Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budaya Menulis Peneliti

Peneliti identik dengan menulis,karena tanpa menulis peneliti tidak memberikan hasil penelitianya kepada masyarakat luas.Produktifitas peneliti di indonesia dalam menulis artikel ( sekitar 155 ribu dosen di seluruh indonesia ) 0,85 artikel per sejuta penduduk. sangat kontras denegan para penlititi di india 12 artikel dan malaysia 21,3.  Tempo edisi akhir mei 2009.


Melihat perbandingan angka yang tertinggal 2 digit membuat diri saya sangat prihatin,betapa rendahnya budaya menulis para peneliti indonesia. lebih ironis lagi bahwa malaysia tahun 1970 banyak belajar dari indonesia. tingkat produktifitas para peneliti bisa menjadi salah satu titik acuan apakah sebuah negara bisa tergolong maju atau tidak.

Matinya budaya menulis memberikan dampak yang begitu besar bagi kehidupan suatu negara. beruntunglah buat kamu yang telah terbiasa menulis di blog , notes facebook , ataupun media cetak , karena secara tidak langsung anda turutnya menyumbangkan buah pikiran anda untuk bangsa indonesia. mungkin memang tidak se ilmiah para peneliti. namun pernah kah anda membayangkan  berapa banyak orang yang telah terpengaruh oleh tulisan anda , berapa orang yang telah termotivasi karena tulisan anda. jika ada, satu orang pun cukup untuk mengklaim bahwa anda adalah sebuah peneliti. 


Muhammad Ihsan


Founder Kampung Sarjana  | Internet Marketer
Post ADS 1