Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Bacaan Hasil Berburu di Islamic Book Fair 2016

Saat ini perlu teman-teman ketahui, lagi diadakan Islamic Book Fair 2016 di Istora Senayan 26 Februari - 6 Maret. Book Fair ini merupakan yang terbesar di Indonesia, jadi kamu wajib datang untuk melihat, merasakan, atau ikut serta dalam gairah perbukuan di Indonesia.

Tahun ini buat saya Islamic Book Fair agak berbeda, kalo dulu saya bisa belanja banyak buku untuk stock bacaan satu tahun. kali ini setelah berkeluarga gak banyak buku yang saya beli cuma 6. Berkeluarga mengajarkan saya untuk mampu menahan diri dan mengefisiensikan anggaran yang ada.hehe

Saya mau cerita sedikit tentang buku yang saya beli di Islamic Book Fair kali ini;
  • Buku Pertama yang saya beli adalah Membuat anak gila membaca karya ust Fauzil adhim. Sebagai orang yang juga gemar membaca buku biasanya kerap berdiskusi tentang budaya membaca di Indonesia. kenapa orang lain belum gemar membaca? dst. benar gak? buat kamu yang suka membaca pasti pernah diskusi soal ini. karena inilah saya menjadi tertarik dengan buku karya beliau.

    Buku ini cukup kaya dengan riset dan rujukan literasi lokal hingga asing. ya pokoknya buku ini rekomendasi banget untuk kamu yang mau menularkan virus gila membaca terutama untuk anak kecil, baik anak ataupun adik.
  • Buku kedua yang saya pilih adalah Biografi Sayyid Quthb karya Dr Shalah al Khalidiy. katanya sih ini biografi terbaik tentang Sayyid Quthb, bahkan mendapatkan pujian lanssung dari adik Sayyid yaitu Muhammad Quthb.

    Saya pernah membaca beberapa biografi sayyid Qutbh dan masih kurang puas dengan isinya. Semoga buku ini bisa menjawab ketidakpuasan saya. o iy, untuk yang belum yang kenal beliau, ia adalah Salah Satu Ideolog Ikhwanul Muslimin pasca Hasan Al Banna. namun perlu teman - teman ketahui juga, ia juga menjadi sumber rujukan para gerakan jihad seperti Al Qaeda dan jaringanya. hati - hati baca buku ini y, nanti dikira teroris sama BNPT lagi.hihi
  • buku berikutnya yang saya beli adalah kitab  kuning yaitu  Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syaikh Burhanuddin az-Zarnuji.. kebetulan saya memiliki terjemahan bahasa indonesianya. Beliau Bermadzhab Hanafi, namu kitabnya banyak digunakan di pesantren - pesantren indonesia yang bermadzhab Syafi'i. inilah bukti toleransi antar madzhab di Indonesia.
  • Berikutnya, ini dia buku yang paling murah saya beli, gak sampe 10 ribu rupiah, cuma 6 ribu kalo gak salah. yaitu aqidatul awwam. isi kita ini adalah beberapa bait - bait pokok kalimat dan dibawahnya ada penjelasanya.

    Beli Kedua kitab ini membuat saya merenung, "Gila Kitab SeberGIZI ini, harganya murah banget y, sayang kemampuan bahasa arab rakyat indonesia masih kurang. padahal banyak buku berGizi tinggi karya ulama - ulama hebat yang dapat diakses dengan sangat murah. FYI kedua buku ini harganya gak lebih mahal dari buku Membuat Anak Gila Membaca. keren kan!
  • Kenapa saya beli kedua kitab ini? murni tujuan utamanya untuk memperlancar bahasa arab. kalo bisa paham isinya lebih baik lagi. hehe. mudah-mudahan bisa lancar, mohon doanya kawan

  • Dua buku terakhir yang saya beli adalah  10 Kuliah Agama Islam Karya ust Adian Husaini, gak usah diceritain lagi y kalo beliau, untuk tantangan dakwah masa kini yang banyak berjibaku dengan perang pemikiran beliau adalah salh satu ulama garis terdepan.
  • Buku satunya lagi adalah dari lembah cita-cita karya Buya Hamka, nah beliau ini adalah Ulama Perjuangan Generasi masa kemerdekaan yang sangat banyak menuliskan Buku.

    Walaupun buku - buku yang beliau tulis masih menggunakan bahasa pada masanya dan agak susah dicerna oleh kita saat ini, namun nilai yang terkandung masih cukup relevan untuk kita pelajari.

    Buku ini ceritanya adalah kuliah agama dan pergerakan kepada dua orang yang beliau bina di padang panjang. nah mau dikader sama buya Hamka? baca buku ini deh, karena materi di buku ini adalah materi kaderisasi beliau kepada kedua pemuda setempat di padang panjang. bedanya kamu baca sendiri materinya, sedangkan kedua pemuda itu disampaikan langsung oleh buya Hamka.
itu dia ke 6 buku yang saya beli di Islamic Book Fair 2016. Jika Sudah ke IBF kira-kira buku aopa aja nih yang kamu beli?
Post ADS 1