Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Menghasilkan uang dari blog adalah salah satu tema yang senantiasa hangat untuk dibicarakan, didiskusikan, hingga di aplikasikan. Mungkin gak sedikit orang yang mulai ngeblog memang ngarep dapat duit. tapi ada juga yang kaget bisa dapet duit.hehe

Tapi memang yang pasti untuk menghasilkan uang dari blog, blog kamu harus banyak pengunjungnya terlebih dahulu. Jika blog sobat sudah besar, sudah memiliki banyak pembaca, maka tidak ada salahnya untuk memulai menjadikan blog sobat sebagai mesin penghasil uang.

Gimana cari tahu pengunjung blog kita sudah banyak? kamu bisa menggunakan google analityc, atau melihat kolom statistik pada dasboarhd blog kamu.kalo udah tahu terus gimana caranya? nah ini lagi mau di omongin sob.

Ada beberapa cara monetisasi blog kamu? o iya buat yang belum tahu, Arti dari monetisasi adalah Tindakan atau proses konversi menjadi uang. penaaksi.com akan membagikan 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk memonetisasi blog, yaitu:

Toko Online / Jasa Online

www.liveadmins.com
Cara pertama adalah membuka toko online, apa yang kita jual? Bisa Jual Produk Sendiri, bisa uga menjadi Reseller atau Dropship.  Jika sobat mempunyai produk sendiri, entah itu berupa produk fisik atau digital, akan sangat keren jika sobat menjualnya melalui blog. Selain itu produk sendiri akan memberikan kamu keuntungan maksimum karena gak perlu lagi perantara.

Selain jualan produk kamu jug bisa menawarkan Jasa keahlian kamu melalui blog. Kebanyakan sih penjual jasa audiovisual mulai dari desain sampai jasa video.

Dan tips utama dari monetisasi blog usahakan yang kamu tawarkan sesuai dengan genre atau tema blog kamu. Kenapa harus segenre? biar konversinya maksimal. Kalo blog kamu itu isinya tentang Fiksi, kamu bisa jualan novel-novel fiksi atau bisa juga jasa pelatihan menulis.

Iklan Banner

Cara monetasi kedua adalah dengan menawarkan ruang iklan banner di blog kamu. ini mungkin cara paling klasik untuk memonetisasi blog. Kamu cukup menyediakan ruang-ruang strategis dimana para pengiklan bisa menaruhkan iklanya di blog kamu
contoh ruang iklan banner
Iklan banner kayak gimana tuh? coba cek di sidebar blog ini ada beberapa iklan banner. salah satunya adalah unjkita.com, Untuk Iklan banner ini nanti akan kita bahas lebih lanjut pada artikel yang lain.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan Google adsense sebagai alternatif. Kamu gak perlu cape-cape mencari pengiklan. Cukup pasang code yang disediakan Google adsense di web kamu, nanti akan muncul berbagai macam iklan yang sudah dikumpulkan oleh Google melalui google ads.

Iklan Konten

Konten Marketing mungkin adalah model advertaising yang paling berkembang saat ini, iklan konten inti masuk kedalam kategori softselling. biasanya iklan konten ini berbentuk artikel yang porsi promosinya sekitar 10-30% dari isi artikel.

apa sih maksudnya iklan konten itu? simpel saja sob artikel ini kalo penaaksi tambahkan satu poin lagi dengan "Jasa Monetasi Terpercaya" kemudian pada poin itu kita jelaskan tentang jasa yang kita jalani dengan meyakinkan. jadi deh iklan konten. tapi pada tulisan ini memang saya buat untuk berbagi, jadi gak ada iklan-iklanya.hehe

Bisnis Afiliasi

Cara monetisasi yang terakhir adalah dengan bisnis afiliasi, cara menghasilkan uang dar blog model ini lumayan banyak dilakukan oleh para blogger.

Dalam bisnis afiliasi kita berperan sebagai tim marketing dari produk seseorang. Biasanya cara yang dilakukan adalah menggunakan link khusus yang hanya dimiliki oleh setiap pebisnis afiliasi.

Kita akan mendapatkan komisi dari setiap orang yang membeli produk dari link afiliasi yang kita sebarkan. contohnya? berikut adalah salah satu link afiliasi saya dari market place produk digital RATAKAN: 21 Hari Bertemu Jodoh

Coba deh kamu klik, terus beli produknya pasti nanti saya akan dapat komisi.hehe

Ada satu afiliasi rekomendasi dari saya yaitu ACCESSTRADE. afiliasi asal Jepang ini sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2013. ACCESSTRADE memberikan komisi kepada pemilik website dari setiap transaksi yang terjadi atau menggunakan sistem CPA (cost per action).

Komisinya bermacam-macam mulai yang fixed dan persenan. tergantung kategorinya juga untuk beberapa produk finance komisinya bisa sampai 350.000/CPA untuk persen biasanya gak lebih dari 10%. Kamu bisa Daftar Accesstrade melalui link ini.

Accestrade ini sangat cocok untuk kamu para fashion, dan tech blogger. Karena produk-produk afiliasinya kebanyakan adalah kedua kategori tersebut.

Menyelenggarakan event

Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi jika pembacamu dirasa sudah cukup banyak perlu untuk dicoba. Semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event.

Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event.

Keanggotaan Premium

Cara ini banyak dilakukan oleh blogger dengan keahlian khusus. misalkan kamu seorang blogger fotografi kamu bisa membuat 2 model konten yaitu yang free dan yang premium. Konten premium hanya bisa diakses oleh anggota berbayar kamu.

Tentunya gak cuma itu, keanggotaan premium bisa kamu kombinasikan dengan banyak hal. misalkan ketika membuat event khusus anggota berbayar blog kamu Ia bisa mendapatkan harga khusus.

Gimana? mau dicoba semuanya? silahkan :) ? mau jadi spesialiasi ? silahkan dipilih salah satu sob.
Post ADS 1
Banner
Banner