Belajar Bersama Peradaban

“Jangan sekali – kali melupakan sejarah” (Bung Karno).Ucapan bung karno telah mempertegas kepada kita betapa pentingnya untuk mengetahui sejarah suatu bangsa ataupun dunia.Sejarah manusia menunjukkan betapa banyak sebuah peradaban besar yang tumbuh kemudian jatuh hancur namun hanya sedikit manusia yang mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut.semata – mata bukan hanya untuk dikenang tetapi untuk pelajaran dimasa mendatang.

Inilah sebuah buku revolusioner di indonesia yang menceritakan sejarah panjang kehidupan manusia.pembaca tidak hanya disajikan sebuah cerita suatu peradaban tetapi pelajaran apa yang terkadung dari maju dan hancurnya sebuah peradaban besar. 

Mempelajari proses tumbuhnya sebuah bangsa besar demi menciptakan A new superior civilization adalah tujuan penulis yang disajikan dalam buku ini.jika kita sudah bisa melihat proses dan semua keunggulanya , dan semua keunggulan itu kita jadikan satu,untuk kita tiru prosesnya demi menciptakan sebuah bangsa yang bahkan lebih maju dari bangsa – bangsa itu. 

Imperium Romawi yang penuh dengan kegemilangan.istana yang megah dengan pilar – pilar raksasa membuat Romawi mejadi lupa diri,dan para kaisar sibuk bermewah – mewahan untuk memeuaskan nafsunya sendiri. Siapa yang sangka roma akan jatuh di tengah kemegahan yang seperti itu. begitu juga peradaban islam yang penuh dengan para ilmuwan – ilmuwan besar. Baghdad berubah menjadi kota ilmu pengetahuan yang megah dan memanjakan para ilmuwan dengan perpustakaan di setiap sudut kota.namun lagi - lagi raja yang tamak dan rakyatnya yang lupa diri telah menimbulkan kehancuran peradan islam yang begitu maju. 

“Knowlede,is power” kata – kata francis bacon ini menjadi salah satu kunci majunya sebuah peradaban seperti islam di baghdah dan Andalusia,Eropa,Amerika dan juga jepang.kita bisa melihat bagaimana usaha khalifah Harun al Rasyid membangun perpustakan di seluruh kota Baghdad,atau kita bisa melihat usaha bangsa jepang menerjemahkan begitu banyak buku – buku ilmu pengetahuan pada saat restorasi meiji.semua itu menunjukkan betapa pentingnya peran ilmu pengetahun dalam proses menjadi sebuah bangsa yang maju, namun Ilmu pengetahuan akan benar – benar berfungsi ketika dipergunakan dengan bijak. 

Buku ini telah menjelaskan secara runut apa rahasia negara – negara maju?mengapa ada negara yang bisa sangat kaya,bisa bangkit dari keterbelakanganya,sementara banyak yang masih terus melarat?apa hal paling signifikan yang membedakan mereka? Dan bagaimana mereka meraih keunggulanya? Telah dikupas tuntas dalam buku ini. 

Informasi yang diberikan dalam IMPERIUM III yang begitu lengkap juga menyisipkan banyak kata – kata bijak manusia – manusia unggul mulai dari Nabi Muhammad saw pada kebangkitan Islam hingga Akio Morita yang telah memajukan Jepang dengan perusahaan sony yang dia miliki. 

Buku ini pun tidak membosankan karena dilengkapi dengan foto dan rangkuman pada setiap sub bab yang memiliki banyak pelajaran penting dan perlu untuk dipahami.secara garis besar buku ini menyampaikan bahwa “Sejarah ada , tidak hanya untuk dikenang tepati juga untuk di pelajari sebagai bagian dari anugrah Tuhan kepada manusia,yakni kemampuan untuk belajar dan berubah”.inilah pesan implisit yang coba disampaikan oleh penulis.selamat menikmati.


Penulis       :     Eko Laksono
Penerbit      :     Hikmah
ISBN            :     978-979-3714-09-5
Jmlh Hlm    :  523 halaman



follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1
Banner
Banner