Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerja Bakti, Bukti Bakti Kami Kepada Negeri


Penaaksi.com - Setelah sukses dengan penerbitan buku inspiratif yang dilaunching oleh Prof. Anies Baswedan, Ph.D, dan pengiriman perwakilan mahasiswa ke pertukaran kebudayaan di Malaysia, UTY Student Development kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Kerja Bakti di Dusun Banombo, Kelurahan Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 1 Maret 2014 lalu. 

Kerja Bakti merupakan kegiatan terbesar yang diselenggarakan UTY Student Development Program pada tahun ini. Kegiatan Kerja Bakti terdiri dari beberapa acara, yaitu: Dare to Win, Kelas Integritas, Mega Bazaar, dan Penyerahan Bantuan. Pada kesempatan ini, UTY Student Development Program menggandeng Forum Mahasiswa Bidikmisi UTY, Komunitas Peduli Sesama UTY, dan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam pelaksanaannya.

Bertempat di SD Negeri Banombo, acara pembukaan dimulai pukul 09.00 WIB. Mengangkat tema utama Bersama Kita Keluarga, Pelaksanaan Grand Opening Kerja Bakti menarik banyak minat masyarakat untuk menyaksikan. Pada acara ini hadir pula mengisi pembukaan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Ketua Komite & Kepala Sekolah SD Negeri Banombo, serta Kepala Kelurahan Pucanganom. Tidak kurang dari 300 warga datang dan ikut serta meramaikan. Bertugas sebagai MC acara adalah Titik Agustiyani. Pembukaan acara secara resmi diawali dengan penyematan bagde KPK oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul kepada Ketua Panitia, Tutut Apriyani.

Memasuki acara berikutnya yaitu Dare to Win, rangkaian lomba yang ditujukan kepada murid PAUD, TK & SD Banombo. Dare to Win terdiri dari 3 rangkaian lomba. Pertama, lomba mewarnai kaos kejujuran untuk murid PAUD yang kemudian dikenakan oleh seluruh peserta. Tujuan diadakannya sub kegiatan ini untuk memupuk jiwa kejujuran sejak kecil. Kedua lomba menyanyi yang di peruntukkan siswa kelas 1-3 SD, bertujuan melestarikan lagu daerah agar terjaga. Mengingat lagu daerah kini tergantikan oleh lagu-lagu yang tidak mendidik. Terakhir adalah lomba cerdas cermat pengetahuan umum yang ditujukan untuk siswa kelas 4-6 SD.

Di lain tempat, diadakan pula kegiatan Mega Bazaar. Acara yang bertujuan agar mahasiswa memiliki grass root understanding ini terdari dari 2 kegiatan, bazaar pakaian dan sembako. Pada bazaar sembako, panitia menyediakan 200 lebih paket sembako untuk warga miskin di 3 dusun pada Kelurahan Pucanganom. Pada mega bazaar ini, Panitia mendapatkan hasil penjualan lebih dari Rp 2.300.000,-

Acara dilanjutkan dengan Kelas Integritas. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kejujuran kepada siswa PAUD, TK & SD Negeri Banombo melalui film kartun milik Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru dirilis akhir tahun lalu. Suatu kebanggaan karena film Sahabat Pemberani pertama kali untuk khalayak umum, selain di KPK. Pada kesempatan itu pula dibagikan puluhan buku dongeng, tumbler, puluhan gantungan kunci & sticker kejujuran, dan ratusan handbook pengertian korupsi bagi anak-anak.

Kegiatan berakhir pada pukul 15.00, yang ditutup secara simbolis oleh Kepala SD Negeri Banombo & Kepala Dusun Banombo. Dalam kesempatan itu Kepala SD Negeri Banombo berharap panitia tetap terus menjalin silaturrahim dengan pihak Dusun Banombo & kerja bakti yang diadakan tidak berhenti sampai disitu. Ia juga menuturkan bahwa organisasi kemahasiswaan yang mengadakan acara sebesar itu di SD Banombo hanya dari Panitia Kerja Bakti, maka dari itu Ia mengucapkan terima kasih. Dalam penutupan, Panitia menyerahkan bantuan uang tunai sejumlah hasil bazaar, 80 Al Qur’an, dan 80 Buku Iqro’. Kegiatan Kerja Bakti kali ini diliput secara langsung oleh Kanal KPK melalui streaming di web resmi KPK. 
Post ADS 1