Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Buat kamu yang sudah memiliki blog dan sudah cukup mahir langsung saja ke artikel berikut: Panduan Ngeblog Kalau kamu baru memulai tetap di artikel ini y. Kenapa harus membuat blog? Aktivitas blogging adalah kegiatan yang sangat digemari oleh banyak orang. blog dapat melakukan berbagai macam fungsi, seperti:
  • Diari digital
  • Sarana berbagi ilmu
  • Membangun Branding Personal
  • Toko Online untuk Dagangan Kita
  • Tempat Mengumpulkan Karya Digital seperti Artwork, Musik, dan Video
  • Alamat Digital untuk Sebuah Perkumpulan/Komunitas
  • Tempat Bertukar Informasi
Blog bisa juga bertujuan untuk profit, ada berbagai macam cara untuk memonetasi blog kamu, salah satunya seperti yang saya bilang diatas yaitu membuat toko online.

6 Manfaat Mempunyai Blog

O iya tulisan ini ditujukan untuk  teman-teman yang belum mengerti cara membuat blog gratisan di Blogger. kenapa blogger? kenapa gak yang lain? simpel saja untuk yang gratisan saya cuma berpengalaman menggunakan blogger. blog penaaksi ini sendiri sudah sejak 2009 menggunakan platform blogger. Wordpress? bisa saja sih tapi gak gratis.hehe kalo wordpress saya paham yang menggunakan hosting.

Pengantar Blogger

Kembali ke blogger. kita sharing sedikit tentang platform blogger ini. Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Kamu juga bisa mengganti subdomain blogspot.com menggunkan costum domain seperti penaaksi.com ini. mungkin keunggulan terbesar dari para pengguna blogger adalah kamu gak perlu pusing-pusing ngluarin uang untuk hosting, benar-benar gratis dan dengan kapasitas sangat besar "google" gitu loh. tentunya gratis selama kamu menuruti aturan-aturan yang sudah ditentukan oleh blogger.



Sebelum masuk ke hal teknis membuat blog menggunakan blogger saya akan memberikan beberapa catatan untuk menjadi bahan pertimbangan kamu dalam membuat blog.

1. Tentukan Topik Blog


Kenapa harus menentukan topik? tentunya kamu perlu dong ada orang yang membaca blog kamu? menentukan topik adalah poin penting di tahap awal sebelum kamu memiliki blog.

dari data yang gw cari di quora.com  Setiap hari ada 2,73 Juta konten baru yang diterbitkan blog dari seluruh dunia.

Lebih dari 70% dari blog-blog tersebut hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung per bulan, atau sekitar 150 per hari. sedikit banget y? kok bisa yang baca sedikit. kira-kira ini penyebabnya.
  • Topik blognya tidak jelas, berantakan
  • Topiknya tidak menarik bagi banyak orang
  • Topik yang dipilih tidak mereka kuasai/minati sehingga isi blognya juga jadi tidak berkualitas
Contoh blog dengan topik yang spesifik y www.unjkita.com , website ini saya buat bersama dua teman saya khusus tentang ke UNJan dan dikelola dengan gaya jurnalisme warga, semua orang boleh ngirim konten.

Kembali ke blog yang akan kamu buat, jika blog itu mau kamu jadikan sebagai diari pribadi yang dibuka untuk umum, ya kamu hanya perlu tuliskan apa yang kamu jalani saja, tentunya kamu pasti akan cenderung kepada topik tertentu.

yuk tentukan topik blog kamu.

2. Tentukan Sosial Media Pendukung

primadona trafik suatu website/blog
Kenapa perlu sosial media juga? kan ini ngeblog. Sosial media itu adalah sumber pengunjung untuk blog kamu. saat ini facebook adalah primadona untuk memperkenalkan suatu blog/website. Banyak web atau blog di dunia ini mengandalkan facebook untuk menjadi sumber traffiknya.

Selain itu sosial media tidak hanya menjadi sumber trafik, tetapi juga menjadi saluran kamu untuk berinteraksi dengan pembaca kamu.

Membuat Blog dengan Blogger

membuat blog di blogger mudah banget. yang dibutuhkan cuma akun Google/Email google setelah itu tinggal mendaftar gratis di www.blogger.com

setelah itu ikuti langkah - langkah berikut:

1.login dengan akun google kamu, belum punya? bikin dulu bro!

2. Jika sebelumnya sobat belum membuat profil Google+ maka klik “Buat profil Google+” tapi kalo sudah punya profil Google+ maka langsung lompat ke langkah berikutnya.


3. Setelah itu klik lanjutkan ke Blogger
4. Kemudian klik buat blog baru


5. Kemudian isi judul, alamat url, dan pilih tema dasar yang ingin kamu pakai. lalu klik buat blog



6. Selesai

Gampang banget kan. y intinya dari turial ini sih, buat sekarang juga. tanpa pengalaman gak akan pernah bisa. yuk coba sekarang deh.

[Baca Bab 3]
Post ADS 1