Ide Bisnis adalah Sampah

Mungkin judul di atas agak mengesalkan ya? Apalagi bagi kamu yang punya banyak banget ide cemerlang. Saya juga kesel lho bacanya, padahal saya yang menulis artikel ini. Yap, tapi kenyataannya memang begitu. Inilah penyakit dari kita yang baru mulai dalam berwirausaha: merasa ide kita adalah ide bisnis terbaik di dunia, padahal sampah.

Tunggu, kenapa dibilang sampah?

Dalam sebuah artikel HBR (Harvard Business Review) edisi Mei 2013 disebutkan kalau kegagalan startup secara umum pada semua bidang kegiatan di Amerika Serikat adalah sekitar 75%. Bayangkan 75%! Itu angka yang besar kan? Nah, dari sanalah kita seharusnya berkaca ternyata 75% Startup itu gagal, apakah termasuk kita yang ada di Indonesia?

Ide didapat dalam ruang ide yang berada dalam diri kita sendiri, dan kebanyakan pelaku startup menggunakan ruang ide itu dengan egonya saja, ia tidak melihat realita yang ada, nama kerennya: Naif (bukan band ya!). Realita yang ada sebenarnya bisa diartikan ‘kebutuhan konsumen’. Ya dong, kalau kamu bisnis harus tau dulu kebutuhan konsumen, jangan kamu bisnis karena keinginan/ego kamu saja, siapa yang mau beli kalau kamu nggak tau apakah ada kebutuhan di sana? itu sama aja bunuh diri.

Akhirnya ide bisnis itu harus divalidasi! Ya, ia harus diuji dulu dengan beberapa variable untuk mengetahui bisnis ini layak atau tidak sebelum dilempar ke pasar. Paling mudah sih dari bertanya “Apakah ada yang mau beli produk gue?”, pertanyaan ini kan untuk menjawab pertanyaan konsumen “Ada yang jual alat ini nggak ya?”, riset kecil-kecilan aja tentang kebutuhan konsumen. Tanyain aja ke orang-orang terdekat, kalau rata-rata mau beli produk kamu berarti ide bisnis kamu termasuk oke. Selanjutnya silahkan validasi kelayakan lainnya lewat aspek pemasaran, keuangan, dan lainnya.

Yap, ide bisnis itu sampah jika tidak divalidasi. Ingat harus divalidasi! jangan bisnis karena ego/keinginan kamu sendiri… sayang uang, tenaga, dan waktu kamu lho, bakal banyak keluar untuk hal yang sebenarnya bisa kamu tangani di awal kalau divalidasi. Oiya, ide bisnis yang tervalidasi itu ternyata juga sampah lho… kenapa? Yap, ide bisnis tervalidasi itu juga sampah jika tidak dijalankan. Hehe.

Selamat memvalidasi ide bisnisnya dan jika oke segera jalankan yak!
Muhammad Maula Nurudin Alhaq
| CreativePreneur | Digital Marketing Enthusiast | Little Muslim | Urban Qurban

Buat Kamu yang ingin konsultasi, kirim pertanyaan ke penaaksi@mail.com , dengan subjek ‎ #KonsultasiBisni‬s

Post ADS 1
Banner
Banner