Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Kemacetan Bagi Dunia Pendidikan

Jalanan yang tidak macet  adalah dambaan setiap orang yang tinggal di kota terutama kota - kota megapolitan seperti jakarta yang hobinya macet,macet, dan macet. jika diberikan pilihan untuk naik transportasi umum atau kendaraan pribadi , mungkin semua orang lebih memilih untuk menaiki kendaraan umum, asalkan aman dan nyaman. namun kondisi yang ada membuat banyak orang ogah untuk menaiki kendaaran
 umum.kembali lagi ke soal kemacetan yang menjadi rutinitas di jakarta. para ahli memperkirakan tahun 2012 jakarta akan lumpuh total jika pertumbuhan mobil dan motor pribadi tetap konstan atau mungkin meningkat.bisa di bayangkan dampak kerugian yang timbul jika jakarta lumpuh total, orang - orang lebih banyak menghabiskan waktu di jalan bisa jadi 5 jam sehari,atau mungkin 10 jam,yang lebih parah lagi mungkin 12 jam.jika hal ini terjadi lebih dari 1/4 umur hidup kita habis dalam perjalan terjebak dalam kemcaetan.

Dampak buruk kemaceta sangat berpengaruh dengan dunia pendidikan tanah air.mengapa begitu? bayangkan saja jika waktu yang terjebak didalam kemacetan bisa kita manfaatkan untuk belajar? mungkin kita sudah habis membaca 2 buku setiap minggunya. walaupun para pengguna transportasi umum tetap dapat memanfaatkan waktunya untuk belajar namun kondisi yang ada kurang efektif,karena buruknya fasilitas transportasi yang ada di jakarta,sekalinya ada pun penuh sesak dengan penumpang.polemik yang berbeda  terjadi para pengguna kendaran pribadi,karena mereka tidak dapat memanfaatkan waktunya dalam perjalanan untuk belajar.mungkin memang ada solusi lain yaitu belajar melaui pendengaran seperti mp3 atau handphone namun hal ini sngat beresiko untuk dilakukan,karena tidak sedidik kecelaan terjadi karena pendengaran yang terganggu ketika berjkendaraan.

Berbagai masalah yang timbul akibat kemacetan seharunsya membuat pemerintah kota dan kemendiknas bekerja sama untuk mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal ini,mungkin untuk jangka pendek mencari solusi untuk memanfaatkan waktu terjebak kemacetan dengan hal hal yang mendukung pembelajran,dan untuk jangka panjangnya sudah pasti adalah mengurangi kemacetan dengan mengadakan transportasi super masal yang layak dan menekan angka kendaraan pribadi.apa yang anda lakukan ketika terjebak dalam kemacetan?


Selamat Membaca
Karena
Membaca membuka Cakrawala

Muhammad Ihsan


Founder Kampung Sarjana  | Internet Marketer
Post ADS 1