Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Forum Indonesia Muda #KreAksiMuda

FIM (Forum Indonesia Muda) adalah sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi maupun organisasi kepemudaan di Indonesia, dari Aceh sampai Papua, bahkan yang sedang berada di luar negeri.



FIM dibentuk untuk menjadi sarana peningkatan kompetensi pemuda dan mahasiswa dalam rangka mempersiapkan pemimpin masa depan dan wahana silaturahmi antar pemuda dari berbagai latar belakang.

Visi
  1. Hadirnya para pemimpin bangsa yang memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme tinggi, berakhlak mulia, sehat dan cerdas paripurna, baik secara fisik, rohani, spiritual, maupun intelektual.
  2. Terwujudnya Indonesia sebagai bangsa yang mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam kebudayaan.
Misi
  1. Pembinaan pemuda dan mahasiswa untuk diarahkan kepada gagasan jiwa mandiri (entrepreneurship) dan collective leadership
  2. Meningkatkan pemahaman akan pentingnya arti kompetensi bagi generasi muda yang berbasis pada soft skill (7 pilar dasar kepemimpinan) dan hard skill ( teknologi dan profesionalisme)
  3. Menyatukandan mengoptimalkan berbagai potensi pemuda dan mahasiswa dalam forum silaturahim dengan latar belakang berbeda-beda.
  4. Membuhul solidaritas sosial untuk saling menguatkan antar sesama saudara sebangsa dan setanah air

FIM menyelenggarakan berbagai program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para pemuda dan mahasiswa, serta membekalinya dengan kepekaan terhadap permasalahan sosial. Berikut ini adalah program-program utama FIM.

Leadership and Life Skill Training

Pelatihan Leadership dan Life Skill merupakan program utama FIM yang dilaksanakan setiap tahun dengan mendatangkan pemuda dari berbagai daerah dan mahasiswa yang aktif serta berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pelatihan tersebut dikemas dalam beragam aktivitas pengembangan diri yang meliputi seminar, focus group discussion, presentasi, mentoring, talkshow, unjuk ekspresi seni dan budaya, dan outbond.

Dalam setiap pelatihan, FIM selalu memiliki tema unik yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, serta selalu mendatangkan narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Tahun ini, pelatihan FIM akan diadakan untuk angkatan 11.Alumni pelatihan FIM sebelumnya kini sudah berjumlah ratusan dan tersebar di berbagai bidang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.


Rumah Belajar KITA

Rumah Belajar KITA adalah salah satu program sosial FIM yang diprakarsai oleh almuni FIM. KITA merupakan akronim dari Karya, Ilmu, Tekad, dan Amal. Rumah Belajar KITA dibangun pada tahun 2008 di Cimanggis, Depok, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan alternatif bagi siapapun yang membutuhkan, terutama anak-anak usia sekolah.

Rumah Belajar KITA membuka ruang bagi siapapun yang ingin terlibat dalam setiap aktivitasnya. Pendaftaran untuk volunteer Rumah Belajar KITA akan dibuka secara berkala.Dengan semakin berkembangnya jumlah alumni FIM di berbagai daerah, konsep rumah belajar ini pun dikembangkan di berbagai daerah lainnya, antara lain di Bandung dan Semarang.

Bakti Sosial

FIM bekerja sama dengan berbagai organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan LSM, untuk mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial, seperti pemberian bantuan bagi masyarakat kurang mampu, penyaluran bantuan bagi korban bencana, program rehabilitasi masyakarat pascabencana, aksi sosial, dan sebagainya.

Program Bakti Sosial FIM dilaksanakan di berbagai daerah. Misalnya, FIM pernah mengadakan bakti sosial di Kampung 200, Bandung, talkshow dengan mahasiswa di Semarang, penyaluran bantuan bagi korban gempa di Padang Pariaman, aksi sosial mencegah dampak negatif media bersama aliansi berbagai organisasi mahasiswa se-Jabodetabek, dan sebagainya.

FIM Rescue

Sejak tahun 2010, FIM menyediakan pelatihan khusus untuk penanggulangan bencana, yaitu FIM Rescue. FIM Rescue dibentuk saat terjadi bencana letusan Gunung Merapi. Alumni FIM Rescue nantinya akan diarahkan menjadi tenaga siap bantu untuk tugas-tugas penyelamatan korban bencana dan program pemulihan pascabencana. FIM Rescue juga membuka program edukasi kebencanaan.

Apresiasi Hari Besar Nasional

Untuk meningkatkan nasionalisme dan kepekaan sosial, alumni FIM secara rutin mengadakan apresiasi hari besar nasional dengan anak-anak kurang mampu atau anak yatim, bekerja sama dengan Aliansi Selamatkan Anak (ASA) Indonesia.

Organisasi
Penyelenggara: Yayasan Forum Indonesia Muda
Ketua Dewan Pembina: Elmir Amien
Koordinator: Ivan Ahda.

Kontak
Alamat Sekretariat : Jl. Jendral. A. Yani I/B 18, Komplek Golf BCS, Rawamangun Jakarta Timur, Indonesia
Telp/Fax: 021 – 470 3430
Email: – forumindonesiamuda@gmail.com




Post ADS 1