Menuju Bangku Kuliah (Bag.1)

Percakapan tentang Pendidikan tinggi ini terjadi antara Bang Fatih (Mahasiswa UNJ) , Hasan ( Calon Mahasiswa)

Hasan (H): Bang, Perguruan tinggi, dan jurusan yang bagus apaan y?

Bang Fatih (BF): banyak, hampir semua perguruan tinggi itu bagus.tinggal lw nya aj mau belajar apa kagak.

H : kalo yang berlabel internasional ada g bang, kayak RSBI gitu?

BF : setahu gw kagak ada, pendidikan itu universal san, kagak dibatasi oleh tempat ?

H : maksudnya bang ? gw kagak ngerti.

BF : coba lw cari tahu, ada g pendidikan Lokal, Pendidikan Provinsi , Pendidikan Nasional , Pendidikan Internasional ?

H : g ada bang , tapi kalo RSBI itu apaan bang ? kan ada taraf internasionalnya.

BF : itu mah bikin – bikinan pemerintah aja, nih gw ksh tw y san, pendidikan international yang di bikin pemerintah itu kagak jelas acuanya kemana. Coba lw cari tahu di dunia ini, kampus – kampus berkualitas  kayak harvard , MIT , Tokyo University , dll ada label bertaraf internasionalnya g ?. Gw juga pernah baca di koran, ada delegasi indonesia yang mau studi banding ke jepang buat mempelajari tentang sekolah internasional, orang jepangnya malah nanya balik ke delegasi indonesia itu, “ emang ada y sekolah bertaraf internasional, saya pengen tahu ?“.nah loh! aneh kan. Emang Cuma di indonesia doang.hehe. gw tegaskan sekali lagi y, pendidikan itu bersifat universal. Setiap satuan pendidikan harus maksimal dalam mendidik para peserta didik, kagak ada diskriminasi Kualitas antara sekolah satu dengan yang lainya.

H: lah terus kalo di indonesia itu gimana bang ? ada RSBI dan SBI, terus gw denger – denger Harvard mau buka cabang y di indonesia.

BF : nah kalo di indonesia itu lain lagi ceritanya, pemerintah indonesia itu kebelet pengen jadi negara maju dengan mengharuskan setiap daerah memiliki minimal satu sekolah bertaraf internasional (UU Sisdiknas). Tapi coba lw liat sekarang di tv – tv, rsbi itu Cuma bikin makin tebel buku sekolah lw (karena dl satu buku memakai dua bahasa ) tapi gurunya tetep aj ngajar pake bahasa indonesia , sekolah yang harusnya gratis jadi tetep bayar, udah gitu mahal banget lagi. Kalo harvard masuk indonesia baru wacana san, nanti kalo RUU PT di sah kan baru deh Harvard bisa buka cabang di indonesia.

H : kok bisa buka cabang bang, mang apaan yang jadi acuan ?

BF : dalam RUU PT ada pasal yang memboleh kan perguruan tinggi negara lain dapat menyelenggarakan pendidikan di Indonesia.  yakni prosesnya dilakukan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia dan mengangkat dosen serta tenaga kependidikan dari warga negara Indonesia.

H : wah keren dong y bang, kita kuliah di harvard g usah jauh – jauh ke amerika.cukup kuliah di harvard cabang kota masing – masing.

BF : keren dimananya ? kalo semua orang kuliah di harvard bagaimana kampus – kampus indonesia ?  yang ada indonesia itu malah di jajah lagi melalui pendidikan.mang lw mau jadi bangsa terjajah lagi. Lw jangan terlalu nganggep semua yang impor itu keren san. Menurut gw indonesia itu jauh lebih keren. Buktinya budaya negara kita rajin bgt tuh di klaim sama orang , kekayaan alam di rebutin orang , dll. Itu bukti kalo indonesia jadi magnet internasional. Semua orang pada berebut untuk ngedapetin apa yang indonesia milikin. Nah sekarang tinggal bagaimana lw bisa ngolahnya apa kagak. Kalo kata Guru Besar di kampus gw "Indonesia justru harus bisa menemukan kekuatan sendiri, dengan berlandaskan pada kebudayaannya, termasuk dalam pelaksanaan pendidikan, " (Prof HAR Tilaar).

H : oh………….., bener juga y bang. Negara kita emang paling sering jadi rebutan orang. Berarti emang harus jadi diri sendiri dan menjaga semua yang kita miliki y, udah dulu deh bang gw mau bimbel dulu. O iy bang, besok – besok jelasin gw tentang RUU PT y, sebagai calon mahasiswa gw pengen tahu banyak tentang Perguruan tinggi

BF : betul bgt, jadilah diri sendiri. Kalimat ini juga mewakili jawaban gw untuk pertanyaan lw di awal. G perlu ikut – ikutan orang, kalo sekarang orang – orang pada rame pengen jadi dokter, lw bisa jadi diri lw sendiri. Untuk sukses itu g mesti jadi dokter. Semua orang bisa sukses di bidangnya masing – masing. Oke besok – besok gw jelasin lagi lebih banyak. G capek lw abis sekolah langsung bimbel lagi ?

H : kagak bang, soalnya belajar di sekolah itu g cukup, dan gw lebih masuk kalo belajar di bimbel.berangkat dulu y. Wassalamu’alaykum

BF : Wa’alaykumussalam. Ckckck.masalah baru lagi nih, masa lebih asik belajar di bimbel dari pada di sekolah.

Bersambung…………………..


follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1
Banner
Banner