Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Sabar Demi Keberuntungan

Adakah sekolah yang tidak mengenal batas Usia di dunia, Apa lagi jika sekolah itu gratis dan mudah untuk di dapatkan?. Sekolah kehidupan adalah jawaban yang sangat tepat untuk menjawabnya. Sekolah kehidupan tidak mengenal batas budaya,ras, dan waktu.

Buku kedua dari trilogi 'negeri 5 menara' ini menghadirlan hal baru yang kerap kali di lupakan manusia yaitu sebuah Kesabaran. kerja keras tanpa adanya sebuah kesabaran tidak akan pernah menuaikan sebuah hasil.bahkan bukanlah sebuah keberhasilan yang kita dapatkan, melainkan sebuah cobaan.

Dalam buku 'Ranah 3 Warna' sang penulis mengisahkan perjuangan alif dalam menggapai cita-citanya untuk kuliah di perguruan tinggi,namun yang menjadi kendala adalah alif (sang tokoh utama) tidak memiliki ijazah SMU setelah lulus dari pesantren madani. 

Cerita ini menjadi sangat menarik ketika alif harus berjuang untuk menghidupi dirinya yang kini menjadi anak yatim.semua hal telah ia coba untuk melanjutkan kuliahnya di universitas.di tengah badai cobaan yang menerpa dirinya. alif teringat sebuah kalimat yang di ajarkan ketika berada di pesantren madani yaitu " man shabara zhafira " siapa yang bersabar akan beruntung. kalimat ini telah menuntun alif melewati badai cobaan yang ia terima.

Efek kalimat 'man shabara zhafira' ternyata begitu dahsyat,tidak hanya meneyelamatkan alif dari badai cobaan, tetapi juga memudahkan alif untuk mendapatkan cita - cita alif yang lainya..yaitu pergi ke benua amerika melalui program pertukaran pelajar ke luar negeri.

Novel ini bisa digolongkan novel fiksi yang wajib untuk di baca oleh semua orang. Ahmad Fuadi menuangkan pengalaman hidupnya dengan sangat apik dan sarat akan nilai kehidupan.bagaimana perjuangan ia untuk tetap bisa kuliah walaupun belum memiliki ijazah sekolah,bagaimana ia menghidupi dirinya untuk terus kuliah di saat yatim dan bagaimana ia bisa pergi ke tanah amerika.semua itu tentu saja dengan bumbu - bumbu fiksi didalamnya.

Sang penulis dalam buku ke dua ini menulis porsi percintaan jauh lebih banyak dari buku pertamanya yang hanya ada dalam satu bab. kisah percintaan menjadikan Novel menjadi sedikit membosankan, karena alur cerita cinta yang hampir seragam dengan  novel atau checklit yang telah banyak beredar di indonesia.

Buku ini sangat cocok untuk di baca oleh siapa saja,terutama bagi mereka yang ingin menjadi seorang yang pembelajar.karena kita tidak hanya belajar dari pengalaman diri sendiri,tetapi juga kita dapatkan dari kesalahan orang lain.Secara keseluruhan novel ini enak di baca dan banyak memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pembacanya.

Judul Buku : Ranah 3 Warna
Penulis : A. Fuadi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 473 Halaman
Harga : Rp. 65.000
ISBN : 9789792263251


follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1