Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Membangun Brand Blog

Brand/merk menjadi sangat krusial bagi sebuah produk termasuk juga blog. Loh kok gitu? kan blog juga produk dari kreatiftas kamu.

Tanpa peduli skala bisnis dan esksistensi, branding/merk akan memudahkan orang untuk mengenali blog kamu.

Brand atau merk adalah identitas blog itu sendiri. membangun Brand yang melekat dalam ingatan pembaca sangatlah tidak mudah. Apalagi sekarang muncul website- website hingga blog sampah berbasis berita yang membanjiri timeline facebook kamu, hanya bermondalkan berita yang mengandung konflik.

Untuk itu penulis coba berbagi pengalaman perihal branding khususnya dalam bidang blog. berikut 4 hal yang penulis rangkum:

Logo, Nyawa Blog

Perihal logo ini bukan masalah sepele, orang bisa paham suatu merek hanya bermodal melihat logonya. bahkan sekarang beberapa brand besar sedang mengarah ke bentuk logo tanpa teks.
Kamu pasti tahukan 80% merek diatas hanya dengan melihat logonya. yup itulah fungsi logo dalam brand. Tak hanya terbatas pada produk bisnis, bahkan band musik salah satunya Rolling Stone pun memiliki branding dalam logo.

Untuk kamu penggemar film superhero tentunya tidak asing dengan beberapa logo pahlawan kan. gak percaya? cek gambar dibawah.
Sudah pahamkan, fungsi logo dalam branding? yuk mulai buat logomu, simpel-simpel saja dulu, yang penting memiliki konsep.

Template yang Nyaman

Template blog dapat mempengaruhi berbagai macam hal terkait aktifitas pembaca blog kita, mulai dari fokus mata, kenyamanan membaca sampai kecepatan loading blog kita.

bentuk posisi template, dan pilihan font yang kita pilih akan mempengaruhi fokus & Kenyamanan baca pembaca kita, ukuran bar utama yang kecil tentunya akan membuat kita kurang fokus karena akan dipengaruhi posisi side bar yang cukup besar.

Selain itu font yang terbaca lebih utama dibandingkan keindahan bentuk font yang mungkin justru akan menyulitkan pengungjung blog kita untuk membacanya.

Selain itu komposisi warna juga harus dipilih seteat mungkin agar tidak menyakiti mata. o iy satu lagi kurangin Pop up - pop up gak penting.
Template gratisan yang gak jelas asal-usulnya saya sarankan jangan dipakai karena biasanya sudah ditanamkan berbagai macam script yang akan membuat lelet blog kamu.
Hal yang paliiiiing perlu di perhatikan dalam memilih template blog adalah kecepatan loading template tersebut. kenapa? Indonesia internetnya masih lelet bangeeeet. jangan membuat pengjung blog kamu jenuh menunggu. pilih template yang ringan.

Template gratisan yang gak jelas asal-usulnya saya sarankan jangan dipakai karena biasanya sudah ditanamkan berbagai macam script yang akan membuat lelet blog kamu. Penaaksi.com sendiri memakai tempalte berbayar sekitar $21, begitu juga dengan unjkita.com yang harga templatenya >$40.

Permudah Sarana Komunikasi

Tentunya kamu mau blog yang kamu tulis jadi sarana komunikasi dua arah kan? mudahnya komunikasi akan membangun brand kamu lebih lekat dengan pembacanya. Dalam hal ini kamu lakukan dengan cara memilih widget/kolom komentar yang mudah untuk di aplikasikan.

Saat ini mungkin fitur komentar mengunakan facebook/disqus adalah yang paling banyak digunakan baik penulis blog ataupun pembaca blog.


Bisa juga kamu sertakan email pribadi jika ada yang mau bertanya langsung. kenapa perlu membangun komunikasi? agar pengunjung blog kamu gak merasa blog kamu adalah blog robot. karena banyak loh blog-blog robot yang beredar di internet.

Tentukan Gaya Menulis

Kenapa kita perlu menentukan gaya menulis? karena pembaca blog kita tentunya memiliki cirikhas, misalkan blog kamu tentang tutorial hijab tentunya yang baca mayoritas perempuan, kalaupun ada laki-laki ia kemungkinan besar nyasar ke blog kamu.

Gaya menulis kamu ada baiknya disesuaikan oleh karakteristik tema dan pembaca blog. kita perlu juga membangun sapaan bagi pembaca setiap blog kita. gaya menulis ini pasti akan membangun brand kamu, jika gaya menulismu bisa tercipta orang pasti akan tahun penulisnya tanpa perlu dituliskan siapa yang menulis.

[Baca Bab 4]
Post ADS 1