Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Membuat Blog untuk Pemula

Bagaimana cara membuat blog yang mudah? sebelum itu kamu harus tahu Istilah ngeblog mungkin gak sengetrend dahulu. Pada masa dimana sosial media belum terlalu sedominan sekarang aktivitas ngeblog menjadi trend yang cukup hype, bahkan sampai ada event-event besar seperti festival blogger Indonesia. sekarang? sudah gak ada sob.

Tapi aktivitas ngeblog sebenarnya masih dilakukan oleh beberapa individu, bahkan sampai menjadi pekerjaan utama seseorang. Tapi sebenarnya blog masih tetap dominan dan bahkan dilakukan oleh banyak brand-brand besar dengan penggunan istilah lain yang lebih populer yaitu Content Marketing.

Jadi? ngeblog masih banyak yang melakukanya, hanya sekarang bergeser kepara pelaku usaha mulai dari yang kecil sejenis UMKM sampai yang paling besar seperti merek-merek terkenal.

Kenapa Harus Membuat Blog

Sebelum masuk ke dalam Panduan cara membuat blog, kamu perlu tahu 2 fakta sebelum memulai:

  • Membuat blog, caranya sangat mudah
  • Ingin blognya sukses, tidak mudah, tapi tidak mustahil
Mungkin kamu mengenal beberapa orang yang mengawali kesuksesan karirnya lewat ngeblog seperti Raditya Dika, atau Bena Kribo. Kamu mulai terinspirasi dari mereka untuk memulai blog kamu dan berharap dapat meraih kesuksesan.
Ingin blognya sukses, tidak mudah, tapi tidak mustahil
Atau kamu ingin memulai membuat blog karena pernah baca artikel bahwa blog bisa mendapatkan uang. Bisa banget. Sayapun pernah menulis tentang 10 Blogger dengan penghasilan cukup fantastis.

Panduan ini akan membantu kamu untuk bisa melangkah lebih cepat. Kenapa? saya akan share pengalaman dari awal saya ngeblog sampai bisa ke tahap ini.

Sebelum itu kamu harus mengetahui dulu apasih tujuan kamu membuat blog? masih bingung? mungkin kamu bisa memulainya dengan membaca 6 Manfaat Ngeblog Untuk Kamu. Tapi kalu kamu sudah tahu mau ngapain lewati saja langkah ini.

Blog Sukses Butuh Keahlian Tambahan

Selain keahlian menulis tentunya, kamu perlu mempelajari beberapa keahlian tambahan. Silahkan baca 7 Keahlian yang Berguna Untuk Ngeblog.

Semuanya harus bisa? gak juga silahkan pilih salah satu keahlian baru. Jadikan keahlian tersebut sebagai nilai tambah dan ciri khas di blog kamu.

Tapi perlu kamu ketahui para blogger sukses mengawali blognya dengan konten yang sangat buruk. Itu sudah menjadi bagian dari proses, karya pertama pasti selalu buruk. Tinggal gimana kita mampu bertahan dalam proses dan terus memperbaiki kekuranganya.
Blogger sukses mengawali blognya dengan konten yang sangat buruk

Panduan Cara Membuat Blog

Panduan ini terdiri dari beberapa bab mulai dari persiapan, membuat blog, membangun brand, cara menghasilan uang dan cara mendatangkan pembaca.

Panduan ini terdiri dari 5 Bab, dan kelima bab ini berisi esensi dari cara membuat blog bagi para pemula. Silahkan menuju bab yang ingin anda pelajari dari daftar isi ini:

BAB 1 - Kesalahan Blogger Pemula

Bab yang harus kamu baca pertama kali untuk menghindari beberapa kesalahan fatal di awal. Bab ini penting untuk memastikan proses kelancaran perjalanan blog kamu menuju sukses.
[Baca Bab 1]

BAB 2 - Membuat Blog dengan Blogger

Bab ini adalah langkah awal yang fundamental. Gak mungkin ngeblog tanpa membuat blog. Sebagai pemula kamu bisa memulai ngeblog dengan platform Blogger. Tinggal kamu siapkan nama domain dan di sinkronisasi ke blog kamu di Blogger.
[Baca Bab 2]

BAB 3 - Membangun Brand Blog

Sebelum blog kamu dibacara banyak orang, membangun ciri khas sangat penting. Agar para pembaca lebih muda mengenali blog kamu. Bab ini akan mengajarimu 4 hal tentang membangun brand blog.
[Baca Bab 3]

BAB 4 - Meningkatkan Pengunjung Blog

Seperti yang kita bahas diawal, menjadi sukses itu kudu. agar blog sukses harus banyak yang mengunjungi. Bab keempat akan membahas cara-cara sederhana meningkatkan pengujung di blog kamu.
[Baca Bab 4]

BAB 5 - Menghasilkan Uang Dari Blog

Inilah Bab yang paling ditunggu. Gimana cara menguangkanya. Tapi perlu dicatat paling minimal blog kamu konsisten sehari ada 300 orang yang berkujung atau peringkat dibawah 1 juta jika kamu cek menggunakan alexa. Silahkan baca bab ini untuk megetahui caranya.
[Baca Bab 5]

Sudah Siap?

[Mulai dari Bab 1]

Post ADS 1