Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yaa Allah, hamba (ingin) libur menyembah-Mu

Aktivitas adalah perilaku yang berulang disetiap ukuran waktu, dilakukan terus menerus oleh sang subjek, rutin, sehingga ada kata “rutinitas”. namun ada kalanya rutinitas atau aktivitas menuai waktu bosannya, ketika Anda kuliah atau sekolah , waktu untuk melepas rasa bosan adalah sabtu dan ahad (di tempat saya). Ketika anda bosan di rumah, maka saat yang tepat adalah jalan-jalan, jajan-jajan, atau menghadiri aktivitas yang
lainnya, atau lebih keren lagi bertakafur di alam (subhanallah) 
Allah menciptakan kita tak lebih hanya untuk beraktivitas, 

“ Aku tidak ciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”(51:56) 

Inilah aktivitas wajib kita ( di-bold, di-italic dan di-underline) yang harus dilaksanakan oleh setiap hamba yang ingin menghambakan kepada-Nya. Karena inilah tujuan Dia menciptakan jin dan manusia, dan juga kata edcoustic, “karena fitrahku, sebagai manusia tuk menghambakan-Mu “. 
Namun, pernahkan kau merasa hatimu (bukan dompet) hampa, tersembunyi keinginan untuk berhenti sejenak dari aktivitas (baca:beribadah), melepas semua kewajiban dan kapankah momentum itu, sehingga kita bias berlibur menghambakan-Nya. 

Berangkatlah kamu (berjihad) dalam keadaan ringan ataupun berat dan berjihadlah dengan harta dan dirimu dijalan Allah (9:41) 
Mau sholat di masjid, berangkat menuntut ilmu (kuliah / sekolah), berangkat mentoring, ngisi tausyah, rapat BEM atau OSIS, mencari nafkah (bagi yang dah punya aisyah) kita di perintahkan oleh Allah untuk berangkat dikala ringan (senang hati) maupun berat sekalipun. Berjihad bukan berarti dan bukan hanya mengangkat pedang, berkendara kuda, seperti yang diajarkan kaum kafir. Berjihad adalah bersungguh-sungguh dalam beribadah, ketika kita meniatkan aktivitas kebaikan dengan kebaikan di situlah makna jihad dan arti pengabdian kita. Kapan liburnya??????? 



Wahai orang-orang yang beriman, banyaklah kamu mengingat nama Allah dan bertasbihlah diwaktu pagi dan petang” (33:41) 
Mengingat-Nya dikala pagi( matahari terbit) sampai malam (matahari terbenam). Libur? 



…… ingatlah Allah diwaktu berdiri, diwaktu duduk, dan di waktu berbaring…..(4:103) 
Kita di perintahkan untuk mengingat Allah di waktu berdiri, duduk, dan berbaring. Kapan dong liburnya? 



“ Dan bertasbihlah dengan memuji Rabb mu ketika bangun berdiri. Dan bertasbilah kepada-Nya pada beberapa saat dimalam hari dan diwaktu terbenam bintang-bintang (diwaktu fajar) ( QS. Ath- Thur: 48-49) 
Saat Malam beribadah, disaat terbenamnya bintang beribadah, kapan libur? 



Dari bangun tidur sampai tidur lagi (jangan bangun trus tidur lagi) kita di perintahkan untuk mengingat, bertasbih, berjihad kepada Allah. Tak ada waktu libur, tak ada waktu berhenti sejenakpun. Disinilah ketinggian ilmu islam, dan tak ada yang lebih tinggi. Ketika orang kapitalis berkata “time is money” (kalo temen saya :time is waktu) maka ajaran islam, menghargai waktu lebih dari hanya sekadar uang, waktu adalah ibadah, ibadah bukan hanya sekadar sholat, dzikir,duduk di masjid baca quran namun luas dari itu…….. 

Maka dari itu setiap kita beraktivitas kita diperintahkan mengucap basmalah, atau doa-doa yang pernah kita dapati saat di TPA dulu (bukan tempat bermain anak-anak). Mau makan baca basmala, mau tidur basmlah, pergi sekolah basmalah, dll, etc, lan sak piturute 

Wallahualam bishowab….. 
(Muhammad ase dalam pemuda di sukses tanpa batas)

:astig:
Post ADS 1