Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Mas Tidak Gagah Pergi

Kali ini mau berbagi soal film Ketika Mas Gagah Pergi yang diangkat dari novelnya bunda Helvy Tiana Rosa. Sebagai alumni UNJ Turut bangga beliau adalah dosen UNJ jurusan Bahasa Indonesia, walaupun gak satu jurusan ya tapi masih UNJ juga lah.

Sebelumnya saya sudah mengenal novel ini, walaupun bukan generasi pertama dari novel tersebut, karena yang saya baca adalah novel seri ke-2 nya yang ditambahkan plot cerita ketika mas gagah kembali yaitu "Ketika Mas Gagah pergi dan Kembali". Waktu itu membaca novel ini cukup antusias, walaupun lupa-lupa inget tentang cerita secara keseluruhan, tapi saya cukup kagum sama karakter pemuda yang berdakwah dari bis satu ke bis lainya.

Keren banget bisa dakwah di muka umum, mungkin di eropa sudah biasa datwa on the street, tapi di Indonesia yang mayoritas muslim dakwah jalanan bisa dibilang orang aneh mungkin gila, karena biasanya dakwah itu di masjid bukan di bis.

Kembali lagi ke filmnya, seperti kebanyakan film yang di angkat dari novel, pasti susah banget untuk menggambarkan seluruh isi novel kedalam film, biasanya keterbatasan waktu menjadi tantangan pertama. Film Ketika mas Gagah pergi kurang lebih memiliki masalah yang sama, prolog film yang terlalu lama ditambah dengan aktor yang minim pengalaman dan cenderung kaku dalam akting membuat film ini agak boring dan diluar ekspetasi saya, jadi "tidak gagah" rasanya.hehe. apalagi ending filmnya agak aneh karena tiba- tiba diakhiri dengan trailer mas gagah pergi 2, dan kurang ada klimaksnya lebih terlihat seperti film bingung.hehe.no offense

Beberapa kekurangan di film ini sedikit tertutupi dengan akting Epy Kusnandar cs sebagai preman taubat yang penuh humor. Sebagai film bermuatan dakwah sebenarnya jika dikemas dan dibuat skenario yang lebih keren plus aktor yang lebih berpengalaman mungkin film ini akan memberikan hasil yang beda. bagaimanapun juga ini cuma penilaian saya semata aja, tiap orang boleh punya pendapat yang berbeda. :) Saran saya baca novelnya juga y, bisa minjem teman atau di perpustakaan.


Post ADS 1