Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Festival Timur Tengah UI 2013


Dunia Arab adalah contoh sebuah dataran di atas bumi para nabi, bumi yang kaya akan sejarah, kebudayaan dan peradaban yang tinggi karena didalamnya, telah lahir bermacam kerajaan maupun pemerintahan besar yang mengguncang dunia dengan teknologi dan peradabannya sejak masa ribuan tahun sebelum masehi. Di sana menjulang Piramida Mesir dan peradaban yang menyilaukan mata, lalu terbit di sebelah timurnya bermacam kerajaan dengan sejarah yang berkilauan emas. Di ufuk timur inilah terpancang kerajaan adigdaya Akkadia, Babilonia, dan Sumeria yang secara tak sengaja semereka timbul tenggelam di atas tanah Iraq. Kebudayaan dan peradaban yang tinggi tersebut lantas tenggelam dalam sejarah, terlupakan oleh ingatan kecuali pada lembar-lembar perkamen kisah masa lalu.



Mencoba mengingat kembali sejarah berkilaukan emas yang telah tenggelam, menumbuhkan serta menghidupkan kembali semangat peradaban yang ada pada masa silam, Prodi Sastra Arab - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia mengadakan sebuah acara yang bernama Festival Timur Tengah UI 2013 (FTT UI 2013). FTT merupakan event tingkat nasional Prodi Sastra Arab FIB UI yang selalu dibanjiri peserta dari puluhan universitas dan lembaga pendidikan berbeda yang ada di Indonesia. Memasuki gelaran tahun keempat, FTT 2013 mengangkat tema “Pesona Negeri 1001 Malam”. Bertempat di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, FTT 2013 terbagi kedalam tiga macam frame acara besar; fringe event, perlombaan dan acara utama. 

Fringe event merupakan sebuah gelaran acara pra FTT dengan dua jenis acara didalamnya, yaitu Workshop Pengajaran Bahasa Arab pada tanggal 23 Maret 2013 dan Beauty and Hijab Class pada tanggal 31 Maret 2013.Setelah Fringe Event, acara inti FTT 2013 seperti perlombaan dan acara utama digelar dalam waktu yang bisa dibilang bersamaan, perlombaan pada tanggal 16-20 April dan acara utama pada tanggal 18-20 April 2013. Konten acara pada masing-masing frame pun dikemas dengan sangat elegan dan lebih beragam mengingat FTT telah memasuki tahun gelaran yang keempat. 

Di acara utama, FTT menggelar banyak acara menarik seperti bedah film berjudul “Son of Babylon”, kemudian karnaval, cooking show, kuliah umum, teater “Laila Majnun”, malam keakraban, konser amalDebudan lomba fotografi. 

Sementara di frameperlombaan, FTT membagi perlombaan tersebut dalam tiga kategori; Mahasiswa, Siswa, dan Umum. Untuk kategori mahasiswa, jenis kompetisi yang dilombakan adalah debat, pidato, baca puisi, esai dan presentasi, menyanyi lagu timur tengah, dan baca berita yang tentunya semua menggunakan media bahasa Arab. Sedangkan untuk kategori siswa, terdapat tiga macam perlombaan yaitu pidato bahasa Arab, baca puisi bahasa Arab, dan story telling dalam bahasa Arab. Sedang untuk kategori yang terakhir - kategori umum, hanya ada empat macam jenis perlombaan; fotografi, lukis kaligrafi, marawis, dan lomba makan kebab. (Pendaftaran: klikdi sini!) 

FTT 2013 masih menyimpan banyak misteri tentang pesona negeri 1001 malam yang akan ditampil kan digelaran festival tahun ini. Untuk lebih jelasnya berkaitan dengan konten acara, informasi lomba maupun registrasi perlombaan, bisa dibuka di website official FTT 2013. FTT 2013, penuh akan Pesona Negeri 1001 Malam ! 


Kontak: 
Twitter: @FTT2013 
PembelianTiketBeauty and Hijab Class: Hania (0857 1187 9839) 
PembelianTiketKonserAmalDebu: Riyan (0857 8107 4386) 


Post ADS 1