Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan - Pesan Islam Grand Old Man

Sesungguhnya Islam ada di muka bumi ini untuk seluruh umat manusia,tidak terbatasi oleh suatu wilayah,islam tidak hanya untuk orang – orang arab, islam tidak hanya untuk orang - orang asia, islam tidak hanya untuk orang - orang afrika.oleh Karena itu sudah menjadi tuntutan bagi kita untuk menyampaikan pesan – pesan islam kepada seluruh umat manusia.seperti apa yang dilakukan Hadji Agus Salim di cornell University Amerika Serikat Beliau mengisi Kuliah musim semi tahun 1953 untuk memperkenalkan Islam Kepada Warga Amerika Serikat.

H Agus Salim tentu bukan nama yang Asing bagi kita,karena di bangku sekolah hingga kuliah tentu kita pernah mendengar kisah perjuangan beliau satu atau dua kali.Bung Karno menggelari H Agus Salim dengan Gelar “The Grand Old Man”.ini menandakan betapa Bung Karno Sekalipun sangat menaruh Hormat Kepada Beliau. 

Pada Masanya H Agus Salim adalah lulusan terbaik HBS (Hoogere Burgerschool) di tiga Kota,yaitu : Surabaya, Semarang, dan Jakarta.HBS adalah sekolah menengah tingkat atas pada masa penjajahan Belanda.Beliau Mempelajari Agama Islam langsung dari Syekh Ahmad Khatid di Jeddah.Beliau adalah god father bagi para pemuda di JIB(Jong Islamieten Bond), H Agus Salim sering memberikan pembinaan para intelek muda di JIB yang nantinya akan melahirkan beberapa nama-nama besar seperti M.Nastir,M Roem,dan S Prawinegara. 

Perjalan hidupnya memperlihatkan bahwa beliau memiliki dasar intelektual & agama yang kuat.kedua hal ini yang membuat metode penyampaian beliau dalam kuliahnya di amerika dapat di terima oleh mahasiswa & mahasiswi di cornell University. 

Seperti yang kita ketahui H Agus Salim adalah tokoh Islam yang pandangan politiknya lebih condong kepada negara demokrasi,sungguh menarik ketika para tokoh – tokoh islam lebih merestui berdirinya negara Islam di bumi Indonesia, beliau lebih mendukung berdirinya negara demokrasi dengan beberapa asalan tertentu.(baca selengkapnya di buku Negara Paripurna) 

Walaupun pandangan politik beliau mendukung demokrasi, hal ini bukan berarti beliau memiliki dasar agama islam yang lemah.buku ini memperlihatkan betapa luasnya pengetahuan islam beliau sebagai muslim yang taat. 

Buku Pesan - Pesan Islam di awali dengan Bab Rukun Iman & Islam lalu di akhiri dengan bab Muhammad di Madinah yang menggambarkan bagaimana bentuk kenegaraan yang dibangun oleh Rasulullah di Madinah. Pada Bab terakhir kita akan memahami mengapa H Agus Salim lebih memilih berdirinya Negara Demokrasi di Bumi Indonesia. 

Pada Bab lain kita akan banyak menemukan kisah – kisah perjalan hidup Rasulullah dan para sahabat.kita akan di ajak menyelusuri Sirah Nabawiyah yang disajikan dengan cita rasa H Agus Salim. 

Yang Menarik dari buku ini adalah disisipkanya sesi Tanya jawab ketika H Agus salim memberikan Kuliah di cornell University. dengan adanya sesi Tanya jawab ini kita akan mengetahui bagaimana tanggapan para mahasiswa akan adanya kuliah tentang agama Islam yang di bawakan oleh H Agus Salim, dan bagaimana tanggapan mereka tentang Agama Islam yang selama ini mereka Anggap sebagai agama Primitif. 

Buku ini Bacaan Wajib bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh sosok H Agus Salim.selain mengenal sosok beliau kamu juga akan mendapatkan pendidikan agama islam sekaligus dengan pembawaan yang sangat berbeda dengan buku – buku islam yang selama ini anda baca.karena kuliah ini memang dipersiapkan khusus oleh Beliau untuk Masyarakat Amerika Serikat,sehingga dalam menjelaskanya kerap kali beliau menggunakan dongeng – dongeng dan budaya yang familiar dengan masyarakat Amerika Serikat demi mempermudah para Mahasiswa memahami Ajaran Islam yang beliau Sampaikan. Selamat Membaca

follow me on twitter @ihsanamuslim

JudulPESAN-PESAN ISLAM  
No. ISBN9789794335529 
PenulisHadji Agus Salim 
PenerbitMizan 
Post ADS 1