Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hello!

Assalammu’alaikum bro-sis!


Entah kenapa pengurus PenaAksi[dot]com menyuruh saya untuk mengisi rubrik ini. Walau agak keberatan di awalnya, namun saya terima ini sebagai tantangan untuk meningkatkan produktivitas saya dalam menulis dan berbagi. Rubrik ini akan muncul setiap seminggu sekali, rencananya sih bakal ngomongin tentang dunia entrepreneur, fokus ke Start Up & UMKM (Usaha mikro, kecil, menengah). Ngomongin apa aja? banyak hal!

Di rubrik ini kita belajar bersama, berbagi bersama. Tidak ada guru tidak ada murid, yang ada adalah sahabat berbagi. Sangat ditunggu juga ilmu, inspirasi, dan motivasi dari temen-temen semua. Kita akan coba melahirkan interaksi, diskusi-diskusi, dan obrolan yang seru dan subtansi. Mungkin bisa juga nanti diadakan kopdar, biar makin cihuy!

Ngomongin dunia entrepreneur, kita harus siap untuk berlumuran darah. Kalau ngomongin enaknya, itu nanti saat kita sudah berhasil melewati labirin yang jumlahnya banyak banget.Tahu bayi kan? Bayi sebelum dapat hidup di dunia ini, ia akan berusaha keras bersama bundanya agar dapat hidup di dunia ini. Saat berhasil hidup, bayi itu pasti berlumuran darah. Seperti itulah jalan entrepreneur, awalnya akan selalu berlumuran darah. Tidak ada keberhasilan yang instan, bahkan mie instan pun perlu proses tiga menit untuk siap dihidangkan.

Salam pembuka ini akan saya tutup dengan sebuah quote dari Steve Jobs:

“Waktu hidupmu terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan hidup dari kehidupan orang lain. Jangan terperangkap dalam dogma - yang merupakan hasil dari pemikiran orang lain. Jangan biarkan suara berisik dari opini orang lain menenggelamkan suara hatimu. Dan yang paling penting, miliki keberanian untuk mengikuti hati dan intuisimu. Mereka (hati dan intuisimu) entah bagaimana caranya mengetahui kamu ingin menjadi seperti apa. Yang lainnya adalah prioritas kedua.”[The Wall Street Journal. 1993]

Yap, ikuti hati dan intuisimu. Tidak semua orang harus jadi pengusaha atau berada dalam jalan entrepreneur, tapi kalau kamu memang ada passion di dunia Start Up/UMKM ini, yuk gabung! kita sama-sama bekerja keras untuk meraih impian-impian kita.

Buat Kamu yang ingin konsultasi, bisa kirim pertanyaan ke penaaksi@mail.com , dengan subjek ‎ #KonsultasiBisni‬s
Muhammad Maula Nurudin Alhaq
| CreativePreneur | Digital Marketing Enthusiast | Little Muslim | Urban Qurban
Post ADS 1