Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Blusukan Pemimpin Islam

Istilah gaya blusukan yang di perkenalkan oleh gubernur jakarta Joko Widodo atau yang lebih di kenal dengan Jokowi sebenarnya sudah diaplikasikan oleh pemimpin-pemimpin islam pada zaman kenabian, contohnya saja Umar bin Khatab, setiap malam Umar selalu melihat nasib kaumnya, pernah suatu ketika ia membantu persalinan seorang wanita di sebuah tenda dan memberikan perahaan susu ke wanita tersebut. Hal ini dilakukannya agar rakyatnya mendapatkan kecukupan yang merata.

Di Indonesia sistem ini belum terlalu di aplikasikan, pamerintah terlalu sibuk dengan program-program yang mereka rencanakan dan hanya dengan meminta bantuan badan survey pemerintah bisa mendapatkan hasilnya secara cepat apakah program itu berhasil atau belum. Padahal sistem blusukan adalah sistem yang sangat efektif dan aplikatif jika digunakan pemerintah terutama pemimpin-pemimpinnya untuk mengetahui realita keadaan rakyatnya. Walaupun belum all out, tapi tindakan kecil seperti itu bisa memberikan kepercayaan rakyat kepada pemerintah dan pemerintah akan lebih transparan kepada rakyatnya.


Fitriana Nugraheni (Universitas Brawijaya) | @fitriananugrahe

Artikel yang sedang Anda baca saat ini merupakan salah satu kontribusi karya tulis yang dikirimkan ke redaksi Pena Aksi. Ingin berpartisipasi? Ikuti petunjuknya di sini.

Post ADS 1