Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perempuan itu..??



Siapa disini perempuan yg punya cita-cita yg tinggi? Pasti hampir semua ya. Kebayang ga kalo someday suami kalian ngelarang kalian u/ itu?



Entah kenapa tetiba inget statement "perempuan ga boleh kerja". Problematikanya, mimpi saya itu tinggi & ga bisa di-banned. *kepikiran*

Timingnya pas banget! Tadi lg ubrak-abrik lemari, eh nemu majalah islami yg isinya ada rubrik berjudul "Kapan Wanita Harus Bekerja?"


Gimana kalo saya share aja ya? Cause saya tau perempuan2 jaman sekarang itu maunya independen & punya cita2 yg menjulang tinggi (saya juga).

Emang bener, pekerjaan wanita tuh dirumah, ngurus anak dan suami. Tp siapa bilang kita ga boleh kerja diluar? Boleh kok, asal......

1. Diizinin sama suami. Kita harus taat sama suami, kalo ga nanti dosa. Ujung2nya kalo ga dpt restu, pekerjaan malah jd ga berkah.

Kalo ga berkah di satu hal nanti bisa jd rusak susu sebelanga. Keluarga malah jd ga harmonis deh. Kitanya ga dimanja lg deh *eh

2. Pilih pekerjaan yg syar'i. Jgn malah yg bisa menumpuk dosa. Yakali mau kerja di klab malam atau bar yg menyuguhkan berbagai keharaman.

Ga kece juga tuh jd sekretaris pribadi. Entar khalwat entu mah. Entar dicap ada main2 sama si boss. Timbul fitnah deh. Kaga dah.

3. Ga hanya pilih pekerjaan yg syar'i, tp kitanya juga harus berlaku syar'i. Istilah gampangnya tau diri lah. Jgn ngedipin partner!

Jgn kalap sama peraturan yg dbuat sama manusia. Misal suruh lepas hijab. Mending keluar aja dah. Msh banyak kok yg bisa nrima yg berhijab.

4. Plg penting, jangan lupain tugas pokok! Kalo sampe pekerjaan itu bikin yg pokok jd terlantar, berarti kita melenceng sbg seorg istri.

Inget anak, titipan Allah, buah hati. Inget suami, imam kita, pemimpin istana kecil kita. Nanti smua dimintai prtanggungjawaban loh olehNya.

Ya gitu deh syarat2nya mah. Tapi pekerjaan seorang wanita itu bisa jd wajib, sunah, mubah, dan haram loh pada waktu2 tertentu! Hati2~~~

WAJIB ketika emang ga ada lg yg mampu mencari penghasilan kecuali kita seorang. Kita struggling. Jgn bergantung pd yg ga boleh digantungin.

SUNNAH jika pekerjaan itu emg akan lebih optimal jika dikerjakan oleh wanita. Misalnya polwan biar bisa meriksa sesama wanita. Dll

MUBAH ketika pekerjaan itu ga ngerugiin diri sendiri dan juga ga ngerugiin orang lain.

HARAM ketika jenis pekerjaan itu melanggar aturan Islam. Ya yang kayak tadi. Kerja di klab malam misalnya.

Rasulullah selalu ngingetin "muslim yg baik itu ialah yg paling baik dalam memperlakukan keluarganya".

PR juga buat para pria. Kalo nyari calon yg bisa diajak diskusi deh. "Wanita yg berkhianat pd Allah akan berkhianat pd suami & anak2nya."

Lalu bagaimana perihal pendidikan? Misalnya wanita ini pgn berpendidikan tinggi. S2, S3, sampe S10 kalo ada mah (uhuk, ini saya bgt ;p)

Saya stuju sama pndapat temen saya @rissauce "untuk membina keluarga dan mencetak generasi muda yg baik juga butuh ortu yg terdidik"

Terdidik bukan berarti mesti punya IP bagus loh. Kan kecerdasan ada banyak. IQ, EQ, SQ, dll. Blm lg yg kyk kecerdasan intrapersonal, dll.

Saya pernah nemuin status ini di FB salah satu orang hebat...................

"When you educate a boy, you educate just the boy. But when you educate a girl, you educate the whole family, and the next generation."

Yuk kita (para wanita) rajin2 belajar supaya entar dpt suami yg doyan belajar juga. Entar anak2nya sholeh/a. Cakep2. Pinter2. *ngebayangin*

Kalo wanita berilmu, jd bisa ngirit pengeluaran jg. Tdnya buat les, tp ga usah les. Kan kita bisa ngajarin langsung tuh anak2 kita.

Terus bisa berbagi pengalaman ke anak2 kt jg nantinya kalo pengalaman kita jg banyak. Kan pelajaran yg sesungguhnya brasal dr pengalaman.

Nah kalo cerdas kan kita jg bisa bantu2 suami di perusahaan suami sendiri (kalo suami pengusaha). Lha kalo kita ga ngerti apa2 kan bahaya.

Kalo suami bukan pengusaha, setidaknya kita bisa ngerti sama kerjaannya. Ready deh utk mmberi solusi kalo doi lg ada masalah.

Dll deh.Banyak benefit jika kita mau terus menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu purpose utamanya u/ mencari ridho Allah. Bukan karena pgn kerja

Jd pndidikan formal atau nonformal, ttg hard skill ataupun soft skill, tetep penting buat ditempa wanita meski nantinya ga dibolehin kerja.

Ga salah kok kita (para wanita) punya banyak mimpi. Pengen kerja dan berkontribusi nyata. Toh niatnya mulia. Smuanya bisa didiskusikan.

Ladies, jgn takut bermimpi! InsyaAllah suami kita nnti bahkan membantu mewujudkannya. "Bermimpilah! Karena Allah akan memeluk mimpi2mu itu."

Wallahu a'lam bishshawab. Kesempurnaan hanya milik Allah. Saya masih hrs banyak berbenah diri. Yuk sama2 jd lbh baik! Semoga bermanfaat! ;]

Post ADS 1