Tingkatkan Penjualan, Gunakan Facebook Ads atau Google Ads?

Buat kamu yang sedang memulai atau mengembangkan bisnis melalui digital marketing, Facebook Ads dan Google ads adalah dua opsi untuk mendatangkan calon pembeli. Keduanya memiliki karakter dan gaya yang berbeda.

Tentunya facebook ads ataupun google ads sama-sama powerfull karena dapat melakukan targeting yang spesifik seusai kebutuhan pasar yang kita incar.

Saat ini saya menggunakan keduanya untuk tujuan yang berbeda. Lebih detailnya akan kita bahas nanti ya. Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan facebook ads dan google ads. Kita mulai dari facebook ads dulu ya.

Facebook Ads

Facebook Ads adalah bisnis iklan dari Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook. Melalui FB Ads kamu dapat menarget orang-orang di newsfeed, & story facebook maupun Instagram. FB Ads juga menayangkan iklan dibeberapa mitra mereka diluar ekosistem facebook. salah satunya adalah Yahoo Mail (2019).

Saya mencatat ada 5 hal penting seputar facebook ads yang perlu kamu tahu.
  • Kedalaman Data Persona
Inilah kekuatan yang membuat facebook ads tumbuh sangat eksponensial. Data yang sangat dalam, saya list beberapa ya. Facebook itu tahu..
  • Handphone apa yang kamu pakai
  • Kamu di jaringan 4G atau lagi Wifi
  • Lokasi
  • Umur
  • Suka apa
  • Kerja Dimana
  • dst
Dalam banget kan. wajar para pekerja marketing suka banget beriklan di facebook. Satu pekerjaan sudah selesai yaitu membaca profil orang. Kita jadi lebih tahu mana market yang suka dengan produk kita.
  • Suka, Belum Tentu Butuh
Hal ini berhubungan dengan psikologis pasar. orang-orang yang ada di facebook itu psikologinya adalah Interest. Perhatian poin pertama, karena kedalaman persona di fb kamu bisa mendalami mereka suka apa saja. Kamu bisa menawarkan produk ke orang-orang yang kemungkinan besar suka sama produk kamu.

Misalkan kamu jual kaos bola, cukup mengiklan ke orang-orang yang suka sepak bola. Tapi harus kamu ketahui orang yang suka belum tentu butuh saat itu juga. Tinggal bagaimana kelihaianmu dalam melakukan penjualan. Beda dengan google ads yang bagian SEMnya memiliki psikologis market Need.
Market facebook itu adalah Interest
  • Buat Beberapa Tahap
Karena pasar yang kita dapat adalah orang-orang yang suka dan belum tentu beli kita harus membangun funnel di strategi marketing kita.

Ada banyak banget model funnel yang bisa kamu terapkan. Ada AAARRR Funnel, AIDA Funnel atau yang paling simpel dibagi 3 tahap. Awarness, Branding, & Purchase.


  • Awareness (Cold Market): Sediakan konten yang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar kamu. Buat mereka sadar kehadiran brand kamu.
  • Branding (Warm Market): Berikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam dan jelaskan bahwa produk/layanan brand kamu adalah solusi utamanya.
  • Purchase (Hot Market): Dalam tahap ini barulah kamu membuat konten yang bisa 100% memancing penjualan

Saran saya bisa dimulai dari yang paling sederhana saja yang hanya 3 tahap. Nanti kalau sudah terbiasa baru deh gunakan yang lebih kompleks seperti AAARRR Pirate Funneling.
  • Optimasi Database
Ini juga jadi keunggulan facebook ads. Kamu sudah punya database pelangggan? Upload database kamu dan sasar mereka di facebook dan instagram melalui facebook ads.

Berbeda dengan google ads yang mewajibkan kamu beriklan senilai USD 50.000 dulu. Facebook sejauh ini belum memberikan syarat yang berat seperti google.

Kamu dapat mempelajari optimasi database di facebook eads melalui Custom Audiences, Reach your customers and contacts on Facebook.
  • Facebook Blueprint
Facebook punya sekolah online kepada para advertiser mereka. yaitu melalui Facebook Blueprint.

Untuk pemula facebook blueprint sudah jadi tempat belajar yang paling pas deh. Gratis Pula. Baiknya kamu belajar di Facebook Blueprint dulu, baru jika ingin lebih mahir lagi bisa cari pelatihan-pelatihan tingkat mahir di luar.

Google Ads

Sekarang pembahasan kita masuk kebagian google ads. Produk Google Ads itu bisa kita bagi menjadi 3 hal, yaitu Iklan di Google Search (SEM), Google Display Network, dan Iklan Youtube.

Google ads adalah nama terbaru dari google adword. Saat ini google ads adalah penguasa pasar digital ads. Besarnya bisa sampe 2X facebook ads. Detailnya bisa kamu cek pada gambar dibawah.


 Kok bisa? yuk kita bahas.
  • Persona Kurang Dalam
Sebelum kelebihanya, kita Masuk dulu kekuranganya dibanding facebook. Menurut saya untuk kedalam data personal google kurang dalam. Karena kedalamanya hanya sampai di kategorisasi yang umum. Seperti Kategori:
  • Berita
  • Keuangan
  • Belanja
  • Dll
Masih terlalu umum. Tapi kekuatan Google Ads bukan disini. Buat pemula sih poin ini menjadikan google ads jauh lebih simpel. Kita lanjutin dulu ke poin 2 ya.
  • New Awarness
Poin pertama sebenarnya berkaitan erat dengan produk google ads yang GDN (Google Display Network). Saya menggunakan ini untuk menjangkau awarness baru. Jika kita jago, biaya klik melalui GDN Bisa murah banget. Cenderung lebih mudah penggunaanya jika bandingkan facebook ads.

Untuk mendapatkan Rp100/klik di google ads lebih mudah karena tidak membutuhkan konten viral. Sedangkan di facebook tanpa konten viral sepertinya hampir mustahil dapat Rp100/klik. Faktanya juga konten yang sedang viral belum tentu beririsan dengan produk yang kamu jual.
  • Sudah Siap Membeli
Nah ini dia, sebelumnya sudah sempat saya senggol. Google ads itu needs. Yup. Produk SEM Google ads mempermudah kita bagi para pengiklan untuk mendapatkan calon pelanggan yang sudah siap untuk membeli.

Perhatikan gambar dibawah. Ada tulisan iklan di hasil pencarian zakat. Itulah Ads yang kita pasang mealui google ads. Orang yang mengetik zakat di google search tentunya ada beberapa kemungkinan:
  • mau tahu info tentang zakat
  • ingin bayar zakat
Sedangkan Dompet Dhuafa adalah Lembaga Zakat yang produknya adalah layanan pembayaran zakat. Kalo kita detailkan lagi:
  • Mau tahu info tentang zakat 
    • Butuh edukasi sedikit lagi untuk mau menunaikan zakat
  • Ingin bayar zakat
    • Sangat Siap Menunaikan Zakat
Jadi sangat mudah sekali untuk menjual produkmu.  Google juga ada kelas untuk para UMKM yaitu, Gapura Digital Indonesia. Jika kelas gapura digital gak ada di kotamu, kamu bisa memanfaatkan Google Academy for Ads untuk belajar tentang google ads.
SEM Google ads mempermudah kita bagi para pengiklan untuk mendapatkan calon pelanggan yang sudah siap untuk membeli.
Sebenarnya ada beberapa hal lagi yang bisa kita bahas tentang google ads. Tapi karena ini hanya perkenalan, jadi gak perlu banyak-banyak. hehe

Pakai Google Ads atau Facebook Ads

Jika kamu bisnis baru dan membutuhkan penjualan serta perputaran uang yang lebih cepat. Google adalah jawabanya. Sedangkan Iklan facebook sangat baik dalam membangun komunitas loyalis pengguna produk kita. Facebook juga lebih bisa memberikan efek viral dibandingkan google.

Setiap bisnis berbeda, jadi kamu perlu kaji dahulu produk yang kamu jual, marketnya dimana, apa yang ingin kamu capat terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat menentukan harus memluai dari google atau facebook. Punya banyak modal? langsung aja terapkan keduanya.hehe

Dalam beriklan kamu bisa menggunakan strategi funnel yang google buat. GDN dan Facebook ads kamu gunakan untuk membangun awarness atau istilah pada gambar dibawah adalah "Inspire & Connect."
Jika kamu bisnis baru dan membutuhkan penjualan serta perputaran uang yang lebih cepat. Google adalah jawabanya
Kamu bisa lihat di bagian kanan gambar ada examples of media mix. "Social" anggap saja itu adalah facebook ads. Mudahkan? tinggal kamu kombinasikan saja.

Bangun Merek Kamu Dengan Facebook, Penjualan dengan Google

Seperti yang telah kita bahas sejauh ini, iklan Facebook adalah cara yang fenomenal untuk membangun kesadaran merek dan menempatkan produk kamu di pasar yang baru.

Kampanye yang ditargetkan dengan benar akan membantu kamu mengedukasi audiens yang dingin (Cold Market) untuk siap membeli, dan pada akhirnya, para pengguna tersebut mulai mencari merek kamu di Google.


Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Sampaikan kritik dan saranmu pada kolom komentar dibawah. Selamat mencoba

COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. Baru nyoba Yang Facebook ads,Belum nyoba yg Google ads, Facebook ads gampang aplikasinya, lumayan juga hasil yg diinginkan

    BalasHapus
  2. Mantep, penjelasannya sederhana, runut dan mudah dipahami...

    Ditunggu tutorialnya spy jago di Google Ads based on experience or study case yg pernah dijalanin ya.. keknya bakal menarik. Hehehe

    BalasHapus
  3. Informasinya bermanfaat mas ihsan :) Terima kasih sudah berbagi :) Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tim SEOnya BTPN yak. atau agensinya?

      Hapus
Sambung Silaturahmi dengan tinggalkan Komentar disini

Nama

AA,37,Abas,14,Acara,2,AdabIlmu,2,Admin,149,Advetorial,3,Afiliasi,1,Agenda Pengajian,2,Agenda Universitas Indonesia,9,Aksi Bela Islam,4,anak,1,Andi,10,Aplikasi,1,Arif,18,Arjjuna,2,Arti Pendidikan,1,Award,3,bahasa,1,BBM,3,Beasiswa,48,Beasiswa Luar Negeri,3,bedah buku,2,Belajar,3,Belajar Dari Semut,1,Belajar Internet Marketing,2,Belajar SEO,2,benato musollini,1,Berdaulat,74,Biaya Persalinan,2,BINUS University,1,Biografi Pemimpin Muslim,2,Bisnis,11,Blogger,3,Branding,1,Buku,8,BUMN Outlook,1,Buya Hamka,3,Cembung,29,Cerita,8,Cerpen,8,Cinta,4,Coklat,1,CPM,2,digital marketing,4,Doa Nabi,1,Dompet Dhuafa,3,Donasi,2,Dunia Sepeda,2,Ekonomi,7,Entrepreneur,6,Esai,4,Event,382,Facebook,2,Facebook Ads,1,Facebook Marketing,3,FAK,2,Fakta Dunia,1,Fatih,1,Fight,1,Finansial,1,Fisika,7,Forex,1,Forum Indonesia Muda,5,ForumForID,1,Foto,2,Freelance,1,FutureShaper,24,Gambar,1,Gerakan Sosial,9,Ghufron,13,Google Ads,1,Guru Bangsa,2,HabibRizieq,14,Hadist Pilihan,7,Hanya Allah,1,Hardiknas,1,Hikmah,53,Hit Obat Nyamuk,1,homoseks,1,HotPost,430,HTML,1,Hujjatul Islam,10,Hukum,1,Idul Fitri,1,Ikhlas,1,Ilmu,1,Imam Ahmad,3,Imam Syafii,2,Impian,2,Indonesia,77,Infografis,1,informasi,1,Inspirasi,4,Institut Teknologi Bandung,1,Intelektual,2,Internet Marketing,7,IRF,1,Islam,100,Islam Nusantara,2,Islamic Book Fair,1,Islamic Book Fair 2015,3,isu,1,IT,3,Jakarta,2,Jam Tangan,1,Jazz,1,Jelajah Kampung,1,Jelajah Kampus,1,JIB,2,Job Fair Jakarta,2,Jurnalistik Mahasiswa,2,Jurnalistik.,1,Kajian,2,Kajian Islam,1,Kajian Media,1,Kalimat Bijak,1,Kalimat Motivasi,1,Kampung Sarjana,33,Kampus,4,Karakter Bangsa,2,kartini,1,Karya Tulis,2,kebangkitan islam,28,Kebangkitan Nasional,1,Kejayaan Majapahit,1,Keluarga Baik,1,Kemiskinan,2,kesehatan,2,KH Abdullah Faqih,1,Kimia,1,Kisah,7,Kisah Sukses. Tip Top,1,KisahDai,8,KKG,1,Komentar Jalanan,1,Komersialisasi Pendidikan,7,Kompetisi,10,Kompetisi Islam,1,Konten,1,KreAksiMuda,39,Kualitas Guru,1,Kuliah Audio,16,Kultwit,22,Lari,1,LGBT,2,Logo Marketing,1,lomba,47,Lomba Blog,1,Lomba Film Dokumenter,1,Lomba Menulis,2,Lowongan Kerja,2,LPDP,2,Ma Chung Blog Competition 2010,2,Maaf,1,MadeInIndonesia,3,Mahasiswa,8,Marketing,1,Marwan,1,Matematika,1,Maula,5,Media Belajar,4,Media Islam,1,Media Sosial,5,MedPart,111,Membaca,1,membuat blog,31,membuat konten,1,Menulis,4,Menulis yuk,5,monetize,2,Motivasi,38,Motor Tercepat,1,Mudik,1,Muhammad,1,Muslim Indonesia,2,Nasihat,1,Nasihat Ulama,7,Negara,1,Neoliberalisme,4,ngeblog,1,Nik Abdul Aziz Nik Mat,1,Open Recruitment,1,Opini,82,Pahlawan,62,Pahlawan Indonesia,6,Pahlawan Wanita,1,PahlawanBicaraPendidikan,5,Pameran Buku,1,Pancasila,3,Parlemen,1,Parodi,1,Pejuang,4,Pelajaran Agama,1,Pelatihan Pemuda,1,Pemikiran Khawarij,1,Pemimpin,13,Pemimpin Indonesia,3,pemuda,17,penaaksi,1,Pendidik,3,Pendidikan,74,Pendidikan di Daerah,3,Pengkhianat,1,Pengusaha,1,Penulis Tamu,92,Peradaban,8,Perang Pemikiran,1,perempuan,1,Pergerakan,6,Pergerakan Mahasiswa,13,Peristiwa,12,Perjalanan Hidup,2,Perjuangan,3,Perpustakaan,2,Persiapan,1,Pesan Nabi,2,Pesan Rasulullah,2,Peserta didik,1,Pesta Wirausaha,1,Petisi,3,Photoshop,1,Pidato,1,Pilkada,1,Podcast Orasi Santai,14,Politik,58,Poster,3,PPI UKM,1,Press Release,4,Pribadi,1,Prihatin,1,Proklamasi,1,Propaganda Media,2,Properti,1,Puasa,5,Puisi,12,PUSHAMI,3,Putri,3,Quote,1,Qur'an,3,Rakyat,1,Ramadhan,14,Rasulullah,2,ReflAksi,8,Resensi Buku,37,Resensi FILM,2,Review,5,Review Buku,6,Rezaki,2,RUU PT,2,Sahabat,1,Sahabat Rasulullah,1,Sains,42,Sajak,1,Satir,1,Sedekah,2,Sejarah,11,Seminar,1,Seminar Akbar,2,Sentilan,1,Sepak Bola,1,Shalahuddin,1,Siswa,3,skripsi,1,SmartGenerationMentorship,4,SMP,1,Social Movement,4,Stimuno,1,Store,1,Subsidi,1,Super Camp,1,SyaikhAA,11,Syukur,1,Taklid,1,Tanpa Jil,1,Teater Sastra,3,Tebar Qurban 2014,1,teknologi,6,Template,1,Terorisme,2,Tim Bola Indonesia,2,Tips,3,Tips Menulis,12,Toko Online,2,Tokoh,18,Tokoh Muda,19,Tools Gratis,1,Tridharma Perguruan Tinggi,4,Trisakti,1,Tutorial,1,Udin,2,Ujian Nasional,6,Ulama,6,Umum,59,Unduh,1,Universitas,2,universitas katolik parahyangan,1,Universitas Negeri Jakarta,2,UNJ,1,UNJkita,1,video,4,Web Secutiry,1,Wirausaha,6,Wisata,1,Wordpress,2,Yohanes Surya,1,Yotube,1,Zain An Najah,1,Zubair,1,
ltr
item
Penaaksi.com - Digital Marketing Expert: Tingkatkan Penjualan, Gunakan Facebook Ads atau Google Ads?
Tingkatkan Penjualan, Gunakan Facebook Ads atau Google Ads?
https://4.bp.blogspot.com/-F-uDeP7bUmE/XKCSj2h8bwI/AAAAAAAALmE/BIRtJ1_pgmcWfKqm_t-rJCvYL2N6d4TYgCLcBGAs/s320/google-ads-vs-facebook-ads.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-F-uDeP7bUmE/XKCSj2h8bwI/AAAAAAAALmE/BIRtJ1_pgmcWfKqm_t-rJCvYL2N6d4TYgCLcBGAs/s72-c/google-ads-vs-facebook-ads.jpg
Penaaksi.com - Digital Marketing Expert
https://www.penaaksi.com/2019/04/tingkatkan-penjualan-gunakan-facebook.html
https://www.penaaksi.com/
https://www.penaaksi.com/
https://www.penaaksi.com/2019/04/tingkatkan-penjualan-gunakan-facebook.html
false
5161257070308476956
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content