Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Saya Jadi Suka Membaca Buku?

Mungkin buat mayoritas orang, aktivitas membaca adalah hal yang membosankan. apalagi sejak kecil kita tidak pernah diberikan pengalaman membaca, atau pengalaman membaca kita justru memuakkan karena yang dibaca cuma buku pelajaran sekolah saja.

Memberikan pengalaman indah dalam aktivitas membaca adalah poin penting kita untuk mulai menanamkan gemar membaca pada seseorang. gemar tentunya diawali dengan minat, minat ada karena suka, rasa suka timbul karena yang dilakukan itu indah dan nyaman.

Saya mau berbagi tentang pengalaman indah dalam hal aktivitas membaca. mungkin diantara kita ada yang terampil membaca sebelum masuk sekolah dasar, namun keterampilan itu tidak serta merta membuat kamu gemar membaca bukan? seingat sayapun waktu sekolah dasar kelas satu, saya belum terampil membaca, masih terbata - bata, meresapi kata demi kata dengan "mengeja" (bener gak nih diksinya.haha).
waktu sekolah dasar kelas satu, saya belum terampil membaca, masih terbata - bata, meresapi kata demi kata dengan "mengeja
Pada anak usia dibawah sekolah dasar sudah bisa membaca biasanya adalah kebanggaan tersendiri untuk orang tua, orang yang agak lama terampil membaca seperti saya ini bisa dibilang kurang spesial dan standar manusia secara umum. namun kita perlu merenungi juga "untuk apa terampil membaca namun tidak tumbuh kegemaran untuk membaca?" ibarat seorang jenderal perang yang paham seribu taktik namun ogah dan gak suka turun ke medan perang.

Kembali ke pengalaman membaca ya, pengalaman membaca saya berawal dari kegemaran membaca komik yang berisi teks dan gambar, masih kombinasilah, belum full teks. Sangking indahnya pengalaman itu, saya pun masih ingat komik apa yang pertama saya baca dan siapa yang membelikannya. saya dibelikan komik 5 seri langsung tamat oleh alm. kakek saya.

ini dia komiknya. komiknya sih udah gak ada, ini dari mbah google.
Seperti para penggemar komik pada umumnya, buku itu saya baca seharian tanpa putus sanpai selesai, dengan modal keterampilan mengeja huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, plus dibantu dengan gambar saya mencoba melahap kelima seri komik itu. saya masih ingat betul waktu itu saya belum masuk sekolah dasar.

Berawal dari komik masuk usia SMA saya mulai beralih ke novel, dari novel ke berbagai macam genre, dan sekarang sehari saya bisa membaca minimal 20 halaman etiap hari. gak percaya? foto koleksi buku nyusul deh ya.

Inti dari tulisan gak penting ini sebenarnya saya mau berbagi mendapatkan pengalaman membaca untuk seseorang itu sangat penting, kita memang butuh terampil membaca, namun keterampilan itu harus dibarengi dengan pengalaman yang menumbuhkan rasa gemar. ditulisan berikutnya saya akan berbagi tentang 5W+1H seputar membaca y. mungkin gak disini tapi di UNJkita.com y.

Untuk pengantar kamu bisa baca tulisan berikut:
Post ADS 1