Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ghufron Mustaqim : Pemuda itu Istimewa



Penaaksi[dot]com - Bicara Indonesia berarti bicara anak mudanya. Indonesia tidak pernah kehabisan talenta muda yang selalu berjuang untuk memajukan Indonesia. Salah satu pemuda itu adalah M. Ghufron Mustaqim. 



M. Ghufron Mustaqim merupakan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UGM (angkatan 2009). Dia mewakili Indonesia sebagai Minister of Development pada G20 Youth Summit 2012 di Washington D.C., AS. dan mengikuti program kepemimpinan yang diselenggarakan & dibiayai oleh U.S. Department of State di Philadelphia, AS pada 2011. Dia juga merupakan Resolution Project Finalist di Harvard World Model United Nations 2011. 



Berkat komitmen kepemimpinan dan kontribusinya untuk masyarakat, ia menjadi 1 dari 100 pemuda Indonesia yang dianugrahi gelar “Young Changemaker” pada Indonesian Young Changemaker Summit 2012, dan merupakan 1 dari 60 pemuda yang dipilih McKinsey & Company Jakarta sebagai Young Leaders for Indonesia 2012. Ghufron, sapaan akrabnya, merupakan Co-Founder dan Chairman Forum for Indonesia, sebuah organisasi kepemudaan berskala nasional yang memiliki visi sosial dan intelektual. Selain itu ia juga merupakan mantan President Rotaract Club of Jogja Merapi. 


Ghufron memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di Harvard Kennedy School untuk program Master of Public Policy dan Stanford Graduate School of Business untuk program Executive Education. Selanjutnya, ia beraspirasi untuk melayani masyarakat dengan berkiprah di sektor publik. 

Saat ini Ghufron sedang merintis sebuah bisnis di bidang talents management dan leadership consulting melalui Ghufron Mustaqim Organization. 

Berikut adalah petikan wawancara @ihsanamuslim dengan Mas @GhufronMustaqim 

Menurut Ghufron apa kelebihan dari seorang Pemuda? 

Menjadi Pemuda adalah masa-masa yang sangat istimewa, karena masa muda suatu saat akan habis. Pemuda itu identik dengan energik dan kaya akan kreatifitas. Tentunya kelebihan itu digunakan untuk melakukan banyak hal. 

Kenapa banyak hal? Kata Pak Dahlan Iskan “Manusia itu punya banyak jatah gagal, maka habiskan jatah gagalmu dimasa muda.” Sudah seharusnya seorang pemuda mencoba banyak hal agar tidak menyesal dimasa tua. 

Banyak Pemuda yang salah mengartikan kata Sukses, menurut Ghufron Sukses itu apa sih? 

Bagi saya Kekayaan itu adalah ketika kita memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas. Ada Quote bagus dari mentor saya yaitu, bang Togi Pangaribuan “ If you want to be remembered, be remembered not because the cars, the money, or the houses that you have, but because you make difference for your country” (diingatlah kamu karena kamu membuat perbedaan buat negaramu). 

Seberapa besar peran Bang Togi (Mentor) dalam pengembangan diri? 

Kehadiran seorang mentor sangatlah penting. Dukungan yang mereka berikan akan mendorong kita agar berani melakukan hal-hal besar. Selain itu fungsi mentor juga mempercepat kita dalam belajar dengan berbagi pengalaman-pengalaman hebat yang mereka miliki. 

Apa yang harus dilakukan anak muda saat ini? 

Bangsa Indonesia hari ini kekurangan pemimpin. Banyak penelitian yang memprediksi Indonesia dalam 15-20 tahun kedepan akan menjadi Negara maju. Dalam mewujudkan itu semua tentu kita perlu untuk menciptakan banyak pemimpin. Paling minimal adalah mempersiapkan diri sendiri untuk menjadi pemimpin. Pemimpin tidak harus jadi Presiden, CEO , atau Menteri. Kamu dapat menjadi seorang pemimpin ketika kamu mampu mewujudkan Potensi yang kamu miliki.

Paling minimal adalah mempersiapkan diri sendiri untuk menjadi pemimpin

Tiga Rekomendasi dari Ghufron Mustaqim untuk Pemuda Indonesia 
  1. Carilah Mentor yang sesuai dengan karakter pemimpin kamu 
  2. Bacalah buku – buku Biografi Tokoh Besar 
  3. Jangan Takut dimarahi, dan jangan takut dijauhi orang lain
Kontak Ghufron Mustaqim :
Ghufronmustaqim.com
@GhufronMustaqim

Baca Serial #MudAksi lainya pada link berikut : disini
Post ADS 1