Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkendara Bersahaja

Sejak pertama kali kendaraan bermotor diciptakan,kendaraan ini sudah menjadi primadona buat semua orang, berpegian jauh dengan keluarga bukanlah suatu impian lagi,tapi adalah kenyataan. semakin berkembangya mesin motor atau pun motor telah membuat kecepatannya semakin tinggi,dan tentu saja di butuhkan pengamanan ekstra untuk keselamatan pengendara.

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di indonesia terhitung sejak tahun  2000 s.d 2008 menunjukkan angka yang cukup signifikan.

pada tahun 2000 jumlah mobil yang ada di indonesia sekitar tiga juta,sedangkan motor sekitar 18 juta. pada tahun 2008 jumlah mobil meningkat hingga mencapai angka 9 juta,begitu juga dengan motor yang meningkat hingga 65 juta. meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di indonesia juga di barengi meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas yang pada tahun 2000 berkisar pada angka 1200,kemudian pada tahun 2008 naik sekitar 59000 kecelakan.pada tahun 2011 dikhawatirkan jumlah kecelakaan lalu lintas akan terus membengkak,hal ini tentu perlu penanganan yang intensif agar angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat di tekan. kampanye dan sosialisasi safety riding adalah salah satu solusi yang perlu diberikan kepada setiap pengendara bermotor agar berkendara dengan aman.

Saya akan memberikan beberapa tips safety riding,tips ini sangat diperlukan bukan hanya untuk keamanan berkendara,namun juga untuk kenyamanan berkendara.

  1. Wajib membawa SIM dan STNK, SIM adalah surat izin mengemudi bagi pengendara motor,tanpanya seorang pengendara akan diakatan ilegal.bayangkan jika tidak membawa SIM dan STNK saat ada razia,tentu kita akan pani dan dapat menimbulkan kecelakaan.
  2. Menggunakan Helm SNI, penggunaan helm SNI sangat pemtimg dilakukan melihat tingginya resiko berkendara,dan tentu saja kepala adalah bagian vital seseorang,karena terdapat otak didalamnya,dan harus dilindungi jika terjadi kecelakaan
  3. Kaca Spion, banyak kendaraan terutama motor yang tidak memasang kaca spion,padahal kaca spion berghuna untuk memonitoring pengendara lain di belakang kita.hayo yang spionya di pasang lagi,jalan raya bukan punya kita sendiri,tapi juga punya orang lain.
  4. Fokus dalam berkendara , sering kali seorang ditemukan pengendara yang merokok , nogbrol , makan , hingga menelpon.semua itu akan memecahkan konsentrasi kita dalam berkendara dan tentu saja sangat berbahaya dilakukan ketika berkendara
Dengan melakukan berkendara yang aman dan nyaman,tidaklah hanya berguna untuk diri sendiri,namun juga berguna bagi kehidupan orang lain.jadilah pengendara yang safety riding dan mewujudkan berkendara yang besahaja


follow me on twitter @ihsanamuslim


Refrensi
bps.go.id

Post ADS 1