Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekan Ilmiah Fisika 2013


Serangkaian acara Pekan Ilmiah Fisika (PIF) 2013 sebentar lagi dimulai. Opening untuk Galileo Competition dan Einstein Competition akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2013. Sebelum opening dimulai, PIF 2013 perlu mengadakan Technical Meeting untuk para peserta berbagai kompetisi PIF yang telah dilaksanakan Sabtu, 28 September 2013.

Registasi peserta PIF 2013 telah dibuka tepat pada pukul 08.00 WIB. Para peserta yang telah membayar uang pendaftaran kompetisi PIF melalui transfer bank dapat ditukar dengan kwitansi PIF dan juga peserta yang membayar uang pendaftaran kompetisi PIF on the spot, juga dapat dilakukan saat registrasi ulang peserta. Para peserta yang hadir pada Technical Meeting cukup banyak mengingat Technical Meeting untuk peserta sangatlah penting. Techinical Meeting tidak dihari oleh peserta yang dari luar daerah Jakarta. Namun, hasil Technical Meeting dapat dilihat oleh peserta yang tidak hadir di web resmi PIF 2013.

Tepat pukul 09.00 WIB, Technical Meeting dibuka oleh Desy Rakhmawati dan Enrico selaku MC, tidak lupa dengan pembacaan tilawah oleh M Romy Noval. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ridho Akbar Bintoro selaku Ketua Pelaksana PIF UNJ 2013 dan Adhi Kusumadjati selaku Ketua BEMJ Fisika UNJ. Akhirnya Technical Meeting resmi dibuka. Presentasi mengenai perlombaan yang ada di PIF UNJ pun dimulai. Diawali dengan presentasi mengenai Galileo dan Einstein Competition, dijelaskan mengenai sistematika perlombaan, peraturan perlombaan, waktu dan tempat perlombaan, serta finalisasi dan penentuan pemenang. Selanjutnya presentasi mengenai MTC Competition, dijelaskan mengenai sistematika perlombaan, ada 2 kategori pada MTC Competition; terjauh dan tercepat. Panitia hanya menyiapkan jebakan tikus, sementara rangka mobil-mobilan lainnya disiapkan dan dirakit langsung di tempat perlombaan. Kemudian presentasi mengenai Optic Competition dan Mading 3D Competition dengan penjelasan mengenai hal yang sama seperti pada presentasi-presentasi sebelumnya.

Selanjutnya Sitti Ghaliyah dari Tim HUMAS bersama dengan Ari Wijaya dari Tim ACARA memimpin musyawarah mengenai batasan maksimal tim yang akan didaftarkan dari masing-masing sekolah pada tiap perlombaan. "Apakah tetap diberi batasan maksimal 2 tim saja atau diperbolehkan mendaftarkan sebanyak-banyaknya tim untuk masing-masing perlombaan?" Dari beberapa pendapat yang diajukan oleh peserta dan bapak/ibu guru pendamping, pada akhirnya diputuskan bahwa panitia akan tetap menetapkan peraturan awal, yaitu dari masing-masing sekolah hanya boleh mendaftarkan maksimal 2 tim saja untuk tiap perlombaan.

Kemudian diadakan sesi tanya-jawab mengenai perlombaan-perlombaan yang telah dipresentasikan. Semua peserta maupun bapak/ibu guru pendamping berhak bertanya, yang kemudian dijawab dan dijelaskan kembali oleh Ari Wijaya. Setelah sesi tanya-jawab, pengesahan draft peraturan seluruh perlombaan ditandatangani oleh Ridho Akbar Bintoro selaku ketua pelaksana dan salah satu peserta PIF 2013.

Setelah pengesahan dilakukan, acara Technical Meeting kembali ditutup oleh MC pada pukul 10.45 WIB. Terima kasih kepada para peserta yang telah hadir Technical Meeting PIF 2013. Selamat berkompetisi! Sukses membawa nama baik dan kebanggan dari masing-masing sekolah.

Thinking and Having Fun With Physics.
Post ADS 1