para beswan di bagian ini.hehe. Lagi pula menurut saya anak-anak sudah cukup lelah mengikuti pelajaran di sekolah dan asrama masing-masing.
Kami meyakini dalam pendidikan, fasilitas hanyalah salah satu aspek saja yang tidak mutlak untuk di penuhi apalagi dengan membangun sistem yang canggih.
Inti pelajaran yang senantiasa kita ajarkan adalah tentang semangat belajar, kepemimpinan, kebermanfaatan, dan tanggung Jawab. Pokoknya di putar-putar disitu aja. Tujuan kita adalah kampung tersebut punya tim sarjana (minimal 10 orang) yang dapat membangun daerahnya lebih dinamis dan ke arah yang lebih baik.

Gimana caranya? Di setiap pertemuan kita memberikan mereka tanggung jawab di mulai dari hal-hal yang kecil secara bertahap beban tanggung jawab yang kami berikan semakin beresiko dan kompleks. Di luar itu kita juga kasih beberapa kelas-kelas teori, tapi porsinya sedikit.

Proyek Pertama

Proyek pertama ini adalah rangkaian pendidikan yang kita berikan. Kali ini mereka kita tantang untuk membuat sebuah acara/program yang bermanfaat untuk warga kampung halaman mereka. Biar gak terlalu berat kita mengawalinya dengan acara yang memiliki porsi hiburan besar namun cocok untuk membangun awareness mereka dengan warga.

Kita mengambil momentum HUT RI 71 untuk mengadakan berbagai macam perlombaan untuk anak-anak dan orang dewasa. Lombanya ada 7 macam mulai dari memasukkan paku ke dalam botol hingga panjat pinang. Masing-masing perlombaan menjadi tanggung jawab 2-3 beswan.

Sebenarnya kita juga membuat struktur ketua, sekretaris, bendahara, kordinator perlengkapan, dan kordinator seluruh lomba. Apalah daya namanya juga mereka masih belajar fungsi yang berjalan baik hanya dodo sebagai ketua, dan debi sebagai sekretaris dan bendahara.

Debi sebagai sekretasis dan bendahara patut diacungi jempol. Alhamdulillah tidak ada korupsi dan untuk seterusnya jangan sampe ada. Semua pencatatan dan kwitansi lengkap tidak ada yang terlewat.

Masih Belajar

Memang proyek ini masih banyak kekurangannya seperti alat yang belum siap, warga yang kurang tersosialisasi, Kurangnya sikap inisiatif dan keberanian untuk mengambil keputusan. Tetapi seenggaknya mereka mendapatkan pengalaman dan gak ngawang-ngawang lagi, karena mereka kini pernah menjalaninya.

Saya pribadi belum tahu apa yang benar-benar mereka pikirkan setelah proyek ini, saya berharap banget (ngarep) mereka memasuki proses berpikir "oh ternyata gini ya, ternyata begitu, begini ya capek nya menjalani tugas tim kampung sarjana."

Kenapa ngarep banget. Berpikir adalah kegiatan manusia yang waras, kami ingin mereka melakukan itu semuanya dalam keadaan sadar & sehat. Dan pengalman ini menjadi salah satu titik tolak mereka untuk menjadi pribadi-pribadi yang memberikan manfaat untuk orang lain di masa depan.
lihatkan saya cuma duduk leha-leha aja, panitianya betulan anak-anak kok. percaya deh
Tapi ada beberapa hal yang masih menjadi PR utama buat kita tim Kampung Sarjana. Selama cara berlangsung cukup sering warga memberikan masukkan ini itu kepada saya seakan - akan kitalah pelaku utama proyeknya, saya berulang kali bilang "panitianya anak-anak pak bu"
Berpikir adalah kegiatan manusia yang waras, kami ingin mereka melakukan itu semuanya dalam keadaan sadar & sehat.
Ya mungkin terbiasa melihat kita sebagai para pelaku kegiatan, mereka belum terbiasa anak-anak putra kampungnya sendiri yang beraksi. Ketika saya jawab begitu warga cuma jawa "oooooh", naaah mudah-mudahan ini juga aha moment dan berubahnya penilain mereka terhadap putera/i daerahnya. Kalo mereka juga bisa kok melakukan sesuatu untuk kampungnya.



Di paragraf terakhir ini Saya ingin mengucapakan terima kasih kepada para donatur Kampung Sarjana mulai dari awal kita memulai kegiatan ini di tahun 2013 baik kalian yang namanya di sebutkan ataupun kalian yang sembunyi di balik nama "Hamba Allah". Salam hormat untuk kalian semua, terima kasih telah percaya dengan ide-ide kita melalui wadah Kampung Sarjana.

Buat kalian yang malas baca, bisa dengerin podcast saya tentang ini di Orasi Santai | Memberikan Tanggung Jawab

*

COMMENTS

BLOGGER
Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,148,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,1,Belajar SEO,1,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,1,Branding,1,Buku,7,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,381,Facebook,2,Facebook Marketing,2,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,6,Ghufron,13,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,76,Infografis,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,6,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,32,Kampus,3,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,15,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,110,Membaca,1,membuat blog,24,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,6,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,2,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,18,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,1,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Belajar Dinamis & Idealis: Tidak Sempurna Tapi Sangat Berharga
Tidak Sempurna Tapi Sangat Berharga
yang kita cari itu bukanlah kesempurnaan, tetapi sebanyak doa, sekeras ikhtiar, sepenuhnya tawakal
https://3.bp.blogspot.com/-yK25H_B-PDo/V80jMOxWw1I/AAAAAAAAKIQ/afSFVP02sO8Pw9F0PZP3vf6Cxp79cFd5gCLcB/s320/image%2B%25281%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-yK25H_B-PDo/V80jMOxWw1I/AAAAAAAAKIQ/afSFVP02sO8Pw9F0PZP3vf6Cxp79cFd5gCLcB/s72-c/image%2B%25281%2529.jpg
Belajar Dinamis & Idealis
http://www.penaaksi.com/2016/09/tidak-sempurna-tapi-sangat-berharga.html
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/
http://www.penaaksi.com/2016/09/tidak-sempurna-tapi-sangat-berharga.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy