Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Final Piala AFF Tak Sekedar Sepakbola

Final Piala AFF kali ini memepertemukaan sahabat lama,mungkin musuh bebuyutan,namun bisa juga dijadikan pertemuan saudara kandung. banyak latar belakang yang membuat hubungan indonesia bisa panas namun terkadang mesra.

Pada masa awal kemerdekaan malaysia kita bisa bangga dengan banyaknya mahasiswa & siswa malaysia yang belajar ke indonesia, namun kini bisa dihitung berapa banyak pelajar indonesia di malaysia. belum lagi banyaknya TKI yang bekerja di malaysia karena lebih mensejahterakaan kehidupan mereka dengan harta tetapi penuh dengan rasa curiga. banyak kasus tindak kekerasaan terhadap TKI di malaysia membuktikan betapa tak berdayanya pemerintah dalam melindungi rakyatnya.begitu banyak TKI di malaysia semakin myakinkan ketidak mampuan pemerintah memberikan pekerjaan yang layak kepada rakyatnya.

Serentetan persaingan Indonesia dan malaysia yang tidak hanya terbatas pada sepakbola,membuat final AFF kali ini sangat emosional.siapa pun yang menang akan mencetak sejarah juara baru di AFF Cup.kegagalan indonesia di tiga final AFF sebelumnya semoga bisa menjadi pelajaran agar Timnas tidak mengulangi kesalahan yang sama.Maju Timnas Indonesia menuju singasana sang raja.


Muhammad Ihsan


Founder Kampung Sarjana  | Internet Marketer

Post ADS 1