Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Prawiranegara Pemimpin Indonesia

Para pemimpin mulia tak pernah kurang jumlahnya di indonesia, jika dilihat dengan mata hati terbuka, bukan dengan syahwat kuasa yang angkara.Bangsa ini telah memiliki begitu banyak pahlawan nasional.namun betapa banyak dari mereka yang di bungkam oleh buku sejarah,dan dilarang  untuk dipelajari pemikiran mereka.

Tan Malaka, M Natsir, dan Syafruddin Prawiranegara adalah tiga contoh pahlawan nasional yang di bungkam oleh sejarah. Nama mereka begitu asing di telinga siswa/i indonesia, karena pemerintah memprogandakan bahwa pemikiran – pemikiran mereka Sangatlah berbahaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sejarah Mencatat Pada Agresi Militer II yang dilakukan belanda kepada indonesia pada 19 Desember 1948 mengakibatkan ditawanya Bung Karno, Bung Hatta dan  pemimpin lainya.Pada saat seperti inilah lahir sejumlah pahlawan bangsa yang tetap menjaga eksistensi negara indonesia sebagai negara yang berdaulat di mata dunia internasional.

Mereka di pimpin oleh sesosok yang telah hilang dari sejarah, yaitu : Syafruddin Prawiranegara. Beliau membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ( PDRI) di Sumatra.Pada masa awal kemerdekaan beliau ditunjuk oleh Bung Karno menjadi menteri Keuangan Indonesia yang pertama.ketika Agresi Militer II terjadi Mr Syaf (Syafruddin Prawiranegara) Sedang berada di Sumatra untuk memperbaiki Sistem Keuangan disana.

Terlepas dari berbagai maca versi tentang pembentukan PDRI yang menyebutkan bahwa PDRI di dirikan atas intruksi Bung Karno,ataupun PDRI berdiri atas inisiatif Mr Syaf Sendiri. Perlu kita Akui kehadiran PDRI dalam sejarah memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia adalah peran yang sangat penting terhadap eksistensi sebuah negara yang baru merdeka seperti Indonesia.

Kisah Perjalanan 207 hari Syafruddin Prawiranegara dalam memimpin indonesia kurang lebih dapat tergambarkan pada novel Akmal Nasery Basral yang berjudul Presiden Prawiranegara.penulis melukiskan bagaimana perjalanan panjang indonesia di masa – masa darurat ketika menjaga eksistentinya di dunia internasional.

Tak banyak novel – novel indonesia yang mengisahkan sesosok pahlawan ataupun latar belakang perjuangan kemerdekaan.di tengah – tengah maraknya novel – novel cinta dan teen lit.kehadiran buku ini menjadi angin segar bagi dunia pernovelan indonesia ,karena novel ini akan membawa kita untuk mengetahui & memahami kejadian – kejadian sejarah yang terlupakan oleh bangsa ini.Buku Presiden Prawiranegara akan membangkitkan kembali jiwa nasionalisme dan patriotisme bangsa yang telah lama hilang.

Buku ini tentunya tidak luput dari berbagai kekurangan, kisah cinta yang disuguhkan penulis dalam buku ini telah mengurangi Ruh Pergerakan dan Perjuangan kemerdekaan.sepertinya penulis terjebak oleh kepentingan pasar yang lebih didominasi oleh novel – novel percintaan dengan harapan dapat laku dipasaran.

Tetapi terlepas dari itu semua kekurangan buku ini dapat tertupi oleh nilai – nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Akan banyak hal – hal baru yang tidak pernah kamu ketahui di bangku – bangku sekolah. Kita akan lebih memahami bahwa kemerdekaan indonesia  membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa.

Judul : Presiden Prawiranegara
Penulis : Akmal Nasery Basral
Penerbit : Mizan Pustaka
Cetakan : I, Maret 2011
Tebal : 370 hlm




follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1