Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tekanan

Setiap kita pasti menghadapi cobaan. Berat maupun ringan, tetapi itu lah kadar yang diberikan kepada kita. Bahkan terkadang kita tertekan bukan hanya di kepala bahkan sampai tertekan di hati. Sampai rasanya hari-hari enggan dilalui. Mencoba mencari solusi, namun terkadang kita lupa dengan hal yang namanya keikhlasan, kesabaran dan berbaik sangka. Sampai akhirnya tekanan itu menutupi lapisah qalbu kita. Sebuah analogi sederhana untuk pengingat kita dikala ujian kembali. Tahukah engkau tentang konsep tekanan dalam ilmu fisika?.

Tekanan atau orang sebut Pressure (P), dalam fisika besar tekanan sebanding dengan gaya yang diberikan (F) per satuan luas(luas penampang) (A).


Mari kita qiyaskan jikalau ujian atau kesulitan itu sama seperti gaya yang diberikan dan kemudian satuan luasnya ialah luasnya hati kita, kemampuan hati kita untuk bersikap ikhlas,sabar dan berbaik sangka. 

Bukankah untuk mengecilkan nilai Tekanan tanpa harus mengecilkan Gaya berarti kita harus memperbesar Luas penampang. (P berbanding terbalik dengan A). Sederhana bukan?. Mungkin kita pernah mendengar ucapan, ”ya Allah janganlah Engkau ringankan beban ini, namun Kuatkanlah pundak ini agar dapat memikulnya”. 

Sering ketika kita sedang ditimpa musibah seolah baru pertama kali kita mendengar ayat ini “karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS.al Insyirah 5-6). 

Bersemangatlah sahabatku, tiap kesulitan diciptakan pastilah bersama solusinya.


Post ADS 1