Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibrah dari Vas Bunga


Di siang menjelang sore di masjid ar rahman sma 84, terdapat sekelompok orang yang membendtuk lingkaran, di sana terselip keseriusan serta rasa kedamaian.
setelah ayat-ayat cinta terlantun bergiliran, kemudian sang murrobi bertanya kepada mad'u nya,"seandainya didepan kalian ini ada vas bunga yang indah yang terbuat dari keramik, apa ibrah yang kalian dapat ambil?. sontak para mad'u pun diam berfikir selama beberapa saat. kemudian salah satu mad'u menjawab,"menurut ana, vas tersebut analogikan sebagai sesuatu yang indah, jikalau vas bunga aja buatan manusia indah apalagi alam semesta ini, pastilah yang maha dahsyat yang menciptakannya, maka salahlah para orientalis itu menyebutkan bahwa dunia ini ada dengan sendirinya, (subhanallah), "ada lagi?",tandas sang murrabi,kemudian salah satu mad'u lagi menjawab,"ana pun menganalogikan vas bunga ini sebagai sesuatu yang indah,maka alangkah indahnya jika vas bunga itu diletakan di tempat yang indah juga biar serasi,maksud ana kalo ada sesuatu yang indah (nikmat) maka kita harus bersyukur dengan cara menjaga nikmat itu", kemudian secara bergiliran tujuh orang mad'u lainnya menyampaikan pendapatnya (maaf penulis potong ya ceritanya ^^) singkat cerita,
sang murrabi tersenyum kemudian berkata "subhanallah dari vas bunga aja bisa termunculkan sembilan ibrah bahkan lebih, tapi..... bukan itu yang ana maksud, (para mad'u kecewa, tertawa, bingung pokoknya campur aduk deh), yang antum sebutin bener semua,gak ada yang salah, yang ana mau ,kan tadi ana udah bilang vas bunga nya dari keramik, keramik kan barang yang gak mudah ngebuatnya BUTUH PROSES, coba bayangin aja dari tanah yang kotor dikasih aer,ditaro dialat ,diputer2, dicekek2, trus dibakar, udah dibakar dicelupin ke aer,trus idbakar lagi. udah kering diwarnai pula pke cat.ini emang yang namanya proses, sama halnya dengan manusia, apalagi antum2 yang bentar lagi mau ujian, antum udah ngalamin proses itu dari kelas X sampai sekarang, rasa capek, sakit, senang itulah proses sebentar lagi UN antum2 harus siap melalui itu entah dibakar, dicelup atau apapun,tapi inget vas yang tadi udah lewat proses akan terlihat indah dan dipajang di etalase dengan harga yang mahal, makanya antum harus mempersiapkan semuanya,coba kalo gak melalui proses mana biasa tanah kotor biasa dilihat indah kalau di taro diatas meja?" jelas Sang murrabi.
"ohhh......",serempak para mad'u bersuara,sambil mengangguk-anggukan kepala (semoga para mad'u benar-benar mengambil ibrah),

demikianlah cerita pendek yang terjadi di salah satu episode yang terjadi di sma84,
semoga kita dapat mengambi ibrah dalam versi kita sendiri tentang vas bunga,

Oleh
Ramdhani purnomo
Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta
Jurusan Fisika
Post ADS 1