Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orasi Santai Ep7 - Puas Kuliah 7 Tahun


Lulus kuliah dapat gelar sarjana adalah impian hampir semua mahasiswa. Tak sedikit mahasiswa yang harus menghadapi realita bahwa mereka tidak bisa lulus kuliah dalam waktu 4 tahun. Semester ke 9 adalah masa-masa awal hukuman sosial mulai menghantui, takut ketemu dosen, takut di marahin ortu, malas untuk ngerjain, di anggap bodoh, kehilangan harapan, dan masih banyak lagi permasalahan yang perlahan menyerang para pasukan veteran ini.

Gw sendiri bukanlah orang yang lulus pas 4 tahun. Gw baru bisa lulus kuliah di semester 11 alias 5,5 tahun. Kurang lebih gw merasakan sendiri pahit getirnya mendapatkan status veteran di kampus.haha.

Ditambah gw mulai membangun komunitas Kampung Sarjana di tahun 2013 akhir tapi sendirinya belum mendapatkan titel sarjana. sempat ada yang nanya ke gw dalam sebuah orbolan "semua disini udah sarjana kan?" waduh mamam tuh, gw iyain aja deh.haha

Mungkin permasalahan ini paling banyak di temui di kampus-kampus negeri, yang (dahulu) bayar kuliahnya masih lumayan murah. sekarang? katanya sih biaya kuliah semakin mahal.

Gw berkesempatan Orasi Santai bareng salah satu veteran terbaik sebut aja "bro" dia mau berbagi kisah tentang perjalanan dunia perkuliahan. Akhirnya dia bisa menuntaskan kewajiban pendidikanya walau harus berjuang selama 7 tahun.

Ada banyak banget pelajaran yang gw ambil dari orasi kali ini. Mungkin aja orasi santai kali ini bisa menjawab kekhawatiran lw yang sudah sudah melewati semester 8 tapi belum lulus juga ataupun untuk kalian yang baru memulai kehidupan kampus.

O iya banyak bagian orasi yang gw cut karena gak sengaja kesebut nama orangnya, plus pitch suara udah gw edit jadi turun satu setengah. selamat mendengarkan. -> orasi santai ep7

Post ADS 1