Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Hosting dan Domain


Internet mungkin sudah menjadi kebutuhan utama untuk masyarakat kota,mulai dari anak - anak hingga orang tua pasti mengenal yang namanya internet. bertumbuhnya bisnis warnet dan game online turut membuat masyarakat melek terhadap internet. untuk para anak - anak dan remaja internet menjadi ajang untuk silaturahmi,bermain game, dan mencari ilmu pengetahuan. internet juga menjadi jalan pencerahan bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. semua orang dapat membuku toko online mereka jengan bermodalkan jasa hosting dan domain. cukup simple dan lebih fleksibel , karena toko online buka 24 jam tanpa pernah tutup.

Bertumbuh pesatnya para pengguna internet telah banyak menciptakan berbagai maca webiste, pertumbuhan website tentu saja berbanding lurus dengan pertumbuhan Hosting dan domain di dunia. Pada Januari 2009 tercata jumlah webiste di dunia sekitar 185,497,213 website, jumlah ini tentu akan terus bertambah mengingat semakin banyaknya orang yang melek internet di seluruh dunia . namun sangat disayangkan banyaknya orang yang membuat website tidak dibarengi dengan pengetahun mereka tentang pengertian apa itu hosting dan domain.Pengertian akan hosting dan domain menjadi sangat di butuhkan mengingat kemungkinan di masa depan dunia internet adalah pusat kegiatan manusia dan website akan menjadi sekolah - sekolah maya,kantor - kantor maya, dll.

Wikipedia menjelaskan tentang domain dan hosting sebagai berikut :
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Jika penjelesana wikipedia terlalu rumit untuk dicerna,mungkin anda dapat memahami apa itu domain dan hosting melalui penjelasan video cak beon dan pak de top. cak beon dan pak de top menyampaikan penjelasan domain dan hosting dengan cukup sederhana.videonya dapat anda lihat di bawah ini





Melalu video di atas dapat kita simpulkan bahwa hosting adalah luas tanah yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bangunan ( website),dan sebuah hosting haruslah berkapasitas lebih besar dari website yang akan dibangun. sedangkan domain adalah sebuah alamat website kita agar orang dapat termudahkan dalam menemukan website yang telah kita bangun.Selain itu tidak akan pernah ada nama domain yang sama dalam dunia internet.jadi berikanlah nama domain website anda dengan nama yang unik,mudah di hapal,dan belum ada orang yang menggunakan.

Setelah mengetahui apa itu domain dan hosting, tentu anda tertarik untuk membuat blog pribadi untuk mempublikasikan tulisan anda, toko online untuk meningkatkan profit penjualan anda, atau company profile untuk mempublikasikan kantor anda ? jika "ya" carilah para penjual jasa hosting dan domain yang berkualitas dan tentu saja dengan penawaran harga yang bersahabat di kantong anda.
Post ADS 1