Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tebar Qurban 3: Manfaat Sampai ke Desa


Tebar Qurban tahun 1437H adalah tebar qurban yang ketiga, setelah tahun 2014, & 2015 kemudian sempat libur di tahun 2016. Kampung sarjana kembali lagi dengan konsep tebar qurban yang lebih integral dengan program beasiswa kampung sarjana taqwa.

Saya akan menceritakan konsep Tebar Qurban 1 & 2 agar kamu mendapatkan gambaran umum tentang program pembinaan beasiswa sarjana taqwa yang kita sinkronkan dengan program tebar qurban.

Kampung Sarjana fokus utamanya adalah pembinaan pemuda/i melalui beasiswa sarjana taqwa agar mereka menjadi pemimpin yang membangun lingkunganya sendiri. Hal ini selalui menjadi sudut pandang berpikir tim dalam setiap program yang kita buat dan ini juga berdampak pada corak program tebar qurban.

Tebar Qurban 2014


Pada tahun 2014 adalah tebar qurban pertama kampung sarjana disana. Mungkin juga pertama kali setelah bertahun-tahun tidak pernah dilaksanakan qurban di kampung cibuyutan.

Tebar qurban pertama kita melibatkan adik-adik beswan kampung sarjana untuk terlibat dalam penyaluran kepada warga yang kita adakan di gedung madrasahab ibtidaiyah. Mengapa kita libatkan mereka dalam kegiatan penyaluran? tujuanya untuk memberika pengalaman produktif & bermanfaat untuk warga kampung dimana kita tinggal.

Alhamdulillah tahun 2014 ini berjalan lancar dan terkumpul 10 pequrban dalam bentuk 3 Domba dan 1 Kerbau. Seluruh hasil qurbanya Alhamdulillah cukup untuk warga kampung yang terdiri dari >100KK. Akhirnya jumlah ini selalu menjadi acuan kita di kurban-kurban berikutnya yaitu 10 pequrban.

Tebar Qurban 2015


Pada tebar qurban 2015 kita mengubah sedikit metode pelibatan adik-adik beswan yaitu dengan menjadikan mereka lebih aktif menyalurkan daging qurban langsung ke rumah-rumah.

Kenapa hal ini kita lakukan? tujuanya adalah sebagai syiar termasuk memperkenalkan para beswan lebih dekat dengan masyarakat. Agar masyarakat tahu bahwa ada putra-putri kampung mereka yang sedang gigih untuk terus sekolah dan berusaha bersama untuk bermanfaat bagi kampungnya.

Bagi adik-adik beswan kesempatan ini juga menjadi ajang lebih mengenal setiap karakter dari masyarakat setempat. Ditambah mereka harus melatih skill public speaking ketika mengantarkan daging qurban ke setiap rumah.

Tebar Qurban 2017

Tebar Qurban 2017 akan hadir dengan konsep yang lebih melibatkan adik-adik beswan. Sebenarnya konsep yang akan kita lakukan ini adalah konsep yang ingin kita lakukan sejak tahun 2014 Yaitu melibatkan mereka mulai dari mempersiapkan hewan qurban, penyembelihan, hingga penyaluran.

Dikarenakan di kampung cibuyutan sangat jarang sekali ada qurban apa lagi semeriah ini ada 3 domba 1 kerbau. Jadilah ini adalah kesempatan aktualisasi warga (orang dewasa) untuk mempersiapkanya panitia semuanya di tangani oleh warga. Antusiasme warga membaut SDM untuk pelaksanaan qurban sangat melimpah. Akhirnya kita memutuskan di tahun 2014 adik-adik beswan tugas pokoknya adalah penyaluran saja.

Tahun ini kita memutuskan untuk memberi peran lebih banyak adik-adik beswan untuk terlibat. Mempersiapkan hewan qurban, dan pada hari H pelaksanaan  akan ada 1 domba yang menjadi tanggung jawab adik-adik beswan di bawah bimbingan ulama yang rutin berdakwah di kampung tersebut.

Banyak sekali pembelajaran kepemimpinan yang akan adik-adik beswan dapatkan pada tebar qurban 2017. Alhamdulillah sampai saat ini (14/8) sudah ada 9 pequrban yang akan berkurban melalui kampung sarjana, masih ada 1 slot pequrban lagi. Bagi sahabat yang ingin berqurban melalui kampung sarjana silahkan klik link diatas. Semoga pelaksanaan tahun ini bisa lebih baik dan menjadi wadah pembelajaran yang sangat berkesan bagi adik-adik beswan juga masyarakat setempat.
Post ADS 1