#FutureShaper 2 : 10 Sumber Ilmu Favorit tentang Kepemimpinan, Manajemen, dan Inovasi


Satu pertanyaan yang sering muncul ketika saya mengisi acara tentang kepemimpinan, inovasi sosial, kepemudaan dsb adalah pertanyaan berkaitan, “Dari mana Ghufron belajar dan menggali inspirasi tentang kepemimpinan, inovasi sosial, dan hal-hal lain semacamnya?” Pertanyaan tersebut sebenarnya memvalidasi keyakinan saya bahwa banyak teman muda kita ingin memberikan kontribusi terbaik bagi orang-orang disekitarnya, hanya kadang-kadang mereka tidak tahu bagaimana memulai dan dari mana mereka dapat belajar.

Di zaman dimana konektivitas di kalangan anak muda sangat tinggi ini, berkat fasilitas internet, sumber-sumber belajar dan inspirasi-pun dapat kita akses dengan fasilitas yang sama dan dengan biaya yang sangat murah. Hal ini lah yang saya manfaatkan sebaik mungkin dalam proses belajar menjadi pemimpin yang lebih baik dan inovator yang lebih kreatif.

Disini saya ingin berbagi 10 sumber inspirasi terbaik menurut versi saya tentang kepemimpinan dan inovasi sosial. 10 sumber ini menyediakan informasi, knowledge,dan ide-ide kreatif yang sangat resourceful sekaligus insightful untuk mengakselerasi kita menjadi pemimpin dan inovator yang lebih keren lagi. Saya harap ada ribuan bahkan jutaan anak muda yang memanfaatkan sumber-sumber ilmu yang murah tapi luar biasa ini, sebagai awal mewujudkan cita-cita kita melahirkan satu juta pemimpin baru untuk Indonesia. Silahkan sebar dan kabarkan sumber-sumber inspirasi terbaik ini kepada teman-teman dekat kita! 

Inilah 10 Sumber Ilmu favorit tentang Kepemimpinan, Manajemen dan Inovasi (diurutkan berdasarkan alphabet):


Fast Company berisi tulisan-tulisan tentang inovasi dalam teknologi, kepemimpinan, desain, dan ethonomics. Artikel-artikel yang ada didalamnya ditulis oleh para pemimpin bisnis yang memiliki ide-ide progresif untuk kita yang ingin atau dalam proses menciptakan organisasi/bisnis yang lebih kekinian. Fitur keren yang ada di dalam Fast Company ini antara lain: Co.Design, Co.Exist, dan Co-Create. Dari web ini saya juga bisa belajar tentang trend inovasi saat ini di dalam dunia bisnis, yang pastinya relevan juga untuk social innovation sector, sehingga bisa saya aplikasikan di organisasi atau proyek-proyek yang saya lakukan. 

Fora.tv 

Fora.tv menyediakan koleksi video-video konferensi dan event yang diselenggarakan di berbagai tempat di dunia. Fora.tv melakukan ini karena ia menyadari bahwa banyak konferensi dan event yang idenya sangat bagus, tetapi hanya bisa diakses oleh orang-orang yang datang pada acara tersebut. Oleh karena itu ia ingin berbagai ide tersebut dapat diakses oleh lebih banyak orang melalui websitenya. Koleksinya adalah video-video tentang bisnis, teknologi, lingkungan, dsb. Memang untuk akses penuh, berbayar. Tapi dengan fitur gratis-pun, kita sudah bisa mengambil manfaat banyak darinya.


Foundation Strategy Group (FSG) merupakan perusahaan konsultan yang memiliki fokus untuk menemukan cara-cara inovatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Di salah satu fitur Knowledge Exchange-nya FSG, para pembaca dapat mengakses secara gratis berbagai riset, publikasi, dan ide-ide FSG. Bagi para penggerak organisasi yang memiliki misi sosial, berbagai resources dari FSG ini wajib dimanfaatkan!


Harvard Business Review (HBR) menjadi salah satu majalah paling populer tentang dunia bisnis dan manajemen. HBR mempublikasikan riset, artikel, dan ide pada topik-topik sekitar organisasi, kepemimpinan, manajemen, dsb. Di dalamnya juga terdapat koleksi interview dengan pemimpin bisnis-bisnis ternama dan penulis-penulis buku bisnis terlaris. Diantara ke-10 sumber favorit yang ada dalam artikel ini, HBR adalah situs yang paling sering saya kunjungi.


Knowledge @ Wharton, sejenis dengan HBR, mempublikasikan riset, artikel, dan ide tentang inovasi, change management, keuangan, pengelolaan teknologi, hingga etika bisnis. Wharton merupakan salah satu business school terbaik di AS, tempat seperti Donald Trump atau kalau di Indonesia Wakil Presiden Boediono belajar. Meskipun secara layout web ini kurang begitu atraktif, tapi kontennya bagus-bagus.


McKinsey on Society adalah kumpulan insights dari McKinsey&Company berkaitan dengan isu-isu sosial. Sebagaimana yang telah sebagian kita ketahui tentang McKinsey sebagai consulting firm kredibel, web McKinsey on Society ini menyajikan pandangan dan solusi kreatif untuk berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Web ini harus dikunjungi bagi para social innovators dan penggerak non profits. 


Apa itu PSFK mungkin bisa direfleksikan dari tagline website ini: “PSFK is the go-to source for new ideas and inspiration for creative professionals.” Saya biasa berkunjung ke website ini untuk mengetahui tren terbaru di industri desain, digital, pemasaran, media dan teknologi. Pertama kali saya berkunjung di web ini adalah ketika saya membaca report tentang The Future of Work, yang menurut saya cukup insightfulprediksi-prediksinya tentang bagaimana kantor, pekerjaan, dan struktur organisasi masa depan. Mari, jadi pemimpin dengan pandangan satu langkah lebih depan.


Skilledup merupakan platform online yang menyediakan online courses bagi siapa saja yang ingin menambah skills-nya sehingga bisa menjadi professional yang lebih bernilai. Kursus yang disediakan sangat bervariasi, mulai dari Photoshop hingga leadership, dari HTML sampai filsafat. Beberapa kursus berbayar, tatapi ada banyak juga yang gratis. Melaui Skilledup ini, kita bisa menjadi pemimpin atau inovator yang tidak sekedar generalist, tapi juga memiliki spesialisasi core competence.


Apabila HBR adalah web yang paling sering saya kunjungi, web Stanford Social Innovation Review (SSIR) adalah web yang paling saya sukai atau paling favorit bagi saya. SSIR menyediakan artikel-artikel bagi para pemimpin perubahan sosial di sektor non-profit, bisnis, maupun pemerintahan untuk isu-isu seperti lingkungan, sosial, dan ekonomi. Salah satu fitur yang paling saya sukai adalah podcasts yang berisi interview dengan berbagai inovator berprestasi di dunia. Saya yakin, berbekal ilmu yang kita dapat di SSIR ini, kita akan mampu berkarya dengan lebih efektif dan inovatif. 

TED

Web TED adalah web yang sering membuat saya tercengang-cengang ketika melihat koleksi video-video didalamnya. TED merupakan non profit yang berkomitmen padaideas worth spreading. Ia mengundang berbagai pembicara yang memiliki ide-ide dan aktivitas-aktivitas kreatif dan non mainstream yang ada di dunia untuk berbicara di acaranya. Saya menikmati berbagai video koleksinya untuk memberikan perspektif baru untuk suatu topik atau isu tertentu. Satu lagi, kita dapat menikmati kesemuanya dengan gratis! 

Demikian 10 Sumber Ilmu Favorit tentang Kepemimpinan, Manajemen, dan Inovasi menurut versi saya. Saya yakin apabila lebih banyak anak muda Indonesia yang memanfaatkan sumber-sumber ilmu yang kaya ini, semakin banyak pemimpin-pemimpin dan inovator-inovator baru yang akan kita lahirkan. Dengan semakin banyaknya pemimpin dan inovator muda di sekeliling kita, berbagai permasalahan di Indonesia akan lebih cepat dan efektif diselesaikan. Oleh karena itu, bantu sebarresources ini kepada teman-teman terdekat kita lewat social media, cara yang paling murah dan mudah. Mari kita bantu lahirnya semakin banyak #FutureShaper di sekeliling kita! Dan apabila Anda punya sumber favorit versi Anda sendiri, bisamention saya di @GhufronMustaqim untuk berbagi link. 



#FutureShaper adalah program dari Forum for Indonesia yang merupakan edisi tulisan-tulisan tentang kepemimpinan dan manajemen. Edisi ini ditulis untuk menjadi salah satu bahan inspirasi dan diskusi bagi teman-teman yang ingin mengawali petualangan menjadi pemimpin di lingkungan kita masing-masing.

@FutureShaperID | @forumforID | @GhufronMustaqim


Artikel ini juga bisa dibaca di sini
Post ADS 1
Banner
Banner