Faldo Maldini : Berkembang dan Beridentitas


Penaaksi[dot]com - Faldo Maldini adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Departemen Fisika Universitas Indonesia dengan kekhususan Instrumentasi Fisika. Selain berkuliah juga aktif berorganisasi di kampus. Menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika di tahun 2010, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI tahun 2011, dan menjadi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia 2012. Faldo juga salah satu penerima dua beasiswa kepemimpinan yakni dari PPSDMS NF dan Goodwill International Scholarship. 


Selain berorganisasi, Faldo juga aktif dalam dunia riset dan penelitian di beberapa Laboratorium di Departemen Fisika UI. Saat ini Faldo juga menyempatkan diri menjadi asisten di Laboratorium Elektronika Departemen Fisika UI. Faldo telah beberapa kali melakukan riset yang dipublikasikan, mewakili UI dan Indonesia baik dalam dan luar negeri. Pada tahun 2010, riset yang dilakukan bersama tim nya mendapatkan juara dalam beberapa perlombaan riset mewakili UI di level Nasional. Pada tahun 2011, Faldo juga mencoba mengikuti kompetisi Mahasiswa Berprestasi dan mendapatkan juara 3 di FMIPA UI. 


Faldo yang memiliki darah asli Minang ini sudah cukup sering menjadi pembicara di berbagai seminar, workshop, dan pelatihan baik di UI mupun luar UI. Selain itu, Pria yang memiliki hobbi bermain futsal ini, juga menyukai dunia penulisan yang membuat beberapa kali tulisannya menghiasi media massa. 


Faldo menyukai hal-hal yang inovatif dan kreatif. Dengan pembawaan yang cukup santai dan inklusif, berusaha memberi inspirasi pada sekitar. Lebih menyukai memulai segala sesuatu dari nol dan sangat tertantang memperbaiki dari keadaan yang buruk/jelek menjadi jauh lebih baik/keren, dengan ciptakan perubahan. He is a passionate and open minded Boy 

Karir Organisasi dimulai dari mana ? 

Menjadi Sie Perlengkapan dimana – mana. Saya suka sie perlengkapan, ketika kita gak ada , orang ribut. Saya kalo ada kepanitiaan pasti selalu isi sie perlengkapan. 

Bagaimana Hubungan Perkuliahan dan Organisasi ? 

Hubunganya terkadang saling bertentangan , ada hal yang harus dikorbankan . namun terkadang saling mendukung. Tapi menurut saya yang oke untuk berorganisasi adalah ketika kita telah selesai dengan diri kita sendiri. Jika dengan diri sendiri saja belum selesai pasti pada akhirnya kuliah kalian hancur , organisasi juga hancur. Jadi butuh keseriusan untuk memberikan prioritas diantara keduanya. 

Kenapa BEM sering banget Demonstrasi ? 

Kalau ditanyakan sikap , saya sangat pro dengan gerakan massa . apa lagi buat orang – orang yang gak punya kekuatan seperti kita. Terkadang hal itu sering dibenturkan dengan kekerasan , tidak sesuai dengan zaman , dst. Demonstrasi akan selalu ada selama keran aspirasi masih mampet. Sederhana banget kenapa demonstrasi itu harus dilakukan , yaitu ketika lw gak bisa menyalurkan aspirasi lw melalui jalur – jalur yang ada. Jadi misalkan ditanya kenapa sih kalian demo ? ya karena saluran aspirasinya udah mampet. Namun jika jalur aspirasinya bisa dijalani kita pasti optimalin banget. Jadi demo itu jalan terakhir, tapi yang sering orang lihat itu Cuma demonya aja, orang itu gak mau lihat proses perjuangan kita dalam menyalurkan aspirasi. 
Sederhana banget kenapa demonstrasi itu harus dilakukan , yaitu ketika lw gak bisa menyalurkan aspirasi lw melalui jalur – jalur yang ada

Bagaimana dengan perkembangan Gaya Demonstrasi Sendiri? 

Memang saat ini mulai timbul Komunitas baru yang punya gaya gerakan berbeda. Misalkan kayak pake baju yang warnanya sama , atau flashmob bareng seperti apa yang dilakukan Tim Sukses Jokowi. Itu Semua adalah Gerakan Era baru menerut saya. Gerakan era baru belum tentu juga yang terbaik. Maksud saya kita boleh berkembang mengikuti zaman tetapi kita tidak boleh kehilangan nilai – nilai dasar. 

Cerita sedikit tentang advokasi PKL di Stasiun UI ? 

Sebenarnya yang kita lawan sekarang (PT KAI) mereka ingin komersialisasi, penggusuran PKL itu bukan untuk pelayanan, tetapi murni untuk komersial. Kita ada dokumenya kok. Ya mohon doanya aj. 
Maksud saya kita boleh berkembang mengikuti zaman tetapi kita tidak boleh kehilangan nilai – nilai dasar. 

Demonstrasi pasti identik dengan politik , hubunganya anak muda dengan politik apa sih ? 

Yang bisa membuat Indonesia berubah ya ketika pemimpinya memiliki kemauan politik yang baik. Politik itu disalah maknain oleh anak muda. Kan secara definisinya Politik adalah usaha kita untuk menegakkan kesejahteraan bersama, tetapi sekarang anak muda banyak berpandangan bahwa politik hanya bicara tentang partai politik. Jadi anak muda itu jangan norak , jangan alergi , jangan fanatik sama hal yang namanya politik . tetap gunakan cara – cara politik yang sewajarnya. Ya anak muda harus berinteraksi dengan dunia politik, yang penting jangan norak aj. Justru ketika kita membatasi diri dengan politik malah jadi orang yang aneh. Kita Cuma capek – capek teriak tapi tidak pernah sampai tujuanya. (Baca Juga: Identitas Pemuda)

Hal – hal apa saja yang harus dilakukan anak muda hari ini untuk mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin di masa yang akan datang ? 

Organisasi menurut saya adalah salah satu wadah untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin. Disini kita belajar berpikir , dan bukan menjadi robot yang Cuma bisa bilang “iya”. Di organisasi juga menjadi tempat kita belajar untuk menyampaikan pendapat. Orang – orang diluar negeri bisa maju karena terbiasa menyampaikan pendapatnya. 
Organisasi menurut saya adalah salah satu wadah untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin
Simpelnya sekarang liat aja di seminar – seminar atau website dan blog di Indonesia. Berapa banyak pertanyaan dan komentar yang ada ? jauh banget bro sama apa yang terjadi diluar negeri. Terkadang karakter patuh itu malah membuat kita tidak berkembang, ya patuh itu juga ada tempatnya. dan perlu dipahami juga bahwa Pemimpin hari ini harus menyambungkan antara gerakan dan kemajuan zaman.  (Baca Juga: Benteng Pemuda Menghadapi Kapitalis)

Jangan lupa juga mempelajari orang – orang besar. Bagaimana mereka hidup , bagaimana mereka berkembang. Rata – rata mereka selalu keluar dari zona nyaman mereka. Saya juga ngajak anak muda untuk belajar human centered design , ya intinya belajar ala orang. Belajar apa yang masyarakat mau. Biar apa yang kita lakukan gak mental dari masyarakat. 

https://www.facebook.com/faldo.maldini
http://faldomaldini.tumblr.com/
https://twitter.com/FaldoMaldini

Baca Serial #MudAksi lainya pada link berikut : disini

Post ADS 1
Banner
Banner