Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERINGATAN 100 TAHUN PROF. H. M. RASJIDI

Peran Prof. H. M. Rasjidi dalam Dakwah di Indonesia

Haji Mohamad Rasjidi (lahir di Kotagede, Yogyakarta, pada 20 Mei 1915 dan meninggal pada 30 Januari 2001 di Rumah Sakit Islam Jakarta) adalah Menteri Agama Republik Indonesia yang pertama, yang diangkat pada tanggal 3 Januari 1946 berdasarkan maklumat Pemerintah Republik Indonesia tentang berdirinya Kementerian Agama RI.


Beliau adalah Ketua Diplomatik RI pertama yang mengikuti utusan diplomat Mesir yang berkunjung ke Ibukota Yogyakarta pada tahun 1947. Saat blokade Agresi Militer Belanda diperketat, rombongan diplomat Indonesia menembus dengan mengikuti pesawat diplomat Mesir yang berangkat menuju negara-negara Arab. Maka lahirlah perjanjian dengan Belanda, yaitu Konferensi Meja Bundar yang diakui oleh dunia Internasional.

Beliau pernah diminta oleh dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Dr. Subekti, untuk mengajar mata kuliah Hukum Islam. Kemudian pada 20 April 1986, beliau ditetapkan sebagai guru besar bidang Hukum Islam dan Lembaga-Lembaga Islam dengan pidato pengukuhan berjudul Islam di Indonesia di Zaman Modern.

Waktu
Jum'at, 5 Juni 2015/17 Sya'ban 1436
13.00 - 16.00

Tempat
Auditorium Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia

Pembicara
1. Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie
(Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu | Binaan Prof. H. M. Rasjidi)

2. Prof. Dr. Ibnu Hamad
(Guru Besar Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UI | Anggota Bidang Kajian Islam dan Ilmu Pengetahuan Masjid UI)

3. Adnin Armas, M.A.
(Direktur Eksekutif INSISTS)

Moderator
(Ketua PP Pemuda Persis | Mahasiswa Program Doktoral Sejarah UI)

Format Pendaftaran
Nama_Instansi_Alamat Email
Kirim SMS ke 0878 9590 6776 (Nana)

Bagi 50 pendaftar pertama akan mendapatkan buku KOREKSI TERHADAP DR. HARUN NASUTION tentang "Islam ditinjau dari berbagai aspeknya" karya Prof. H. M. Rasjidi.

Acara ini didukung oleh



Post ADS 1