Bangkit Negeriku Bangkit Pendidikanku

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang senantiasa kita peringati  pada tanggal 20 Mei, tentu memiliki arti tersendiri bagi setiap individu warga negara indonesia.ada berbagai macam cara yang dilakukan masyarakat indonesia untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, mulai dari upacara bendera, melakukan aksi massa, hingga membuat suatu diskusi publik. Semuanya bersatu dalam satu bingkai besar, yaitu menggaungkan semangat Nasionalisme & Patriotisme kepada seluruh Rakyat Indonesia.

Harkitnas tidak hanya bicara suatu refleksi sejarah, tetapi juga berbicara aktualisasi suatu negara.sudah sejauh apa perkembangan Indonesia saat ini dibandingkan Indonesia 104 tahun yang lalu.

Perlu untuk kita ketahui Semangat Kebangkitan Indonesia dipelopori oleh para kaum terdidik seperti para ulama, santri,dan para pelajar mendapatkan kesempatan menjalani pendidikan di sekolah – sekolah belanda pada masa itu.Serikat Dagang Islam, Budi Utomo, Muhammadiyah,dll adalah organisasi Pemuda generasi awal yang menjadi corong bangkitnya semangat keindonesiaan,semangat untuk mandiri dan lepas dari segala bentuk penjajahan.

Sejarah mencatat kaum intelektual selalu memiliki peran besar dalam setiap momentum sejarah di Indonesia.Menurut Prof Dr Agustitin Setyobudi, Kaum Intelektual harus memiliki ketahanan fisik, mental, kesabaran, ketabahan dan kepekaan jiwa. Menurut dia, manusia yang bermoral tinggi mementingkan keutamaan, manusia yang bermoral tinggi memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama manusia dan manusia yang bermoral tinggi memiliki loyalitas terhadap hukum dan memiliki sifat adil.

Bung Karno pernah berkata dalam pidatonya “Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai imagination.” Menciptakan Kaum terdidik adalah langkah awal menuju negara maju,tidak ada negara maju yang masyarakatnya bodoh. Melalui Kaum terdidik pula muncul sekolah – sekolah dengan karakter asli Indonesia. Pesantren Sunan Ampel, Muhammadiyah, Sekolah Rakyat,dan Taman Siswa adalah sedikit dari banyaknya sekolah – sekolah Indonesia di awal masa – masa kebangkitan Indonesia

Harkitnas tahun ini harus kita jadikan hari kebangkitan pendidikan Indonesia.dengan pendidikan kita akan menciptakan Soetomo,H Samanhoedi, dan KH Ahmad Dahlan Baru karena kita tidak bisa menafikan generasi yang memerdekakan Indonesia adalah generasi yang merasakan nikmatnya Pendidikan di sekolah.lalu kenapa masih banyak anak yang dibiarkan putus sekolah oleh negara ? Mari Bangkit Menyelamatkan Pendidikan Indonesia.

follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1
Banner
Banner