Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiar Anwar Bachtiar - Sejarah dan Identitas Pemuda


Penaaksi.com - Sejarah Menjadi sangat penting, karena alat untuk mengenal identitas kita. jika sekarang anak muda islam dilupakan dengan sejarah islamnya.pasti ia akan kehilangan identitas keislamannya.

semua hal ini disebabkan karena kebutaan mereka tentang sejarah islam. faktor lainya adalah sejarah- sejarah umat islam justru ditulis bukan oleh umat islam. hingga keberpihakanya terhadap islam sangatlah sedikit.

sehingga yang harus dilakukan oleh pemuda islam saat ini adalah membangun kecintaanya terhadap islam. selain itu pemuda islam juga memulai riset-riset sejarah islam dengan cara pandang yang benar dan professional.

kedepanya hasil riset tersebut akan membuat peta perkembangan sejarah islam akan berpihak kepada umat islam. karena selama ini keberpihakan sejarah kepada umat islam masih sangat jauh. makanya sangat wajar kalau umat islam itu dalam sejarah indonesia itu kelihatanya tersisih, contohnya lebih berharga umat hindu daripada umat islam, lebih berharga candi borobudur daripada masjid istiqlal. ini adalah kenyataan yang kita hadapi.

tugas anak muda dimasa yang akan datang adalah bagaimana mengubah paradigma sejarahnya. Selain itu juga melakukan riset-riset sejarah dan menulis novel dengan latar belakang sejarah Islam.



Baca Serial #MudAksi lainya pada link berikut : disini
Post ADS 1