Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari ini indah, tapi …

Penaaksi.com - Seorang anak yang buta kedua matanya duduk di tepi jalan. Di dekat kakinya tergeletak sebuah topi dalam keadaan terbalik dan sebuah tanda bertuliskan: “Saya buta, tolong bantu.” Ada sedikit koin di dalam topi itu.

Seorang lelaki berjalan melalui jalan itu dan berhenti sebentar di depan anak tersebut. Ia mengeluarkan beberapa koin dan meletakkannya di dalam topi. Ia kemudian membalik tanda yang dibawa anak itu dan menuliskan kata-kata yang baru. Setelah itu, ia pun pergi meninggalkan tempat itu.

Tak lama kemudian, topi itu mulai terisi penuh. Banyak orang yang lewat di tempat itu mengeluarkan dompetnya dan menyisihkan sebagian uang yang dimilikinya untuk diletakkan di dalam topi tersebut. 

Pada petang harinya, lelaki yang mengubah tanda tersebut datang kembali ke tempat itu. Anak yang buta tadi mengenali langkah-langkah kaki lelaki itu. “Bukankah anda yang tadi pagi mengubah tanda yang saya bawa? Apa yang telah anda tuliskan sehingga orang-orang tergerak untuk meletakkan uang di topi saya?”

Lelaki itu menjawab, “Saya hanya menuliskan kebenaran. Saya menuliskan hal yang sama dengan yang ada di tanda itu, tetapi dengan cara yang berbeda.”

Tulisan yang baru itu berbunyi: “Hari ini indah, tetapi saya tak boleh melihatnya.”

Anda tahu mengapa orang-orang tergerak untuk membantu anak itu? Ya, tulisan itu mengingatkan pada nikmat yang ada pada diri mereka sendiri, yaitu nikmat penglihatan. Karena itu, mereka pun merasa bersyukur dan tergerak untuk bersedekah membantu anak yang buta itu. (diceritakan kembali dari http://www.islamcan.com/islamic-stories/did-you-thank-allah-for-your-eyesight.shtml)

Hidup ini memang indah. Hari-hari yang kita lalui sebagian besarnya indah dan kita dapat melihatnya. Alhamdulillah. 

Jika kita masih memiliki penglihatan, banyak-banyaklah bersyukur. Ingatlah, ada orang lain yang buta matanya dan tak bisa melihat berbagai keindahan yang kita lihat.

Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur. (QS. 23:78) 


Alwi Alatas
Post ADS 1