Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Walau Hanya Segelas Air


Diceritakan oleh Thabit al-Banani bahwa Abdullah ibn Mutraf meninggal dunia. Kemudian ayahnya muncul di tengah orang-orang dengan mengenakan pakaian yang bagus serta memakai wangi-wangian. 

Orang-orang merasa kesal dan berkata kepadanya, “Abdullah meninggal dunia dan kamu berbuat (berpakaian) seperti ini?”

“Apakah saya harus merasa susah?” jawabnya. “(Sementara) Allah telah menjanjikan kepada saya tiga hal yang semuanya sangat tinggi nilainya bagi saya. Allah berfirman: (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, ’Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.’ Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna (shalawat) dan rahmat (rahmah) dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk (muhtadun) (QS al-Baqarah [2]: 156-157).”

Kemudian ia melanjutkan, ”Sungguh saya akan mengganti (menebus) apa pun yang diambil dari saya di dunia ini untuk saya dapatkan balasannya di akhirat kelak, walaupun (yang hilang) itu hanya segelas air.” (Diambil dari Mukhtasar Minhajul Qashidin karya Ibn Qudamah al-Maqdisi)

Kalau ada milik kita yang hilang, janganlah mengeluh atau marah. Allah sudah menyiapkan gantinya untuk kita. Ucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un dan mintalah kepada Allah ganti yang lebih baik. Allah tidak akan melalaikan apa yang dijanjikan-Nya.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Alwi Alatas ||| Seorang Penulis lebih dari 20 buku diantaranya adalah serial pahlawan "Al Fatih","Tariq bin Ziyad","Nurudin Zanki". | saat ini sedang studi doktoral di IIUM. Buku terbaru beliau disini

Red : Ihsan

Post ADS 1