Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mestakung,Rahasia Sukses Menaklukan Dunia Fisika



Buku karya Yohanes Surya ini berjudul Mestakung.   Tebal 173 halaman dengan penerbit Hikmah . Buku ini  ternyata sangat menarik untuk dibaca. Saya membacanya tanpa jeda sampai selesai.


"Apa yang terjadi ketika pasir dituangkan sedikit demi sedikit ke atas lantai? Pasir tentunya akan membentuk suatu bukit pasir kecil. Dan jika terus dituangkan, bukit pasir akan semakin tinggi dan semakin besar.
Anehnya, pada ketinggian tertentu atau dalam kondisi kritis, pasir selalu akan mengatur dirinya sendiri. Hingga, pasir selalu terjaga kemiringannya walaupun bertambah tinggi dan besar.

Peristiwa pengaturan diri seperti dialami pasir hanya satu contoh di antara ribuan bahkan jutaan peristiwa yang terjadi di alam. Peristiwa tersebut biasanya terjadi ketika suatu sistem berada pada kondisi kritis atau dalam istilah alam dikenal sebagai fenomena kritis.
Lebih mudah lagi, ketika seseorang dikejar anjing galak, dia yang biasanya hanya bisa melompat 1 meter, tiba-tiba mampu melompat 1,5 meter."

hal - hal di atas terjadi karena adanya  dukungnan dari semesta,seMESTA menduKUNG,atau biasa disebut MESTAKUNG. sebuah singkatan yang unik jika kita baca ini adalah sebuah inspirasi  Yohanes Surya dalam mewujudkan cita - citanya membawa indonesia juara olimpiade fisika tingkat internasional (IPhO).
pada tiap bagian buku ini mengisahkan perjalan tim olimpiade fisika indonesia (TOFI) dari tahun awal keikutsertaan hingga menjadi juara absolut pada tahun 2006, pada tiap tahunya terdapat sebuah pelajaran yang sangat menginspirasikan banyak orang, mulai dari kegagalan,ketidak fokusan,pentignya waktu belajar, dan masih banyak lagi yang kita ambil untuk menjadikan diri kita sebagai seorang juara untuk,menjadi juara itu harus membuat diri kita mendapatkan dukungan semesta  (kondisi kritis).

oleh karena itu buku ini menjadi sangat penting untuk para pejuang pendidikan entah itu siswa,mahasiswa,guru,dosen,akademisi atau mungkin semua orang yang membutuhkan inspirasi atau dorongan untuk melakukan sesuatu atau cita - cita yang besar,bagaimana memulai, dan bagaimana menjaga konsistensi menjadi seorang juara sejati.


Muhammad Ihsan
Founder Kampung Sarjana  | Internet Marketer
Post ADS 1