Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Muda Kaltim: Generasi Pelopor Perubahan


Berawal dari sebuah mimpi yang hadir dalam benak pemuda terbaik Balikpapan yang berhasil menjadi delegasi dalam acara Indonesian Youth Conference (IYC) di Jakarta. Muncullah sebuah gerakan sosial yang tercipta sebagai hasil dari perenungan mimpi mulia yakni ingin memberdayakan anak-anak muda di Kota Balikpapan. IMKaltim diresmikan tanggal 21 Desember 2012. Disinilah tempat bersatunya pemuda-pemuda terbaik dari Kalimantan timur. Suatu gerakan sosial yang bertujuan membangun awareness (kesadaran) masyarakat di Kaltim khususnya di Balikpapan bahwa akan lahir gerakan anak muda (komunitas) yang tidak hanya eksis tapi dapat menjadi media bagi mereka yang ingin mengaktualisasikan potensi dan tentunya menjadi pioneer of change di provinsi dan kota mereka. Gerakan ini memulai untuk membuat perubahan dengan melakukan pendekatan kepada anak-anak muda Kaltim dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada hari ini. IMKaltim memiliki target pemberdayaan anak muda berpotensi, caranya dengan memberikan inspirasi positif ke mereka melalui media sosial. Karena media sosial itu dapat berpengaruh baik jika kita menggunakannya dengan benar. Dan muncullah ide pembuatan website dan media2 sosial lainnya (Twitter, fanspage, youtube dan Instagram) utk IMKaltim. 

IMKaltim ini bisa menjadi media diskusi teman-teman dari berbagai kalangan yg mau mendiskusikan suatu isu. Di web IMKaltim kita akan dapat menemukan kegiatan2 IMKaltim. IMKaltim sendiri terdiri dari 2 jenis program yakni, Program external dan internal. Program internal adalah program yang dibuat oleh IMKaltim sendiri. Sedangkan program external adalah  program kolaborasi bersama organisasi-organisasi lain dari Balikpapan maupun luar Balikpapan. Selain IMKaltim melakukan aksi nyata, lagi dan lagi the power of media social. Kalangan anak muda jaman sekarang ga lepas dari gadget yg hampir semua dari mereka menggunakan media social, nah itu lagi gimana IMKaltim memberikan contoh dan menjadi pelopor utk tmn2 muda ga menyalahgunakan teknologi dan media social.

Walaupun umur dari IMKaltim masih terbilang muda, namun organisasi ini sudah mempunyai jaringan yang luas. Diantaranya IMKaltim pernah berkolaborasi dengan Parlemen Muda pada bulan september 2013. Ada juga program kolaborasi dengan MSI dalam roadshow dan screening film anti corruption. Dan tak ketinggalan IMKaltim juga berkolaborasi dengan BBC Indonesia dalam talkshow GET INSPIRED yang baru saja adakan di Balikpapan. Untuk di Balikpapan IMKaltim  telah berkolaborasi dengan teman-teman dari Green Generation yang concern dalam penghijauan kota Balikpapan dengan aksi menjadikan sekolah-sekolah adiwiyata. Selain itu, tak ketinggalan IMKaltim juga berkolaborasi dengan FON, Forum Osis Nusantara, dan memberikan dukungan untk teman-teman FAB (Forum Anak Balikpapan).

Website IMkaltim ini juga bisa langsung terhubung ke blog IMKaltim. Blog itu isinya tulisan-tulisan menginspirasi dari pengurus atau anggota, dan juga highlight dari kegiatan IMKaltim. Teman-teman yang ingin bergabung dg IMKaltim tapi domisili diluar balikpapan bisa menjadi kontributor. Kalian bisa memberikan masukkan-masukan tentang program-program IMKaltim dan apa aja yg seharusnya IMKaltim lakukan untuk masa depan pemuda.

Program-program IMKaltim?
Ada Kelas Insirasi Balikpapan. Kelas Inspirasi ini adalah program dari Indonesia Mengajar, fasilitatornya adalah teman-teman IMKaltim yang menjadi volunteer Indonesia Mengajar. Pernah juga IMKaltim membuat program membersihkan pantai bersama teman-teman dari seluruh kota Balikpapan. Ada juga niih yang kece banget, #RumpiCerdas adalah program dari IMKaltim secara virtual bersama teman2 berprestasi di Kaltim. Kegiatan-kegiatan IMKaltim bisa di liat di fanpage FB Inspirasi Muda Kaltim
IMKaltim pernah berkolaborasi dengan siapa saja?


Kalo di Balikpapan dengan Green Generation, Forum Osis Nusantara, Forum Anak Balikpapan, Balikpapan Menyala, Kelas Inspirasi Balikpapan, dan teman-teman indivdual dari Balikpapan. Kalo kolaborasi dari luar Balikpapan, pernah kolaborasi dengan Transparency International Indonesia, Enggage Media, Management System International, KPK, Indonesian Future Leaders (Parlemen Muda), BBC Indonesia

Siapa saja yang boleh bergabung dengan IMKaltim?

Pengurus dan anggota IMKaltim yang beragam. Mulai dari anak-anak muda yang umurnya belasan tahun sampai dengan 22 tahun dari berbagai kalangan. Ada yg masih SMP, SMA, kuliah dan kerja. Untuk pengurusnya sendiri yg paling muda itu dari SMP. 

Pesan dari IMKaltim untuk anak muda Indonesia?
Satu hal yang team IMKaltim yakini sampai saat ini adalah : kami sedang bermimpi dan menggantungkan harapan kami untuk provinsi dimana kami dilahirkan,  untuk itu kami berlari, belajar dan terus mengejar mimpi itu dengan proses panjang telah kami lalui sejak pertengahan Juli 2012 hingga detik ini. Bahwa republik ini membutuhkan kita sebagai pemuda yang peduli dengan keadaan negara kita tanpa harus terus mengkritik. Sudah saatnya kita membuktikan dan berkontribusi dengan kapasitas masing-masing. Tanya pada diri kita,  apa yang telah kita berikan untuk negeri ini?

Untuk kalian, pemuda diseluruh nusantara, gunakan kesehatan kalian untuk berbuat hal yg positif, untuk membuat perubahan yang nantinya akan menjadi bahan perbincangan dan kenangan luar biasa senusantara. kalo kata Pandji itu cuma ada 2 jenis anak muda, Anak muda yang membuat perubahan atau anak muda yang menuntut perubahan. nah, refleksikan diri kalian utk menjadi salah satu nya. Salam yang muda yang menginspirasi!!

Acara terdekat yang akan dilaksanakan IMKaltim?
Akan ada program di bulan februari, tapi masih progressing dan surprise. So, jangan lupa ya selalu terkoneski dengan media social IMKaltim, seperti twitter, fanspage, website dan instagram @IMKaltim untuk update kegiatannya :D

More info cek:
http://www.inspirasimudakaltim.org/ | @IMKaltim
https://www.facebook.com/inspirasimudakaltim

Rep : Achy @Ayuuchyntia 
Red : Muhammad Ihsan @ihsanamuslim
Post ADS 1